Mampu Menutrisi Otak Hingga Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Terong Untuk Kesehatan
Health

Terong memiliki banyak sekali kandungan dan nutrisi baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat terong untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Terong dianggap sebagai salah satu sayuran yang lezat saat ditumis maupun dimakan sebagai lalapan. Di samping itu, terong rupanya memiliki banyak kandungan nutrisi, vitamin, mineral, serat dan beberapa kalori.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Health Line, seporsi terong yang memiliki berat sekitar 82 gram memiliki kandungan 20 kalori, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Terong juga kaya akan mangan, folat, kalium serta vitamin K dan C. Selain itu, terong juga mengandung sejumlah kecil niasin, magnesium dan tembaga.

Karena berbagai kandungan itulah terong memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Terong Sangat Baik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Terong Sangat Baik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Terong memiliki kandungan serat, kalium, vitamin C, B6 dan fitonutrien yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan berdasarkan studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, kandungan antosianin dalam terong juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam terong juga memiliki peran dalam memelihara kesehatan jantung. Penelitian lainnya yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Karena itu, jika Anda ingin terhindar atau menyembuhkan penyakit jantung sebaiknya konsumsi terong secara rutin.

2. Terong Juga Diklaim Bisa Mencegah Penyakit Kanker yang Mematikan


Terong Juga Diklaim Bisa Mencegah Penyakit Kanker yang Mematikan

Terong juga disebut memiliki manfaat untuk mencegah penyakit mematikan seperti kanker. Dilansir dari Health Line, terong memiliki beberapa zat yang dapat melawan sel kanker salah satunya adalah SRG. Penelitian menunjukkan bahwa SRG bisa membantu mengurangi sel kanker, bahkan efektif melawan kanker saat diaplikasikan secara langsung pada kulit.

Selain itu, terong juga diklaim dapat meningkatkan perlindungan terhadap kanker pankreas, lambung, kolorektal, kandung kemih, serviks dan payudara. Untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya konsumsi terong dengan buah dan sayuran lainnya yang mengandung antioksidan secara rutin ya.

3. Ingin Mengontrol Gula Darah? Sebaiknya Konsumsi Terong Secara Rutin


Ingin Mengontrol Gula Darah? Sebaiknya Konsumsi Terong Secara Rutin

Jika Anda selalu memperhatikan soal gula darah dan ingin mengontrolnya dengan baik, tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi terong. Hal ini disebabkan karena terong yang tinggi akan serat sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Terong akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lambat, sehingga penyerapan gula juga jadi lebih lambat.

Selain itu, terong juga mengandung polifenol yang merupakan antioksidan. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Dengan demikian, kadar gula darah akan tetap terkendali.

4. Terong Juga Baik Untuk Menjaga Kadar Kolesterol


Terong Juga Baik Untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat terong berikutnya adalah kemampuannya untuk mengontrol kolesterol. Manfaat ini didapatkan dari kandungan asam klorogenik yang ada di dalamnya. Selain itu, makanan yang umumnya mampu menurunkan kadar gula darah juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Sebab kondisi kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida meningkat.

Hal ini disebabkan karena insulin tidak hanya berpengaruh pada metabolisme gula dalam tubuh, tapi juga berpengaruh pada metabolisme lemak. Sehingga dengan mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, terong sekaligus bisa mencegah penyakit jantung seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebab kolesterol LDl dan trigliserida yang tinggi dapat membentuk plak yang bisa menyumbat darah dan memicu terjadinya penyakit jantung.

5. Ingin Menyehatkan dan Memberi Nutrisi Untuk Otak? Manfaatkan Terong Saja


Ingin Menyehatkan dan Memberi Nutrisi Untuk Otak? Manfaatkan Terong Saja

Terong rupanya juga memiliki manfaat baik untuk melindungi otak. Hal ini dikarenakan terong memiliki kandungan polifenol dan antosianin yang ada di bagian kulitnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antosianin atau nasunin yang ditemukan dalam terong tidak hanya bisa menangkal radikal bebas, tapi juga untuk melindungi lipid pada membran sel otak.

Selain itu, antosianin juga bisa melancarkan peredaran darah ke otak sehingga tetap menjaga fungsinya dengan baik. Menariknya lagi, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam terong bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif otak yang umumnya terjadi seiring dengan pertambahan usia.

6. Jaga Kesehatan Tulang dan Hati dengan Mengkonsumsi Terong Secara Rutin


Jaga Kesehatan Tulang dan Hati dengan Mengkonsumsi Terong Secara Rutin

Jika kalian sedang ingin menjaga kesehatan tulang sebaiknya rutin konsumsi terong. Sebab terong baik untuk orang yang berisiko tinggi mengalami degradasi tulang dan osteoporosis. Hal ini dikarenakan adanya senyawa fenolik di dalamnya yang bisa mengurangi gejala osteoporosis dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Selain itu, terong rupanya juga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan organ hati. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan, terutama antocyanin yang ada di dalamnya. Kandungan ini dipercaya bisa melindungi hati dari jenis racun tertentu penyebab penyakit.

7. Mengkonsumsi Terong Secara Rutin Juga Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Kulit


Mengkonsumsi Terong Secara Rutin Juga Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat terong berikutnya adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan di dalamnya bisa menutrisi dan menjaga kesehatan kulit. Terong diketahui dapat melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit jadi terlihat lebih sehat dan cerah. Karena itulah terong dapat dijadikan sebagai salah satu masker wajah yang dapat melembabkan kulit, menghilangkan bekas jerawat hingga membuatnya jadi lebih bersih dan cerah.

Demikian tujuh manfaat terong untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat menakjubkan buah pisang untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru