'Parasite' Dituding Plagiat Film India Hingga Terancam Dituntut, Perusahaan Produksi Angkat Bicara
CJ E&M
Film

Baru-baru ini 'Parasite' dituding telah memplagiat film India yang berjudul 'Minsara Kanna'. Sehubungan dengan klaim tersebut, CJ Entertainment selaku perusahaan produksi pun angkat bicara.

WowKeren - Film "Parasite" kini sedang berada di atas awan. Seperti yang diketahui, film ini tak hanya laris di pasaran tapi sukses meraih beragam penghargaan di ranah internasional, termasuk Oscar 2020.

Namun baru-baru ini kabar tak sedap datang dari "Parasite". Pasalnya film arahan Bong Joon Ho ini dituding telah melakukan plagiat dari film India yang berjudul "Minsara Kanna".

Hal ini berawal dari laporan media India Today yang menyatakan bahwa produser "Minsara Kanna" P.L. Thenappan telah menuduh "Parasite" memplagiat filmnya. Produser P.L. Thenappan bahkan menyatakan tekadnya untuk membawa kasus ini ke meja hijau.

"Aku melihat film Korea Selatan 'Parasite' dan aku rasa mereka telah mencuri inti dari film 'Minsara Kanna'. Aku sedang berdiskusi dengan pengacara internasional dan berencana mengajukan kasus terhadap produsen 'Parasite' segera," jelas produser P.L. Thenappan seperti yang dikutip India Today.

Intinya, P.L. Thenappan mengklaim bahwa "Parasite" merupakan sebuah rip-off dan meniru film "Minsara Kanna". Menurutnya kedua film ini memiliki alur yang sangat mirip meski tak menjelaskan detailnya.


Di sisi lain, sutradara film "Minsara Kanna" merasa bahagia karena "Parasite" telah memenangkan empat piala Oscar. Namun soal tindakan hukum, ia tak memiliki kewenangan untuk ikut campur.

"Aku senang bahwa cerita itu ('Parasite') telah menerima penghargaan Oscar, meskipun itu ('Minsara Kanna') menjadi inspirasi. Namun, mengajukan kasus (ke meja hijau) tergantung pada produsen," terang sutradara K.S. Ravikumar.

India Today juga mengungkapkan pendapatnya soal klaim ini. "Walaupun alur ceritanya mirip, motif karakter di kedua film tersebut sangat berbeda," tulis laporan di India Today.

Sehubungan dengan tudingan tersebut, perusahaan produksi "Parasite" yakni CJ Entertainment akhirnya angkat suara. Perwakilan CJ Entertainment menyatakan bahwa mereka belum bisa berkomentar banyak karena belum menerima informasi yang lebih detail.

"Kami tidak memiliki pengetahuan tentang klaim plagiarisme dari sebuah film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini," terang sumber dari CJ Entertainment.

Sementara itu, "Minsara Kanna" adalah film yang dirilis pada tahun 1999 lalu. Film ini menceritakan tentang seorang pria muda yang jatuh cinta dengan seorang wanita dari keluarga kaya. Untuk membujuk keluarganya, dia menyembunyikan identitasnya dengan bekerja sebagai pengawal. Saudara-saudaranya juga bekerja di sana sebagai asisten rumah tangga dan koki. Di sisi lain, "Parasite" bercerita tentang sebuah keluarga miskin yang menggunakan cara licik untuk mendapatkan pekerjaan di rumah keluarga kaya.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts