Jokowi Kesal Ratusan Triliun Dana Daerah Masih Mengendap di Pemda
Nasional

Padahal, uang sebanyak itu akan memberikan dampak yang cukup besar bila digunakan. Dana tersebut akan lebih bermanfaat jika dipakai untuk kepentingan masyarakat guna membantu pertumbuhan ekonomi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi geram masih banyak dana daerah 2019 yang mengendap di akun daerah atau Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Ia menceritakan bahwa hampir di penghujung tahun, sekitar bulan Oktober dan November, kas di daerah bahkan masih mengendap lebih dari 200 triliun rupiah.

"Di November dan Oktober 2019 yang lalu, uang yang berada di bank-bank daerah di mana APBD itu disimpan masih di angka Rp220 triliun," kata Jokowi di Jakarta Pusat, Kamis (20/2). "Sehingga tidak memengaruhi ekonomi daerah. Gede banget angka ini."

Hal tersebut dikatakan Jokowi di hadapan kepala daerah yang terdiri dari wali kota hingga gubernur. Penyerapan anggaran pada bulan Desember 2019 boleh dikatakan cenderung meningkat, namun tetap saja masih ada Rp110 triliun.

Padahal, uang sebanyak itu akan memberikan dampak yang cukup besar bila digunakan. Dana tersebut akan lebih bermanfaat jika dipakai untuk kepentingan masyarakat guna membantu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


"Masih angka yang besar Rp110 triliun ini," lanjut Jokowi. "Kalau itu bisa dihabiskan, beredar di masyarakat ini akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi, mempengaruhi kesejahteraan."

Oleh sebab itu, ia tidak ingin jika hal-hal semacam ini terulang lagi di kemudian hari. Lebih jauh, Jokowi mewanti-wanti agar pemimpin daerah turut mengawasi hal ini.

"Bupati, wali kota harus tegas dengan ini, jangan sampai dinas keuangannya menyimpan uang sebanyak ini," ujar Jokowi lagi. "Jangan ulangi lagi di tahun 2020."

Jokowi berharap agar dana yang sudah ditransfer ke daerah-daerah segera dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat. "Uang yang beredar di masyarakat ini akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah, kabupaten/kota, provinsi, maupun negara kita," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru