Lebih Aman dan Tak Perlu Habiskan Banyak Biaya, Ini 8 Cara Alami Untuk Menghilangkan Kutu Rambut
Lifestyle

Kutu rambut tak hanya menyebabkan gatal tapi juga bisa merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Membasminya mungkin cukup sulit, tapi ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya. Penasaran?

WowKeren - Kutu rambut merupakan parasit kecil yang berada di rambut kepala manusia. Kutu yang bersarang di kulit kepala juga bisa menghisap darah hingga bertelur di sana. Karena itulah keberadaan kutu rambut di kulit kepala bisa membuat kamu merasa gatal dan tentunya mengganggu.

Kutu rambut biasanya sangat mudah ditularkan. Usia anak-anak sangat berisiko tertular kutu rambut setelah bermain dengan teman-temannya. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa juga bisa memiliki kutu rambut karena berbagai faktor. Mulai dari kebiasaan yang buruk hingga tertular seseorang yang juga memiliki kutu rambut.

Karena ukurannya yang kecil, kutu akan sulit untuk dibasmi dengan tangan kosong dan tentunya membutuhkan waktu yang lama. Tapi bukan berarti kutu rambut tidak bisa dihilangkan. Sebab ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu rambut. Mau tahu apa saja itu? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Rajin Gunakan Sisir Serit Untuk Membasmi Kutu Rambut Secara Alami


Rajin Gunakan Sisir Serit Untuk Membasmi Kutu Rambut Secara Alami

Cara alami pertama yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu rambut adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir ini memiliki jarak yang sangat kecil antara satu dengan yang lainnya hingga 0,2 mm. Semakin sempit jarak gigi sisir, semakin optimal pula dalam membasmi kutu dan telurnya.

Sebelum menyisir rambut dengan serit, sebaiknya gunakan kondisioner atau minyak kelapa agar rambut jadi lengket dan basah. Dengan begitu, pergerakan kutu akan jadi lebih lambat sehingga ia bisa terperangkap ke serit dengan mudah.

2. Gunakan Asam Cuka Untuk Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami, Dijamin Ampuh


Gunakan Asam Cuka Untuk Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami, Dijamin Ampuh

Salah satu cara alami untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan menggunakan asam cuka. Hal ini dikarenakan sifatnya yang asam dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Tapi ingat, sebaiknya kamu menambahkan sedikit air agar tidak terlalu asam, karena bisa mengiritasi kulit kepala.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama sediakan dua sendok makan asam cuka dan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Lalu oleskan pada kulit kepala sebelum tidur dan gunakan penutup kepala. Diamkan hingga keesokan harinya. Setelah bangun tidur, bilas rambutmu menggunakan sampo hingga bersih.

3. Minyak Zaitun, Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Basmi Kutu Rambut


Minyak Zaitun, Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Basmi Kutu Rambut

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Salah satunya adalah untuk membasmi kutu rambut yang bersangkar di kulit kepala.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun. Pertama keramas dan cuci rambut sampai bersih lalu keringkan dengan handuk. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Tutup kepala dengan shower cap lalu diamkan sambil tidur. Setelah bangun di keesokan harinya cuci rambut menggunakan sampo dan bilas hingga bersih.

4. Tingginya Kandungan Vitamin C di Buah Lemon Bisa Digunakan Untuk Membasmi Kutu Secara Alami


Tingginya Kandungan Vitamin C di Buah Lemon Bisa Digunakan Untuk Membasmi Kutu Secara Alami

Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang ampuh untuk membasmi kutu di kulit kepala. Kandungan asamnya mampu memaksimalkan proses pembasmian kutu rambut. Dengan menggunakan lemon, kamu bisa menghilangkan kutu rambut dengan aman dan cepat.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Pertama siapkan dua buah lemon lalu peras airnya. Tambahkan air sebanyak 100 ml ke dalam perasan tersebut lalu campur hingga merata. Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala dan pijat dengan lembut selama 10 menit. Setelah itu diamkan sekitar 30-40 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga kutu di kulit kepala benar-benar hilang.

5. Bawang Putih dan Bawang Merah, Bumbu Dapur yang Bisa Basmi Kutu Rambut Secara Alami


Bawang Putih dan Bawang Merah, Bumbu Dapur yang Bisa Basmi Kutu Rambut Secara Alami

Bawang merah dan bawang putih tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur. Tapi rupanya bisa digunakan sebagai pembasmi kutu rambut secara alami. Meskipun aromanya tajam dan menyengat, cara ini bisa dibilang cukup ampuh.

Untuk bawang putih, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menghaluskan 10 siung bawang putih. Tambahkan tiga sendok teh jeruk nipis lalu campur hingga rata. Oleskan pada kulit kepala sampai merata. Setelah itu tutup kepala menggunakan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih.

Sedangkan untuk bawang merah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghancurkan beberapa siung menggunakan ulekan. Tambahkan minyak zaitun atau minyak kemiri. Setelah itu balurkan masker bawang merah pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 10 menit lalu bilas sampai bersih.

6. Ingin Membasmi Kutu Rambut Secara Alami? Gunakan Mayones Saja


Ingin Membasmi Kutu Rambut Secara Alami? Gunakan Mayones Saja

Mayones yang memiliki citarasa nikmat dan kerap ditambahkan ke berbagai makanan rupanya juga ampuh untuk membasmi kutu karena mengandung minyak nabati. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Sebab kamu hanya perlu mengoleskan mayones ke seluruh kulit kepala. Setelah itu tutup menggunakan shower cap dan diamkan selama 25 menit. Kutu-kutu rambut pun akan menempel di shower cap dengan sendirinya.

7. Kandungan Lemak Tak Jenuh di Dalam Minyak Kelapa Ampuh Untuk Menghilangkan Kutu Rambut


Kandungan Lemak Tak Jenuh di Dalam Minyak Kelapa Ampuh Untuk Menghilangkan Kutu Rambut

Cara alami berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang bisa membasmi kutu rambut dengan ampuh. Selain itu, minyak kelapa juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin E sehingga kulit kepala dan rambut bisa tetap sehat dan lembut.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kutu dengan minyak kelapa. Pertama siapkan tiga sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan sebentar. Setelah itu oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan pijat dengan lembut selama 15 menit. Gunakan penutup kepala dan diamkan sambil tidur. Keesokan harinya, keramaslah dan bilas rambutmu sampai bersih.

8. Daun Sirsak Juga Bisa Membunuh Kutu dan Telurnya dengan Ampuh Loh


Daun Sirsak Juga Bisa Membunuh Kutu dan Telurnya dengan Ampuh Loh

Daun sirsak memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk membasmi kutu rambut. Cara perawatannya pun cukup mudah. Pertama cuci bersih beberapa lembar daun sirsak lalu haluskan hingga teksturnya mirip pasta. Setelah itu usapkan tumbukan tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut menggunakan air hangat dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas hingga bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin.

Demikian delapan cara alami membasmi kutu rambut yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk melembutkan rambut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait