Sering Bikin Salah Kaprah Dan Dikira Breakout, Intip 7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Purging
Lifestyle

Setiap kali mencoba produk skincare tertentu, kalian seringkali menemukan muka menjadi berjerawat untuk beberapa waktu. Proses inilah yang kita kenal dengan purging.

WowKeren - Untuk para pencinta produk skincare, pasti sudah enggak asing lagi dengan istilah purging. Setiap kali mencoba produk skincare tertentu, kalian seringkali menemukan muka menjadi berjerawat untuk beberapa waktu. Proses inilah yang kita kenal dengan purging.

Purging sendiri adalah proses penyesuaian kulit berupa pembersihan sel kulit mati setelah kalian menggunakan produk skincare tertentu. Dengan lepasnya sel kulit mati tersebut, diharapkan akan digantikan dengan sel kulit baru sehingga pada akhirnya kulit terlihat lebih baik dibandingkan sebelumnya.


Namun banyak orang yang masih belum paham dengan purging. Bahkan beberapa orang salah kaprah dengan konsep purging dan mengakibatkan kondisi kulit wajah menjadi makin bermasalah. Sebagian orang juga cukup bingung membedakan purging dan breakout.

Oleh karena itu, tim WowKeren sudah rangkum 7 hal yang perlu kalian ketahui tentang purging. Mulai dari penyebabnya apa saja produk yang menyebabkan purging serta cara mengatasinya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pahami Dan Cari Tau Penyebab Purging Pada Wajah Kalian


Pahami Dan Cari Tau Penyebab Purging Pada Wajah Kalian

Purging yang terjadi akibat mencoba produk kecantikan baru biasanya disebut skin purging. Kondisi ini biasanya berupa jerawat atau beruntusan. Dua masalah kulit ini terbentuk di bawah permukaan kulit dan produk dengan bahan aktif yang berguna untuk mengatasinya membuat proses peremajaan kulit lebih cepat daripada kondisi normalnya.

Ketika suatu produk meningkatkan kecepatan kulit dalam meremajakan diri, seluruh siklus yang dialami kulit ikut dipercepat. Akibatnya adalah jerawat yang lebih banyak dari biasanya. Jadi bukan produk barunya yang menyebabkan jerawat, namun bahan aktif di dalamnya menjadikan bakal jerawat lebih cepat tumbuh.

2. Apakan Purging Selalu Terjadi Saat Mencoba Produk Baru?


Apakan Purging Selalu Terjadi Saat Mencoba Produk Baru?

Banyak orang yang menyebutkan bahwa purging memang sudah sewajarnya terjadi ketika kalian mencoba produk perawatan baru. Jika kulit tidak mengalami purging, artinya kandungan di dalam produk kurang ampuh untuk merawat kulit wajah kalian.

Nyatanya, khasiat suatu produk pada kulit pemakainya tidak ditentukan oleh terjadinya fase purging atau tidak. Purging adalah masalah kulit temporer yang terjadi karena terganggunya keseimbangan para masa adaptasi dan hal ini bisa dimaklumi. Namun, tidak semua orang harus mengalami purging saat mencoba produk baru.

3. Banyak Orang Salah Kaprah Menyebut Purging Sebagai Detoksifikasi Kulit Wajah


Banyak Orang Salah Kaprah Menyebut Purging Sebagai Detoksifikasi Kulit Wajah

Penjelasan yang paling sering dikemukan mengenai skin purging adalah produk yang dipakai membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari kulit. Begitu seluruh racun tersapu bersih, kondisi kulit akan membaik. Dan hal ini berlaku untuk semua jenis kosmetik dan produk perawatan kecantikan.

Nyatanya, sejumlah ahli dermatologi dan kecantikan menyebutkan bahwa tubuh tidak mengeluarkan racun dengan cara seperti itu. Kulit hanya mengeluarkan jejak-jejak toksin melalui keringat. Sementara organ yang bertugas mengeluarkan sebagian besar racun dari dalam tubuh adalah hati dan ginjal.

Selain itu, purging juga hanya terjadi ketika kalian menggunakan produk dengan bahan yang bisa meningkatkan perputaran sel kulit. Jadi produk yang tidak mengandung bahan aktif untuk meremajakan kulit seharusnya tidak bisa menyebabkan purging.

4. Pahami Juga Berapa Lama Purging Idealnya Terjadi Agar Tidak Salah Sangka


Pahami Juga Berapa Lama Purging Idealnya Terjadi Agar Tidak Salah Sangka

Purging idealnya terjadi maksimal antara 1-2 minggu. Waktu 1-2 minggu adalah waktu normal untuk menguras habis bibit-bibit jerawat di kulit wajah kita. Apabila kamu merasa jerawat kamu makin banyak namun tak kunjung mereda dalam waktu lebih dari 1 bulan mungkin sudah saatnya menghentikan pemakaian produk tersebut.

Jika purging terjadi sangat lama, itu bisa menjadi tanda bahwa kalian tidak cocok dengan produk skincare tersebut. Hal ini bukan purging namanya, melainkan breakout. Jika pemakaian skincare tidak dihentikan segera, kasus jerawat mungkin akan bertambah parah disertai dengan masalah-masalah lain seperti kulit makin berminyak atau timbul rasa panas setiap memakai produk.

5. Cermati Tentang Bahan Apa Saja Yang Menyebabkan Purging


Cermati Tentang Bahan Apa Saja Yang Menyebabkan Purging

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, produk skincare yang mengandung bahan aktif, sejatinya menyebabkan purging di wajah. Biasanya purging ditemui pada produk yang meningkatkan perputaran sel seperti retinoid atau hydroxy acids.

Jika produk yang digunakan adalah bedak atau krim yang tidak mengandung lactic acid, glycolic acid, salicylic acid, atau retinol tetapi kulit jadi berjerawat, maka ini adalah reaksi alergi. Dengan kata lain, kulit memang bereaksi negatif terhadap produk yang digunakan.

6. Sering Dianggap Sama, Berikut Caranya Membedakan Purging Dan Breakout


Sering Dianggap Sama, Berikut Caranya Membedakan Purging Dan Breakout

Purging kerap kali disangka breakout oleh orang awam. Breakout merupakan pertanda bahwa produk skincare baru yang kamu pakai tidak cocok untuk kulitmu. Jerawat timbul bukan karena adanya bahan aktif dalam produk skincare, tapi karena komposisi yang sifatnya penyebab iritasi di wajah kalian. Ternyata ada dua cara yang sangat ampuh membedakan dua keadaan tersebut.

Pertama, jika kalian mengalami purging, biasanya jerawat yang muncul adalah jerawat kecil atau bruntusan seperti whiteheads. Namun jika itu adalah breakout, jerawat yang muncul berukuran besar dan merah serta kalau dipencet bisa terasa sakit.

Kedua, perhatikan keadaan kulit kalian. Jika kalian berjerawat tetapi terlihat ada bagian-bagian yang mengelupas itu merupakan tanda bahwa kondisi yang kalian alami ini adalah purging. Jadi jangan hentikan penggunaan produk skincare kalian ya.

7. Tak Boleh Sembarangan, Mengatasi Purging Juga Ada Aturannya


Tak Boleh Sembarangan, Mengatasi Purging Juga Ada Aturannya

Tak perlu banyak menggunakan produk peyembuhan jerawat, masalah yang muncul akibat purging idealnya bisa hilang sendiri. Jerawat atau beruntusan pada saat purging idealnya sembuh setelah empat sampai enam minggu. Jika setelah itu jerawat masih belum sembuh, maka itu adalah reaksi alergi dan hentikan pemakaian produknya.

Jangan repot-repot menggunakan banyak bahan penghilang jerawat saat purging. Karena bisa jadi, bahan tersebut mengandung zat yang membuat kalian alergi. Alih-alih purging hilang, wajah kalian akan iritasi karena reaksi dengan zat alergen tersebut.

Intip juga yuk beberapa bahan alami untuk atasi flek hitam dalam artikel berikut. Simak juga beberapa kesalahan dalam merawat wajah sehingga makin berjerawat di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait