Hindari Diet, Lakukan 8 Tips Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Agar Tetap Langsing Setelah Melahirkan
Lifestyle

Salah satu masalah umum yang dialami wanita setelah melahirkan biasanya seputar bentuk tubuh. Ingin tetap langsing setelah melahirkan tanpa harus melakukan diet? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

WowKeren - Saat hamil para wanita pasti akan mengkonsumsi banyak makanan bernutrisi demi mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Karena itulah salah satu masalah para wanita setelah melahirkan umumnya berkaitan dengan bentuk tubuh. Mulai dari perut yang bergelambir, badan yang masih membengkak hingga selulit.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala tentunya memerlukan waktu. Tidak disarankan pula bagi ibu yang baru melahirkan untuk melakukan diet ketat agar cepat langsing. Hal ini disebabkan karena tubuh ibu umumnya mengalami trauma setelah melalui proses berat saat melahirkan. Belum lagi ibu harus memberikan ASI eksklusif pada si kecil, sehingga ibu tetap harus mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi.

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar tetap langsing bahkan setelah melahirkan tanpa diet. Apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi Bisa Membuat Ibu Tetap Langsing Setelah Melahirkan


Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi Bisa Membuat Ibu Tetap Langsing Setelah Melahirkan

Cara mudah pertama yang bisa ibu lakukan untuk membuat tubuh tetap langsing setelah melahirkan adalah dengan memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Ketika menyusui, tubuh akan memproduksi hormon oxytoxin yang bisa membantu relaksasi otot. Karena itulah ibu yang sedang menyusui atau memompa ASI kadang dapat merasakan kontraksi. Dengan cara ini, rahim akan lebih cepat mengecil dan kembali ke bentuk semula jika dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui.

Selain itu, menyusui ternyata juga dapat mengurangi berat badan karena bisa membakar kalori pada tubuh hingga 500 kalori per hari. Karena itulah, memberikan ASI eksklusif tak hanya bermanfaat bagi si kecil, tapi juga bisa membuat tubuh ibu langsing dan menjaga kesehatan Anda.

2. Menggendong dan Merawat Bayi Sendiri Juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


Menggendong dan Merawat Bayi Sendiri Juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tips kedua ini mungkin terdengar sederhana. Tapi memang benar jika mengurus bayi sendiri tanpa menggunakan jasa baby sitter ternyata bisa membantu ibu cepat langsing setelah melahirkan. Mengerjakan sendiri segala keperluan bayi mulai dari memandikan, mengganti popok hingga menidurkan bayi bisa sangat menguras energi. Oleh sebab itulah aktivitas mengasuh bayi sendiri akan cukup menyita waktu dan bisa membakar lemak ibu dengan lebih cepat.

Selain itu, menggendong bayi juga sangat ampuh untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Menggendong bayi ibarat membawa beban seberat 3,6 kg hingga 5,4 kg, apalagi jika ditambah dengan gerakan berulang dari posisi berdiri ke duduk dan seterusnya. Karena itulah otot tubuh bagian bawah akan terbentuk dan metabolisme tubuh jadi meningkat. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat langsing setelah melahirkan.

3. Minum Banyak Air Putih Bisa Membuatmu Tetap Langsing Setelah Melahirkan, Kok Bisa?


Minum Banyak Air Putih Bisa Membuatmu Tetap Langsing Setelah Melahirkan, Kok Bisa?

Banyak minum air putih dapat membantu mengurai banyak lemak dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, proses metabolisme akan lebih rendah dan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar lemak. Karena itulah banyak minum air putih dapat membantu proses metabolisme jadi lebih baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi, Makanan dan Olahraga di Virginia Tech membuktikan bahwa orang yang minum lebih banyak air putih sebelum makan cenderung akan lebih sedikit makan. Dengan begitu, berat badan ibu akan lebih cepat berkurang dengan mengkonsumsi banyak air putih setelah melahirkan.

4. Tak Perlu Diet, Menjaga Pola Makan Juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan


Tak Perlu Diet, Menjaga Pola Makan Juga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan

Alih-alih diet, menjaga pola makan lebih tepat dilakukan oleh ibu setelah melahirkan. Setelah melahirkan, tubuh masih membutuhkan asupan makanan yang cukup. Ibu dapat mengkonsumsi makanan berlemak, mencukupi asupan buah dan sayur serta berbagai makanan bernutrisi lainnya yang dikonsumsi secara rutin. Usahakan Anda mendapatkan minimal 1.600 kalori setiap harinya.

5. Menggunakan Korset Juga Bia Membantu Melangsingkan Badan Setelah Melahirkan


Menggunakan Korset Juga Bia Membantu Melangsingkan Badan Setelah Melahirkan

Banyak wanita yang menggunakan korset setelah melahirkan. Kebiasaan ini bahkan telah dilakukan sejak lama dan turun temurun. Penggunaan korset bisa membantu rahim kembali mengecil sehingga tubuh bisa lebih cepat langsing setelah melahirkan.

Selain itu, menggunakan korset juga dapat menimbulkan rasa panas sehingga bisa membakar lemak pada tubuh. Setelah menggunakan korset, para ibu biasanya akan makan lebih sedikit karena merasa lebih cepat kenyang. Karena itulah tak ada salahnya untuk mencoba cara tradisional ini, apalagi jika ditambah dengan meminum jamu khusus ibu setelah melahirkan.

6. Olahraga Ringan Akan Sangat Membantu Melangsingkan Tubuh Setelah Melahirkan


Olahraga Ringan Akan Sangat Membantu Melangsingkan Tubuh Setelah Melahirkan

Melakukan beberapa olahraga ringan bisa sangat membantu ibu dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan. Di antara olahraga ringan yang dapat ibu lakukan adalah yoga dan pilates. Selain itu, ibu juga bisa melakukan latihan ringan seperti senam kegel dan berjalan kaki.

Tapi untuk melakukannya tidak boleh sembarangan karena Anda harus mengantongi izin dari dokter. Ibu yang melahirkan secara normal biasanya diperbolehkan berolahraga setelah satu bulan. Tapi jika Anda melahirkan secara caesar, setidaknya tunggu setelah 2 bulan baru berolahraga.

7. Ingin Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan? Sebaiknya Banyak Bergerak dan Lakukan Pekerjaan Rumah


Ingin Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan? Sebaiknya Banyak Bergerak dan Lakukan Pekerjaan Rumah

Setelah melahirkan, sebaiknya ibu lebih banyak bergerak jika ingin menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Sebab hal ini akan membantu tubuh membakar lemak hingga menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai pekerjaan rumah.

Ibu bisa mengepel dengan berjongkok, mencuci baju tanpa bantuan mesin cuci, membersihkan dapur hingga menyikat kamar mandi. Cara ini dijamin cukup efektif dalam menghilangkan lemak pada tubuh dan ibu bisa kembali langsing seperti sedia kala.

8. Sebaiknya Istirahat yang Cukup Agar Tetap Langsing Setelah Melahirkan


Sebaiknya Istirahat yang Cukup Agar Tetap Langsing Setelah Melahirkan

Setelah memiliki bayi, kebanyakan ibu akan kesulitan untuk tidur secara teratur. Di malam hari si kecil mungkin akan rewel dan menangis yang membuat ibu terjaga sepanjang malam. Kurang tidur bisa membuat Anda mudah stres dan emosi jadi tidak stabil.

Padahal jika ingin menurunkan berat badan, waktu tidur yang cukup juga lumayan berpengaruh. Sebab jika mendapatkan tidur yang cukup, Anda akan lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal. Karena itulah pastikan untuk tidur selama 7-8 jam per malam.

Demikian delapan tips tetap langsing setelah melahirkan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi baby blues setelah melahirkan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan sehat yang bisa menghasilkan ASI berkualitas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait