Birthday Spotlight: Happy Suga Day
Selebriti

Tim redaksi WowKeren akan mengajak pembaca mengintip perjalanan karier Suga mulai pra debut hingga proyek masa depannya menyusul ulang tahunnya pada 9 Maret lalu. Yuk!

WowKeren - Suga BTS (Bangtan Boys) berulang tahun ke-27 (menurut perhitungan internasional) pada 9 Maret. Bahkan sebelum tengah malam waktu KST pada tanggal tersebut, beberapa tagar terkait dengan hari ulang tahunnya telah menjadi tren di seluruh dunia di Twitter.

Setelah tengah malam, dengan pengecualian tagar yang terkait dengan Hari Perempuan Internasional (8 Maret), tagar terkait dengan hari ulang tahun Suga telah mengambil alih sebagian besar dari 20 tren dunia. Ini termasuk #HappyBirthdayYoongi di No. 1, #GeniusMinSuga di No. 5, #AyoSuga di No. 9, dan #ShiningDayOfMinPD di No. 13. Tagar Korea untuk ulang tahunnya yang memiliki terjemahan, "Mendoakan ulang tahun yang bersinar untuk Yoongi (nama asli Suga)."

Suga lahir dengan nama Min Yoongi dikenal sebagai rapper, penulis lagu dan produser rekaman selain menjadi bagian dari mega grup BTS. Untuk merayakan ulang tahunnya, tim redaksi WowKeren akan mengajak pembaca mengintip perjalanan karier artis kelahiran 1993 itu mulai pra debut hingga proyek masa depannya. Yuk!

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Min Yoongi lahir pada 9 Maret 1993 di Daegu, Korea Selatan. Ia adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Yoongi memiliki kakak laki-laki yang kabarnya kini berprofesi sebagai chef.

Yoongi bersekolah di SD Taejeon, SMP Gwaneum dan SMA Apgujeong. ia menjadi tertarik pada rap setelah mendengar "Reggae Muffin" oleh Stony Skunk dan menyatakan bahwa itu berbeda dari apa pun yang pernah ia dengar sebelumnya. Setelah mendengarkan lagu-lagu Epik High, ia memutuskan untuk menjadi rapper.

Pada usia 13, Yoongi mulai menulis lirik musik dan belajar tentang MIDI. Ia bekerja paruh waktu di sebuah studio rekaman pada usia 17 tahun. Sejak saat itu, Yoongi mulai menyusun dan mengatur musik, rap, dan tampil di panggung.

Sebelum dikontrak Big Hit Entertainment dan memakai nama panggung Suga, Yoongi aktif dengan nama Gloss sebagai rapper bawah tanah. Sebagai bagian dari kru hiphop D-Town pada 2010, ia memproduksi "518-062", sebuah lagu untuk memperingati Pemberontakan Gwangju.

2. Debut


Debut

Suga awalnya bergabung dengan Big Hit Entertainment sebagai produser musik. Ia dilatih selama tiga tahun bersama anggota BTS lainnya yaitu J-Hope dan RM (Rap Monster).

Suga bersama BTS melakukan debut pada 13 Juni 2013 melalui program musik Mnet "M Countdown". Ia debut sebagai salah satu dari empat vokalis BTS merilis album single debut bertajuk "2 Cool 4 Skool" dengan lagu utama "No More Dream". Sejak itu ia memproduksi dan menulis lirik untuk berbagai lagu di semua album BTS.

Nama panggung Suga (슈가) berasal dari suku kata pertama dari istilah "shooting guard" (슈팅 가드), posisi yang ia mainkan dalam bola basket sebagai siswa. Ia menggunakan nama Agust D pada 2016 untuk mixtape-nya. Nama tersebut diambil dari inisial DT, kependekan dari tempat kelahirannya, Kota Daegu, dan "Suga" dieja terbalik.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Suga mencapai puncak kariernya bersama BTS dua tahun setelah debut mereka. Saat itu grup yang dipimpin RM tersebut memecahkan rentetan kemenangan EXO dengan meraih kemenangan pertama untuk "I NEED U" dari mini album "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1" di "The Show" SBS tepatnya pada 5 Mei 2015.

BTS mengekspresikan rasa terima kasih mereka dengan memposting foto mereka dan piala kemenangan pertama mereka di Twitter. "Terima kasih! Karena kami terlalu gugup, kami tidak tahu harus berkata apa. Terima kasih banyak, ARMY (fandom BTS) untuk kemenangan pertama kami. Semua orang bekerja keras. Kami akan benar-benar menjadi keren. Aku mencintai kalian," tulis BTS.

Menyusul kemenangan pertama mereka sejak debut, BTS mendominasi Twitter melalui tagar # BTS1stWin dan berhasil menjadi tren pertama di dunia. BTS awalnya menghadapi masalah setelah mereka dituduh memanipulasi penjualan album terbaru mereka. Namun kemenangan ini langsung menghapus kecurigaan netizen.

Pada 2017, BTS mulai dikenal dunia dengan tur konser "The Wings Tour" mereka. BTS menghadiri Billboard Music Awards ke-24 pada Mei dan memenangkan Top Social Artist, menjadi grup Korea pertama yang dianugerahi Billboard Music Award. BTS semakin mendapat pengakuan dari dunia selama 2018 setelah merilis seri album "Love Yourself" diikuti tur dunia dengan tajuk yang sama. Tur konser "Love Yourself" berakhir pada Oktober 2019 dengan pencapaian luar biasa.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sama seperti anggota BTS lain, Suga tidak benar-benar memiliki aktivitas solo yang terpisah dari grup. Sejak debut, ia memproduksi dan menulis lirik untuk berbagai lagu di semua album BTS. Sebagai produser musik, Suga meraih sejumlah prestasi solo melalui kolaborasi dengan sederet artis terkemuka.

Selain melakukan intro untuk BTS, Suga merilis dua lagu solo di bawah nama grup. Lagu pertamanya "First Love", muncul di album "Wings" pada 2016, adalah trek rap autobiografi yang dengan konsep monolog. Dalam album "Love Yourself: Answer" pada 2018, Suga merilis lagu "Trivia: Seesaw".

Suga merilis mixtape gratis melalui SoundCloud pada 15 Agustus 2016 alih-alih sebagai album komersial. Ia membahas hal-hal seperti perjuangannya dengan depresi dan fobia sosial. Pada 2017, Suga memproduksi lagu "Wine" untuk Suran, memenangkan lagu Soul / R&B di Melon Music Awards saat itu. Suga juga menerima "Hot Trend Award" untuk karyanya ini.

Pada 2019, Suga menyumbang suaranya dalam rap untuk lagu "Song Request" oleh penyanyi Lee Sora yang dirilis pada 22 Januari. Lagu ini ditulis oleh Suga dan Tablo dari Epik High, yang juga memproduksi lagu tersebut. Suga juga memproduksi lagu berjudul "Eternal Sunshine" untuk album "Sleepless" Epik High. Suga kemudian terungkap telah memproduksi single digital "We Don't Talk Together" untuk Heize yang dirilis pada 7 Juli.

Pada Desember 2019, penyanyi dan penulis lagu Amerika Halsey merilis lagu "Suga's Interlude" dari album ketiganya yang bertajuk Manic. Suga menyumbang rap dan juga memproduksi lagu ini.

5. Kontroversi


Kontroversi

Suga pernah terlibat skandal kencan dengan Suran kisaran 2018. Rumor mulai beredar karena foto-foto yang diyakini sebagai barang-barang pasangan serta postingan di Instagram Suran dengan kata "yoongi," yang berarti "bersinar" dalam bahasa Korea tapi juga nama asli Suga.

Sebagai tanggapan, Big Hit Entertainment berkomentar, "Rumor kencan Suga dan Suran tidak benar," dan menambahkan, "Mereka hanya bekerja pada produksi musik bersama."

Suran juga merespons rumor bahwa ia mengencani Suga melalui postingan Instagram. Suran juga membantah spekulasi bahwa anjing di salah satu postingannya Instagram adalah milik Suga, serta spekulasi bahwa postingan lain yang ia buat tahun lalu dengan tulisan "S loves S suran loves spain!!!" merujuk kepada anggota BTS tersebut.

Suran kemudian dengan tegas membantah bahwa ia terlibat dalam hubungan romantis dengan Suga, yang memproduksi lagu "Wine" untuknya di 2017. Ia menulis, "Hubunganku dengan Suga, yang kutemui tahun lalu, sepenuhnya terkait dengan musik, tidak lebih, tidak kurang."

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Suga bersama BTS comeback dengan album terbaru bertajuk "Map of the Soul: 7" yang dirilis 21 Februari lalu. Grup besutan Big Hit Entertainment tersebut merilis video musik atau MV dari lagu utama "ON". Mereka baru saja mengakhiri masa promosi di televisi Korea dengan tampil di "Inkigayo" SBS pada 8 Maret.

BTS juga telah merilis jadwal untuk tur dunia untuk konser mereka yang bertajuk "Map of the Soul Tour" untuk tahun ini. Namun agensi mengumumkan bahwa konser 4 hari "Map of the Soul" pada 11-12 April dan 18-19 April di Olympic Stadion Seoul telah dibatalkan karena wabah COVID-19 (Corona) di Korea Selatan. Selain Seoul, BTS memiliki serangkaian jadwal tur di sejumlah wilayah di Amerika Utara, Eropa dan Jepang sepanjang tahun ini.

Belum lama ini Suga diketahui bertemu dengan penyanyi Amerika Max Schneider. Penggemar menduga kuat bahwa pertemuan mereka menghasilkan kolaborasi. Ditambah lagi Max memposting cuitan mencurigakan berbunyi, "Jadi aku baru saja mendapatkan sumbangan vokal untuk album (baru) dan mereka dalam bahasa Korea." Ini membuat dugaan kolaborasi Suga dan Max semakin kuat. Kita tunggu saja kabar baiknya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait