Cuitan Dokter Soal Thermal Gun Dengan Hasil 'Tak Manusiawi' Tuai Beragam Komentar Warganet
SerbaSerbi

Cuitan seorang dokter yang mendapatkan hasil angka 'ajaib' usai cek suhu tubuh dengan termometer tembak (thermal gun) menarik perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang ikut berkomentar.

WowKeren - Mengantisipasi perkembangan virus corona yang meningkat kian harinya di Indonesia, sejumlah tempat mulai kantor, mal hingga fasilitas umum menerapkan pengecekan suhu. Pengecekan suhu tersebut dilakukan agar orang-orang yang memiliki gejala corona seperti memiliki suhu tubuh tinggi terdeteksi.

Biasanya suhu tubuh orang-orang akan dicek dengan termometer tembak (thermal gun). Namun, pemeriksaan suhu tersebut menjadi hal yang aneh bagi salah seorang dokter. Kok bisa?

Bagaimana tidak, pasalnya, dokter ini justru mendapatkan angka "mustahil" bagi manusia yang masih bernapas pada saat dicek suhu tubuhnya di kantor. Adalah dr Shela Putri Sundawa yang membagikan pengalamannya tersebut di akun Twitter pribadinya @oxfara.

Saat diukur suhu tubuhnya dengan termometer tembak di sebuah kantor di Jakarta. "31,5 Bu. Normal, ga demam," kata petugas, seperti ditirukan dr Shela dalam cuitannya.

Cuitan Dokter Soal Thermal Gun Dengan Hasil \'Tak Manusiawi\', Tuai Beragam Komentar Warganet

Twitter

Dokter Shela pun menjelaskan bahwa suhu tubuh manusia normalnya berkisar antara 36-37 derajat celcius. Apabila suhu tubuh di bawah 35 derajat celcius itu lethal atau mematikan untuk manusia, begitupula bila suhunya menjadi lebih dari itu.

"Jadi kalau ada orang dewasa dicek suhu di bawah 35, orangnya bisa jalan-jalan dan sehat walafiat kesalahan mungkin pada cara pengukuran atau termometernya," ujarnya.


Lebih lanjut sang dokter pun menjelaskan kemungkinan apabila terjadi hal seperti yang dialaminya. Di antaranya:

  1. Alatnya rusak
  2. Cara mengukurnya salah
  3. Yang diperiksa bukan manusia

Kisah dokter tersebut lantas menjadi bahan perbincangan warganet. Tak sedikit dari mereka yang turut mnegungkapkan pendapatnya soal kejadian tersebut.

"Bukan alatnya rusak sih dok, kebanyakan yg dipakai itu thermometer pengukur suhu mesin. Kantorku gitu, kami jual thermometer bisa ukur sampai 1500Celcius gak disarankan utk manusia tp ttp kekeuh pada beli. mgkn itu faktor salah satunya," ujar @Ri****idf.

"Mungkin settingnya Reamur....yg justru 31.5°R setara dengan 39.3°C," kata @Ir*****rta.

Adapula yang justru bercanda usai menceritakan pengalaman yang serupa. Seperti berikut.

"Saya mau masuk mall diukur suhu saya 27 derajat, anjr gue siapa bukan manusia alias vampir dok," komen @u*****hun.

" Dok, gue pernah kemaren pas dicek termo tembak jidat suhunya 35*C kata mbaknya, biasanya 36,5*. Sebelumnya emang gue nempelin botol dingin di jidat, mau bereksperimen apkah bakal dingin jg atau ngga. Gue kira jd 35* itu beneran gara2 eksperimen itu," ungkap @ni***us.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru