Karantina Mandiri COVID-19 Tak Jadi Halangan Buat Tingkatkan Skill, Yuk Ikut 7 Kelas Online Ini!
Tekno

Dengan berdiam diri di rumah seharian bukan halangan untuk kalian mengembangkan skill dan kemampuan. Manfaatkan hal ini dengan menambah kemampuan kalian lewat kelas-kelas online yang banyak tersedia.

WowKeren - Wabah virus corona atau COVID-19 saat ini makin meluas. Beberapa negara sudah terinfeksi virus ini yang membuat banyak badan kesehatan kewalahan. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 sudah menembus angka 1000 perhari ini, Senin (20/3).

Pemerintah sudah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penularan makin meluas. Beberapa sekolah dan universitas telah meliburkan muridnya dan menjalankan pembelajaran online. Tak hanya itu, kantor juga telah menerapkan sistem work from home atau bekerja di rumah.


Namun, dengan berdiam diri di rumah seharian bukan halangan untuk kalian mengembangkan skill dan kemampuan. Manfaatkan hal ini dengan menambah kemampuan kalian lewat kelas-kelas online yang banyak tersedia. Beberapa kemampuan ini bisa kalian gunakan ketika melamar pekerjaan nantinya.

Di Internet sendiri sudah sangat banyak kelas online dengan berbagai skill yang ditawarkan. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Namun dengan ilmu yang kalian dapatkan, membayar beberapa rupiah tentu tak akan terbuang sia-sia. Penasaran mana saja kelas online-nya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 situs dan aplikasinya!

(wk/putr)

1. Coursera


Coursera

Coursera adalah salah satu penyedia jasa online course yang bisa kalian akses melalui komputer, tablet, maupun ponsel pintar kalian. Kelas online ini berisi kursus online dari berbagai universitas terkemuka di dunia seperti Stanford University, University of Edinburgh, dan California Institute of Technology.

Dalam Coursera ada banyak jenis kurus online mulai dari seni, matematika, hingga teknologi. Dalam kelas online ini, kalian akan menemukan beberapa kelas yang gratis dan juga yang berbayar. Namun jangan salah sangka, meskipun gratis, Coursera tetap menyediakan kursus yang berkualitas untuk para penggunanya.

Untuk kursus yang berbayar, Coursera menyediakan kelas-kelas tertentu dengan signature track dan memberikan sertifikat di akhir kursus. Dan tentu saja, sertifikat ini bisa diakui oleh banyak instansi dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

2. Duolingo


Duolingo

Kelas online dari Duolingo ini cocok banget buat kalian yang ingin menguasai banyak bahasa di Dunia. Duolingo menawarkan puluhan jenis bahasa asing yang bisa kalian pelajari sesuai dengan keinginan. Lebih menariknya lagi, kalian bisa mengikuti kursus di sini secara gratis loh.

Selain dalam bentuk situs, Duolingo juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa kalian unduh melalui platform android dan iOS. Sejak didirikan pada tahun 2012 oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker, situs ini cukup diminati banyak orang loh. Terbukti lebih dari 120 juta pengguna dari seluruh dunia sudah mendaftar di situs ini. Tertarik mencoba?

3. Skill Academy By Ruangguru


Skill Academy By Ruangguru

Siapa yang tak kenal Ruangguru? Benar, aplikasi yang satu ini sudah banyak digunakan oleh pelajar di Indonesia. Baru-baru ini perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Asia Tenggara itu meluncurkan unit usaha baru bernama Skill Academy. Skill Academy sendiri adalah platform pelatihan online dan offline bersertifikat terbesar di Indonesia loh.

Pengguna dapat secara gratis atau berbayar mengakses kelas pilihannya di antara ratusan kelas dengan topik. Ada banyak bidang yang ditawarkan seperti pengembangan diri, persiapan tes, desain, marketing, teknologi & software, kewirausahaan, dan keuangan yang diajarkan oleh pakar-pakar terbaik di industri, dan mendapatkan sertifikat kelulusan setelah pelatihan selesai. Menarik kan?

4. Canva Design School


Canva Design School

Canva saat ini sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi desain gratis. Menariknya, Canva kini juga menyediakan situs untuk belajar desain grafis dan workshop interaktif secara online melalui situs Canva Design School. Situs ini sangat cocok buat kalian yang ingin mengembankan skill desain.

Dengan belajar online lewat Canva Design Schooll kalian akan mendapatkan modul di setiap sesinya sehingga bisa belajar otodidak. Bagi yang masih awam dengan desain grafis, nggak perlu khawatir karena situs ini sangat cocok bagi pemula. Canva akan membantumu dalam proses kenalan dari dasar desain grafis.

5. Udemy


Udemy

Udemy memiliki lebih dari 100.000 online course yang dapat dipilih oleh para penggunanya. Udemy memiliki pilihan kursus yang beragam mulai dari design, marketing, business, hingga photography yang tentunya akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengikut kursusnya.

Meski jarang terdapat kursus yang gratis, namun Udemy memberikan diskon yang besar-besaran untuk para pengguna setianya. Seperti halnya kursus web developer yang berharga jutaan rupiah, dapat diskon hingga di atas 70%. Hal ini pun menarik minat para profesional untuk dapat meningkatkan skill dengan mengikuti kelas kursus di Udemy.

Sebelum memilih kursus apa yang hendak diambil, Udemy memberikan penjabaran hingga silabus yang akan digunakan dalam kelas tersebut. Selain itu juga ada penjabaran waktu dari lamanya kursus online ini. Sehingga para pengguna dapat memperkirakan waktu belajar mereka.

6. IndonesiaX


IndonesiaX

IndonesiaX adalah salah satu jasa penyedia kursus online yang dibuat khusus untuk masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, kelas online ini juga bekerjasama dengan online course yang sudah terkenal di dunia internasional seperti edX. Di Indonesia sendiri pun, IndonesiaX telah bekerja sama dengan berbagai universitas, seperti Universitas Terbuka, Unair, ITS, dan masih banyak lagi.

Kelas online yang tersedia di IndonesiaX cukup beragam, tidak hanya tentang kemampuan dalam seni atau teknologi, namun juga pengetahuan tentang pengadaan barang dan jasa, siaga bencana, hingga milenial dan kesehatan mentalnya. Selain itu, materi yang diadakan tidak hanya materi yang "berat" saja, namun juga materi-materi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Alison


Alison

Meski namanya kurang terkenal di Indonesia, namun situs ini ternyata merupakan pelopor dari situs belajar online gratis di dunia loh. Alison didirikan di Irlandia pada tahun 2007 oleh Mike Feerick. Saat ini, Alison sudah mempunyai lebih dari 7 juta pengguna dan pengajar dari beragam institusi seperti Google, Microsoft dan berbagai universitas terkemuka dunia lainnya.

Situs ini menawarkan ratusan materi dalam bahasa Inggris yang bisa mengarahkan kalian untuk mempelajari ilmu terkait pekerjaan yang ingin kalian ambil berdasarkan industri yang dipilih. Terdapat dua tipe materi ditawarkan, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Perbedaan dari dua materi tersebut adalah jika Diploma Courses membahas materi dengan lebih mendalam, dan Certificate kamu akan memperoleh sertifikat dalam bentuk cetak.

Selain itu, kalian juga bisa menyimak beberapa kegiatan produktif meski di rumah aja saat karantina mandiri dalam artikel ini. Initp juga tips agar tetap bekerja dengan produktif selama karantina di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait