'Pocong Anti Corona' di Purworejo 'Debut' di Media Korea Selatan, Netizen Indonesia Ikut Bangga
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Kampung Tuk Songo di Kabupaten Purworejo sempat viral karena upaya unik mereka yang menggunakan 'pocong' untuk menjaga perbatasan wilayahnya. Upaya unik kampung tersebut rupanya disorot oleh media-media Korea Selatan.

WowKeren - Pemerintah Indonesia terus mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah demi menekan laju penyebaran virus corona (Covid-19). Upaya sebuah kampung di Kabupaten Purworejo yaitu Kampung Tuk Songo untuk menjaga lalu lintas di perbatasan wilayahnya lantas mencuri perhatian netizen.

Bagaimana tidak, kampung tersebut menggunakan pocong sebagai penjaga wilayahnya. Dua warga yang berdandan seperti pocong akan berjaga di perbatasan wilayah untuk mengawasi warga kampung atau luar kampung yang hendak keluar masuk wilayah tersebut.


Upaya unik kampung tersebut lantas juga menjadi sorotan media asing. Sejumlah media Korea Selatan seperti SBS, MBC dan juga JTBC memberitakan tentang "pocong anti corona" tersebut.

Artikel yang dirilis di portal berita SBS misalnya, memiliki judul "Pencegahan Covid-19, Desa di Indonesia Sampai Dijaga Hantu Pocong". Dalam artikel tersebut, dijelaskan apa itu pocong untuk memberikan gambaran kepada masyarakat Korsel yang membacanya.

"Prosedur pemakaman Islam di Indonesia itu adalah dengan membungkus tubuh dari atas sampai bawah dengan selembar kain dan mengikat enam tempat dari kepaa hingga kaki. Tubuh yang diikat itu disebut pocong," demikian kutipan artikel tersebut. "Sebelum dimakamkan, petugas pemakaman harus melepas talinya dulu. Jika tidak dilepas, maka jiwa orang yang meninggal itu tak ingin meninggalkan tubuhnya yang sudah dimakamkan dan menjadi gentayangan atau jadi setan."

Mengetahui "pocong anti corona" yang "debut" di media Korsel tersebut, netizen Indonesia di Twitter pun cukup kaget namun juga tergelitik. Salah satu netizen yang membagikan artikel media Korsel ini adalah akun Twitter @themissnanette.

Pocong

Twitter

Kolom komentar lantas dipenuhi oleh netizen Indonesia lainnya. Ada yang mengaku merasa bangga melihat pocong asal Indonesia "debut" di media Korsel, banyak pula yang dibuat ngakak dengan hal ini.

"Si pocong debut di korea wkwkwk," tulis akun @ai***16. "Aku sebagai orang purworejo turut bangga," tambah akun @ba***um.

"Ngakak wkwkwkwkwk ya Allah purworejo udah another lever aku bangga," komentar akun @fl***yy. "Pocong debut internasional," timpal akun @je***re.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts