Korea Utara Umumkan Perketat Pencegahan Virus Corona Meskipun Klaim Nihil Kasus
Dunia

Pemerintah Korut menegaskan bahwa mereka akan meningkatkan upaya disinfeksi untuk mencegah penyebaran virus corona, meskipun tetap bersikeras menyatakan bahwa negara mereka masih 'bersih'.

WowKeren - Korea Utara memang mengklaim bahwa negara mereka masih bersih dari kasus corona (COVID-19). Meski demikian, pemerintah Korea Utara tetap menyatakan bahwa mereka akan memperketat kebijakan isolasi bagi seluruh warga maupun diplomat di negara tersebut.

Dilansir dari CNN, pemerintah Korea Utara juga menegaskan bahwa mereka akan meningkatkan upaya disinfeksi untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal tersebut diputuskan usai pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jon Un melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi negara.

"Epidemi virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 1,7 juta di seluruh dunia, telah menjadi bencana besar yang mengancam seluruh umat manusia," tulis kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA.

"Kondisi seperti ini dapat menghambat kemajuan kita, tetapi pengendalian anti-pandemi masih sangat stabil. Kebijakan menyerukan pemeriksaan ketat dan menyeluruh ini untuk melindungi keselamatan warga Korea Utara," lanjut pernyataan Kim Jong Un.


Sebelumnya, diketahui bahwa Korea Utara dengan sigap menutup perbatasan dengan Tiongkok sejak virus corona mulai menyebar ke seluruh dunia pada bulan Januari lalu. Korea Utara juga dnegan sikap memberlakukan tindakan pengamanan yang sangat ketat.

Hingga kini, Korea Utara sendiri tetap bersikeras menyatakan bahwa negaranya masih terbebas dari virus yang menyebar dari Wuhan tersebut. Kendati demikian, para ahli meragukan klaim Korea Utara dan mengatakan jika negara tersebut memiliki sistem fasilitas kesehatan yang kurang memadai sehingga rentan terinfeksi virus corona.

Para ahli juga beranggapan jika pemerintah Korea Utara sengaja menutupi jumlah warganya yang terinfeksi COVID-19. Bukan tanpa alasan, pasalnya Korea Selatan selaku negara terdekat dari Korea Utara bahkan sudah melaporkan lebih dari 10 ribu kasus COVID-19 dengan 217 korban tewas.

Sementara itu, sebagai informasi tambahan, saat ini virus corona telah menjakit lebih dari 1,852,686 korban di seluruh penjuru dunia. Dari jumlah tersebut, korban tewas menyentuh angka 114,214, dengan 423,429 pasien dinyatakan sembuh.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru