Baking Hack! 8 Bahan Ini Bisa Digunakan Sebagai Pengganti Bahan Pembuat Kue Yang Habis
Kuliner

Rencana untuk membuat kue terkadang tak berjalan mulus. Beberapa bahan yang dibutuhkan bisa saja tiba-tiba habis atau tak ada persediaan lagi, satu-satunya cara adalah mencari bahan penggantinya.

WowKeren - Masyarakat Indonesia saat ini sedang dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah guna menekan angka penularan virus corona (COVID-19). Berdiam di rumah setiap hari tentu bukan hal yang mudah, apalagi bersama anak-anak yang selalu ingin bermain di luar.

Untuk antisipasi, menyiapkan camilan lezat adalah salah satu cara yang efektif untuk tetap betah di rumah. Namun rencana untuk membuat kue ataupun camilan terkadang tak berjalan mulus. Beberapa bahan yang kalian butuhkan bisa saja tiba-tiba habis atau tak ada persediaan lagi.


Karena tak bisa keluar rumah, satu-satunya cara adalah mencari bahan penggantinya. Ternyata ada banyak sekali bahan-bahan yang tidak kalian sadari bisa menjadi pengganti bahan lain saat kalian membuat kue loh.

Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum beberapa bahan yang bisa kalian gunakan untuk mengganti bahan membuat kue kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Madu Pengganti Gula


Madu Pengganti Gula

Jika kalian secara kebetulan kehabisan gula atau sengaja tak ingin menggunakan gula pasir biasa, kalian bisa menggantinya dengan pemanis lain seperti madu. Sulit untuk menghindari semua bentuk gula, jadi beralih ke pilihan yang lebih padat nutrisi seperti madu dapat membantu memastikan bahwa kalian tidak mendapatkan kalori yang benar-benar kosong.

Madu diketahui kaya akan vitamin dan mineral dan memiliki efek antiinflamasi pada tubuh. Selain itu madu juga tidak mengirim kadar gula darah kalian dalam tailspin seperti gula putih, sehingga kalian akan mengalami pergeseran tingkat energi.

2. Tepung Gandum Pengganti Tepung Terigu


Tepung Gandum Pengganti Tepung Terigu

Penggunaan tepung terigu diketahui kurang direkomendasikan. Hal ini karena tepung terigu tak banyak mengandung nutrisi dan menambah kalori kosong serta karbohidrat olahan untuk makanan yang dipanggang. Menggunakan tepung lainnya dapat memberikan nutrisi seperti serat, protein, dan membuat resep bebas gluten.

Di antara seluruh jenis tepung, yang paling sering direkomendasikan adalah tepung gandum. Gandum mengandung asam fitat yang dapat mengikat dan mencegah mineral, seperti kalsium, zinc, zat besi, dan magnesium, terserap oleh tubuh. Kandungan asam fitat pada gandum utuh jauh lebih banyak daripada gandum olahan.

3. Pisang Pengganti Telur


Pisang Pengganti Telur

Tak pernah disadari, namun buah-buahan juga bisa digunakan sebagai bahan pengganti telur, salah satunya adalah buah pisang. Kalian bisa menggunakan 75 gram pure pisang atau pisang yang dihaluskan sebagai pengganti satu butir telur.

Namun perlu diingat bahwa, pure pisang ini akan mengubah rasa kue jadi rasa pisang. Jika ingin menggunakan bahan ini, pastikan dulu kalau kalian suka dengan kue yang didominasi rasa pisang. Pure pisang cocok untuk dicampur dengan adonan muffin, kue bolu, pancake, dan roti.

4. Alpukat Pengganti Mentega


Alpukat Pengganti Mentega

Mentega mungkin membuat camilan kalian benar-benar kaya rasa dan lembut, tetapi sayangnya sebagian orang alergi dengan produk olahan susu. Untuk itu, kalian bisa mencari bahan pengganti yang sama-sama memiliki kaya rasa seperti alpukat.

Dengan menukar setengah sendok makan alpukat dengan satu sendok makan mentega, kalian bisa mendapatkan camilan atau kue yang kaya rasa. Selain itu kalian juga dapat memotong lemak dan kandungan kalori secara signifikan dan meningkatkan faktor kepuasan.

5. Susu Dan Perasan Lemon Pengganti Buttermilk


Susu Dan Perasan Lemon Pengganti Buttermilk

Buttermilk bukan bahan yang umum dimiliki di rumah banyak keluarga Indonesia. Namun keberadaan bahan ini bakal membuat masakan kalian jadi makin kaya rasa. Buttermilk memiliki rasa yang sedikit asam dan mirip yogurt, biasanya bahan ini digunakan sebagai campuran membuat pancake atau adonan ayam krispi.

Jika kalian tak memiliki buttermilk di rumah namun ingin mencoba kreasi resep menggunakannya, jangan khawatir kalian bisa menggunakan bahan penggantinya yakni campuran susu dan perasan jeruk lemon. Cukup campurkan keduanya, diamkan selama 10 menit, dan kemudian gunakan seperti buttermilk biasa.

6. Biji Chia Pengganti Telur


Biji Chia Pengganti Telur

Fungsi telur juga bisa digantikan dengan biji-bijian, misalnya dengan biji chia. Biji chia merupakan bahan makanan yang mulai populer sejak berkembangnya pola makan sehat melalui teknik raw food atau makanan mentah. Biji chia ini bebas kandungan gluten dan merupakan sumber magnesium dan asam lemak omega-3.

Untuk mengganti telur dengan biji chia, kalian harus membuat biji chia jadi super halus. Satu butir telur setara dengan campuran 1 sendok makan biji chia halus dan 3 sendok makan air yang sudah dibiarkan mengental sampai seperti jelly. Supaya mengental, kalian harus mendiamkan campuran biji chia dan air ini selama kurang lebih 30 menit.

7. Baking Powder Pengganti Baking Soda


Baking Powder Pengganti Baking Soda

Seperti baking soda, baking powder adalah bahan yang sering digunakan dalam baking agar adonan mengembang. Baking powder sering membingungkan karena memiliki kesamaan dalam nama, fungsi, dan penampilan fisik dengan soda kue. Padahal, keduanya adalah produk yang sangat berbeda.

Baking powder dapat digunakan sebagai pengganti baking soda. Meski begitu, kekuatan raginya tidak sekuat soda kue biasa. Karenanya, kalian perlu menggunakan jumlah besar baking powder untuk mendapatkan produk akhir yang sama.

8. Oat Pengganti Tepung


Oat Pengganti Tepung

Jika ingin membuat biskuit dengan variasi yang berbeda kalian bisa mencoba menggunakan oat alih-alih tepung terigu. Selain memberikan tekstur dan rasa yang berbeda, oat juga dipercaya lebih sehat ketimbang tepung terigu biasa.

Apakah kalian mencampurkannya ke dalam kue atau memanggangnya menjadi muffin, oat adalah tambahan yang sehat dan sehat. Oat kaya serat dan dikemas dengan nutrisi penting, yang semuanya bekerja bersama untuk membantu menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan berat badan.

Simak juga yuk beberapa dessert mudah yang bisa kalian buat di rumah dalam artikel berikut. Intip juga yuk bagaimana cegah corona usai pulang belanja dari pasar dalam artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel