Bosan di Rumah Aja Selama Wabah Corona? Coba Bikin 7 Makanan Olahan Tahu yang Super Lezat Berikut
Kuliner

Salah satu hal produktif yang bisa dilakukan saat menjalani karantina di rumah adalah memasak dan mencoba berbagai resep baru. Bagi kamu yang bingung ingin masak apa, tak ada salahnya mencoba 7 resep makanan olahan tahu berikut.

WowKeren - Berdiam diri di rumah untuk menjalani karantina mandiri tak jarang membuat kita bosan. Karena itulah ada baiknya untuk mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan yang menarik, salah satunya adalah memasak.

Bagi kamu yang tak terbiasa memasak, karantina mandiri bisa menjadi sarana untuk belajar memasak dan mencoba berbagai resep baru. Selain menambah keterampilan, memasak sendiri di rumah juga bisa meminimalisir jajan di luar. Kita juga bisa memastikan hasil masakannya lebih higienis dan sehat karena diolah sendiri.

Tapi apa kamu bingung ingin memasak apa saat menjalani karantina mandiri? Kalau iya, tak ada salahnya untuk membuat berbagai makanan yang terbuat dari tahu. Selain mudah dibuat dan bahan-bahannya dijual dengan harga terjangkau, makanan olahan tahu biasanya memiliki rasa yang cukup lezat. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pizza Tahu


Pizza Tahu

Ingin merasakan pizza yang tidak biasa? Barangkali kamu harus mencoba membuat pizza tahu. Bahan yang dibutuhkan antara lain 100 gram tahu yang dipotong dadu, 30 gram bawang bombay, 20 gram paprika merah dan hijau, 10 gram tepung tapioka, 4 butir telur, 50 ml susu cair, 150 gram keju parut, 1 bungkus kaldu ayam serta 30 gram mentega.

Cara pembuatannya sangat mudah, pertama campurkan telur, bumbu penyedap rasa, susu segar serta tepung tapioka. Setelah itu kocok hingga tercampur sempurna. Lalu siapkan dan panaskan mentega di panci dan tambahkan telur yang sudah dicampur kemudian masak dengan api kecil. Setelah itu masukkan tahu, paprika merah, bawang bombay dan paprika hijau. Tutup panci dan tunggu sampai benar-benar matang. Terakhir taburkan keju parut di atasnya dan pizza tahu pun siap disantap.

2. Nugget Tahu


Nugget Tahu
Instagram/sukmawati_rs

Nugget identik dengan daging ayam. Tapi bagi kamu penggemar tahu bisa mengganti daging ayam dengan tahu. Selain lebih sehat, harganya pun lebih terjangkau. Bahan yang dibutuhkan antara lain 65 gram tepung serba guna, 1 sendok teh gula, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh bubuk cabai, 400 gram tahu, 100 gram cornflake, 500 ml minyak gorong serta 90 ml air putih.

Untuk membuatnya, pertama campurkan bahan-bahan kering seperti tepung, gula, garam dan bubuk cabai dengan air sampai berbentuk adonan. Kedua, remas-remas cornflake sampai halus. Lalu potong-potong tahu sesuai selera dan celupkan ke adonan basah sebelum dicelupkan ke remahan cornflake. Jika sudah, goreng nugget tahu selama kurang lebih 3 menit atau hingga kekuningan. Setelah ditiriskan, sajikan dengan saus tomat atau mayonaise dan nugget tahu pun siap dinikmati.

3. Wedang Tahu


Wedang Tahu
YouTube/Ayah Kece

Pernah dengar soal wedang tahu? Jika belum, wedang tahu merupakan minuman beraroma dengan rasa jahe. Minuman ini tidak langsung terbuat dari tahu, melainkan kembang tahu alias sari kedelai. Meski demikian, cara pembuatannya yang sama dengan tahu sutera menjadikan minuman ini termasuk sebagai masakan olahan tahu.

Bahan yang diperlukan antara lain 1 liter susu kedelai, 4 gram agar-agar bubuk warna putih, 125 gram gula pasir, seperempat sendok makan garam, 250 gram gula pasir, 100 gram gula merah, 1 liter air, 150 gram jahe yang dimemarkan, 3 lembar daun pandan, 3 cm kayu manis, 2 lembar daun jeruk, 3 buah cengkeh serta setengah sendok teh garam.

Cara pembuatannya sangat mudah. Pertama-tama didihkan susu kedelai kemudian tambahkan agar-agar, gula dan garam lalu sisihkan. Lalu rebus gula merah dengan gula pasir, jahe, kayu manis, cengkeh dan garam hingga larut kemudian saring. Setelah itu sajikan tahu yang sudah mengental di dalam mangkok atau gelas lalu siram dengan kuah jahe di atasnya. Sudah deh, wedang tahu yang nikmat siap disajikan dan menghangatkan badanmu.

4. Tahu Gejrot


Tahu Gejrot
Youtube/Mama Adeeva

Olahan tahu berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah tahu gejrot, camilan khas dari Cirebon. Bahan yang dibutuhkan antara lain 10 buah tahu, 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan asam Jawa, 3 sendok makan gula merah, setengah gelas air dan minyak secukupnya. Adapun bumbu halus yang dibutuhkan adalah 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, cabai rawit 9 buah serta garam secukupnya.

Untuk membuatnya pertama siapkan gula merah, kecap manis, kecap asin dan asam Jawa lalu rebus dengan air. Kemudian haluskan bumbu halus dan siram dengan minyak panas. Lalu potong tahu dengan ukuran kecil dan campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan lalu aduk hingga rata. Terakhir, siram air rebusan ke atas tahu tersebut dan tahu gejrot pun siap disajikan.

5. Steak Tahu


Steak Tahu
YouTube/Bumbu Bamboe

Steak daging sudah biasa, tapi apa kamu pernah memakan steak tahu? Kalau belum, coba buat sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan antara lain 150 gram tahu, 1 sendok teh jinten, seperempat sendok teh lada, 1 sendok teh cabai bubuk, seperempat sendok teh bawang putih, seperempat sendok teh garam, 2 sendok makan minyak, 1 sendok teh kecap hoisin dan asin, 1 seledri serta 1 sendok teh daun bawang.

Pertama-tama ulek jinten hingga halus lalu campur dengan garam, lada, cabai dan bawang putih bubuk. Setelah itu campurkan kecap asin, kecap hoisin dan minyak. Lalu oleskan campuran jinten ke tahu hingga rata. Panaskan wajan yang sudah diberi minyak lalu masak tahu. Selagi tahu dimasak, oleskan campuran kecap ke tofu menggunakan kuas. Kemudian masak masing-masing sisi hingga kecokelatan lalu taburi dengan seledri dan daun bawang. Steak tahu buatan sendiri siap dinikmati.

6. Rolade Tahu


Rolade Tahu

Rolade tahu adalah makanan olahan tahu lainnya yang mudah dibuat sendiri di rumah. Berbeda dengan rolade biasa, pinggiran rolade ini terbuat dari tahu basah yang sudah dibumbui. Bahan yang dibutuhkan antara lain 1 buah tahu, 300 gram daging ayam giling, 2 batang seledri, 1 butir telur, 75 gram tepung roti kasar, 1 bungkus penyedap rasa, 1 buah wortel rebus serta 8 buah buncis rebus.

Untuk membuatnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencincang seledri. Setelah itu haluskan tahu, tambahkan daging ayam, seledri, telur, tepung roti dan kaldu bubuk rasa ayam lalu aduk hingga rata. Kemudian siapkan aluminium foil, tuang dan pipihkan adonan. Isi dengan wortel dan buncis rebus lalu gulung dan padatkan. Lalu kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Terakhir dinginkan lalu angkat dan potong-potong sebelum disajikan.

7. Tahu Bakso


Tahu Bakso
YouTube/Resep Masakan Enak

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tahu bakso. Sesuai dengan namanya, bagian luarnya tahu sedangkan bagian dalamnya berisi bakso. Daripada beli di luar, sebaiknya kamu membuatnya sendiri di rumah sekaligus untuk melatih keterampilanmu dalam memasak.

Bahan yang dibutuhkan antara lain 25-30 tahu goreng lalu iris bagian tengahnya hingga membentuk kantung, 300 gram daging sapi giling, 300 gram daging ayam giling, 200 gram tepung sagu, 2 butir telur dan 1 batang daun bawang yang dicincang halus. Bahan bumbunya antara lain 8 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 setengah sendok teh merica butiran, 1 setengah sendok teh kaldu bubuk dan setengah sendok makan garam.

Untuk membuatnya, pertama masukkan daging sapi, daging ayam, daun bawang dan bumbu halus ke dalam mangkuk. Setelah itu uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata dan masukkan telur, lalu uleni sampai rata dan tambahkan tepung sagu. Aduk lagi dengan tangan sampai halus. Kemudian masukkan satu sendok makan adonan bakso ke tengah tahu yang sudah diiris hingga padat. Siapkan panci yang berisi air, garam dan irisan bawang putih lalu rebus tahu hingga matang. Terakhir, angkat tahu dengan saringan dan tahu bakso pun siap dihidangkan.

Demikian tujuh makanan olahan tahu yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui ide camilan yang bisa kalian buat sendiri selama karantina mandiri. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan minuman ala kafe yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel