Jangan Sampai Melewatkannya, Ikuti 7 Tips Ini Untuk Mengatasi Malas Bangun Sahur!
Lifestyle

Di bulan puasa, siklus tidur kalian berubah karena kalian akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Maka dari itu, banyak orang yang akhirnya malas sahur karena mengantuk dan melewatkannya.

WowKeren - Selain menahan hawa nafsu, berpuasa juga merupakan tantangan bagi orang yang mudah mengantuk. Tak jarang saat siang hari kalian akan dilanda ngantuk yang besar, belum lagi saat sahur di pagi buta.

Di bulan puasa, siklus tidur kalian berubah karena kalian akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang rata-rata 40 menit. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement).

Maka dari itu, banyak orang yang akhirnya malas sahur karena mengantuk dan melewatkannya. Padahal sahur adalah salah satu kunci penting berpuasa. Bagaimana caranya menghindari rasa malas saat bangun sahur di pagi hari? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips-nya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bulatkan Niat


Bulatkan Niat

Hal yang pertama yang harus kalian siapkan adalah niat. Tanamkan pikiran bahwa kalian harus bangun dini hari untuk sahur. Tanamkan juga dalam diri kalian bahwa sahur memiliki banyak manfaat baik untuk kegiatan puasa kalian atau untuk kesehatan.

Para dokter pun telah mengonfirmasi kalau sahur lebih penting daripada makan saat berbuka puasa, karena sahur membantu semua orang untuk menjalankan puasa dengan lancar. Niat akan sangat membantu kalian untuk bangun sahur.

2. Tidur Lebih Awal


Tidur Lebih Awal

Memang kebanyakan orang sudah merencanakan untuk melakukan tidur lebih awal, tetapi kenyataannya hal tersebut sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan seseorang baru akan selesai salat tarawih sekitar jam 9. Setelah itu, mereka akan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tertunda karena hal tersebut.

Walau begitu, agar ibadah puasa kamu tidak terganggu, cobalah untuk berusaha tidur paling telat pada jam 10 malam, supaya dapat bangun untuk sahur. Hal tersebut dapat berhasil, karena tubuh akan merasa cukup tidur hingga waktunya sahur.

3. Jangan Minum Kafein Sebelum Tidur


Jangan Minum Kafein Sebelum Tidur

Cara lainnya agar dapat bangun ketika sahur adalah dengan menghindari minum minuman berkafein di malam sebelumnya. Banyak orang minum teh atau kopi pada malam hari di bulan Ramadan namun hal itu dapat membuat kalian terjaga.

Cobalah untuk meminum kopi ketika sahur saja, sehingga tubuh kalian siap untuk beraktivitas. Selain itu, jika kamu mempunyai alat pembuat kopi, coba atur pada jam sahur agar dapat membantu kalian untuk bangun jika ada aroma kopi yang melayang di udara.

4. Letakkan Alarm Jauh Dari Jangkauan


Letakkan Alarm Jauh Dari Jangkauan

Sebuah survei yang dilakukan Bank of America menyebutkan jika kebanyakan orang tidur dengan smartphone berada di samping. Sayangnya jika kalian memiliki kebiasaan tersebut dan menggunakan ponsel sebagai alarm, maka kalian pun semakin mudah memencet tombol snooze atau mematikan alarm sepenuhnya.

Berbeda jika kalian menaruhnya di seberang tempat tidur atau di atas lemari. Hal ini membuat kalian mau tidak mau akan bangun dan berjalan untuk mematikannya. Menggerakkan tubuh dan bangun dari tempat tidur menolong tubuh memulai transisi dari tidur menjadi bangun.

5. Jangan Main Gadget Sebelum Tidur


Jangan Main Gadget Sebelum Tidur

Kalian pasti menyempatkan diri untuk bermain gadget sebelum tidur kan? Baik untuk mengecek media sosial, menonton serial menarik, atau bahkan mengecek file pekerjaan. Namun hal itu ternyata membuat kalian terjaga lebih lama dan akan menimbulkan ngantuk saat akan bangun sahur nanti.

Kalian lebih sensitif terhadap cahaya artifisial seperti cahaya yang dihasilkan layar komputer, televisi, atau smartphone. Terlalu banyak terpapar cahaya tersebut mencegah otak memproduksi hormon melatonin sehingga kamu tidak mengantuk. Akibatnya kalian jadi tidur larut dan susah bangun sahur.

6. Siapkan Makanan Favorit Untuk Sahur


Siapkan Makanan Favorit Untuk Sahur

Salah satu cara yang cukup efektif agar tidak malas bangun sahur adalah menyiapkan makanan favorit untuk sahur. Kalian bisa menyiapkan saat sehabis terawih sehingga saat sahur, kalian tinggal memanaskannya.

Pikirkan betapa enaknya makanan tersebut sebelum tidur sehingga kalian tidak sabar untuk segera bangun. Memikirkan hal-hal menyenangkan yang akan dilakukan setelah bangun membuat kalian bersemangat untuk segera bangun.

7. Olah raga Teratur


Olah raga Teratur

Berolahraga sangat penting, karena hal tersebut adalah salah satu cara terbaik bagi tubuh untuk bernapas dengan cara yang benar. Bahkan, berjalan cepat jika dilakukan secara konsisten, dapat memberi kamu dorongan energi dan membuat tidur menjadi lebih tenang.

Berolahraga yang baik dilakukan sebelum berbuka puasa, atau sekitar jam 10 malam. Jika tidur lebih tenang dan nyenyak, kalian tidak akan merasakan kelelahan atau malas saat sahur nantinya.

Intip juga yuk beberapa rekomendasi minuman hangat ini pas diminum untuk sahur dalam artikel berikut ini. Simak juga beberapa tips agar enggak gampang lapar selama puasa dalam artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait