Tetap Bertenaga Seharian, Lakukan 8 Tips Ini Biar Enggak Gampang Lapar Saat Puasa
SerbaSerbi

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tak mudah lapar saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Salah satu tantangan terberat saat menjalankan ibadah puasa adalah menahan lapar dan dahaga seharian penuh. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa puasa, tentu akan merasa kesulitan karena tidak makan dan minum seharian. Terutama jika orang tersebut biasa ngemil dan makan di jam-jam tertentu, namun kebiasaannya harus diubah selama berpuasa.

Jika kamu sering gagal melawan rasa lapar saat berpuasa, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan biar tidak mudah lapar saat sedang berpuasa. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Perbanyak Baca Buku tentang Keutamaan Puasa


Perbanyak Baca Buku tentang Keutamaan Puasa

Kita cenderung termotivasi untuk melakukan sesuatu jika mengetahui manfaatnya. Karena itulah kita perlu mencari tahu tentang keutamaan puasa melalui buku maupun internet agar lebih semangat menjalaninya. Meskipun terasa sulit, faktanya puasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Di antaranya adalah puasa dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengeluarkan racun dalam tubuh, memperkuat sistem imun, meningkatkan kesehatan mental dan masih banyak lagi. Dari segi agama, puasa juga bisa mendatangkan banyak pahala bagi kita. Dengan memahami manfaat puasa, rasa ikhlas dalam diri kita akan muncul secara perlahan sehingga puasa kita bisa berjalan dengan lebih lancar.

2. Jangan Makan Bubur dan Mi Instan Saat Sahur


Jangan Makan Bubur dan Mi Instan Saat Sahur

Saat sahur sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein. Karena itu hindari makan makanan lembek seperti bubur dan mi instan. Kedua makanan ini memiliki kandungan glikemik yang tinggi sehingga bisa membuat kamu mudah lapar.

Sedangkan mi instan mengandung zat perasa MSG yang tajam dan kurang baik dikonsumsi saat sahur. Dengan begitu, kamu akan mudah haus karena makanan ini bisa membuat tenggorokan kering. Sebagai gantinya, sebaiknya konsumsi buah, sayur serta sumber protein yang bisa membuatmu kenyang lebih lama.

3. Ganti Konsumsi Nasi dengan Ubi Saat Sahur


Ganti Konsumsi Nasi dengan Ubi Saat Sahur

Nasi yang berasal dari padi memang mengandung energi yang tinggi namun seratnya kurang. Menurut para ahli gizi, umbi-umbian lebih sehat daripada nasi karena memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Selain itu, nasi putih juga memiliki kandungan glikemik yang rendah sehingga membuat perut lebih cepat lapar. Karena itu, tak ada salahnya untuk mengganti nasi dengan ubi saat makan sahur.

Selain itu, usahakan untuk mengkonsumsi madu saat makan sahur. Selain mengandung gula hingga 70-80 persen, madu juga kaya akan air, protein dan mineral. Saat sahur kamu bisa makan dua sendok makan madu dan tiga butir kurma. Dengan begitu, tubuhmu akan lebih kuat saat menjalani puasa dan tidak mudah lapar di siang hari.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan dan Konsumsi Yoghurt


Cukupi Kebutuhan Cairan dan Konsumsi Yoghurt

Agar tubuh selalu bertenaga dan tidak mudah lapar saat berpuasa, sebaiknya kita selalu mencukupi kebutuhan cairan harian. Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Kamu bisa menerapkan pola 2-4-2, yakni dua gelas air saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

Selain itu, ada baiknya untuk mengkonsumsi yoghurt setelah makan sahur. Dalam satu porsi yoghurt terdapat kalori, lemak dan protein yang bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menahan lapar saat berpuasa sehari penuh.

5. Isi Waktu Luang dengan Melakukan Hobi dan Kegiatan Produktif


Isi Waktu Luang dengan Melakukan Hobi dan Kegiatan Produktif

Jika kamu memiliki waktu luang saat sedang berpuasa, tak ada salahnya untuk melakukan hobi agar rasa lapar bisa terlupakan. Lakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai, misalnya menjahit, bermain alat musik, menggambar, membaca buku dan sebagainya. Selain mengalihkan dari rasa lapar, melakukan kegiatan yang menyenangkan juga bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani puasa.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang lebih produktif. Misalnya memanfaatkan waktu luang di siang hari dengan menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah dan sebagainya. Dengan begitu waktu akan cepat berlalu dan kamu bisa lupa kalau perut sedang keroncongan.

6. Tidur Siang Sejenak


Tidur Siang Sejenak

Tips menahan lapar selama puasa berikutnya adalah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Usahakan untuk selalu menyisihkan waktu untuk tidur siang ya karena sejumlah manfaat akan kamu dapatkan. Di antaranya adalah mendapat pahala, fisik tak mudah lelah karena aktivitas terbatasi hingga hilangnya rasa lapar.

Selain itu, tidur siang juga diperlukan untuk mengganti kebutuhan tidur kita yang kurang karena waktu yang tersita oleh ibadah malam dan sahur. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan seharian loh ya. Tetap beri porsi yang seimbang untuk waktu tidur dan kegiatan yang produktif lainnya.

7. Jalan-Jalan di Sore Hari


Jalan-Jalan di Sore Hari

Puasa bukan halangan bagi tubuh untuk tetap berolahraga. Jangan bermalas-malasan dan sempatkan waktu olahraga selama 30 menit, 3-5 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan di sore hari menjelang buka puasa. Takut bakal makin lapar saat olahraga di sore hari? Tenang, sebab jalan-jalan saat sore bisa meningkatkan efek membakar lemak dan mengalihkan rasa laparmu.

Olahraga ringan di sore hari penting dilakukan agar saat berbuka kita bisa memulihkan tenaga dengan asupan makanan dan cairan yang cukup. Tapi ingat, jangan berolahraga di siang hari karena tubuh berisiko mengalami dehidrasi yang bisa membuatmu semakin haus dan lapar.

8. Jangan Ngemil Berlebihan di Malam Hari


Jangan Ngemil Berlebihan di Malam Hari

Apa kamu suka makan berlebihan saat berbuka puasa? Kalau iya, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut, apalagi jika kamu terlalu banyak ngemil di malam hari. Saat kamu makan berlebihan, energi akan terkonsentrasi ke lambung yang bisa membuatmu cepat lapar. Karena itulah usahakan untuk selalu makan dalam porsi yang wajar dan berjeda saat malam. Dengan begitu kamu tidak mudah lapar di siang hari.

Demikian delapan tips agar tak mudah lapar selama menjalankan ibadah puasa yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan berkuah yang bisa mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa aplikasi Al-Qur'an yang bisa diunduh secara gratis untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait