Mudah Banget Dilakukan, Simak 8 Tips Ini Agar Puasa Kalian Tetap Lancar Meski Sedang Flu dan Batuk
Health

Berpuasa saat flu dan batuk memiliki tantangan tersendiri. Meski demikian, sebaiknya jangan buru-buru menyerah dan membatalkan puasa. Lebih baik simak beberapa tips berikut ini agar puasamu berjalan dengan lancar meski sedang flu dan batuk.

WowKeren - Ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar jika kesehatan kita dalam kondisi baik. Namun, tidak sedikit orang yang berpuasa dalam keadaan sakit, di antaranya adalah sakit flu dan batuk. Masalah kesehatan satu ini memang sering disepelekan karena bisa sembuh seiring dengan berjalannya waktu.

Namun saat mengalami flu dan batuk, badan akan terasa lemas, kepala pusing, tidur tak nyenyak, makan pun tak enak. Apalagi jika disertai dengan pilek, kita pasti akan kesulitan bernafas. Kondisi ini akan semakin parah jika kita terus menerus batuk karena tenggorokan akan terasa kering dan tentunya kita ingin terus minum air putih untuk meringankan gejalanya.

Apakah kamu sedang mengalami masalah kesehatan satu ini? Jika iya, sebaiknya simak artikel berikut ini, sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips agar kita bisa berpuasa dengan lancar saat flu dan batu. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Minum Cukup Air Putih


Minum Cukup Air Putih

Saat kita mengalami flu dan batuk, salah satu cara untuk meringankan gejalanya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Meminum banyak air putih dapat melonggarkan lendir serta mengurangi risiko terjadinya dehidrasi yang bisa membuat tubuh mudah drop.

Guna mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, usahakan untuk meminum minimal delapan gelas air putih setiap harinya. Kamu bisa menerapkan pola 2-4-2, yakni 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Selain itu, usahakan pula untuk meminum air putih hangat karena lebih nyaman dan sehat untuk tubuh.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi


Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Menjaga pola makan juga penting diperhatikan, terutama ketika kita berpuasa saat tubuh mengalami flu dan batuk. Konsumsilah berbagai makanan yang bisa membantumu lebih cepat sembuh dari flu dan batuk. Di antaranya adalah buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C dan mineral, seperti jeruk, mangga, kiwi dan pepaya.

Selain itu, konsumsi pula makanan yang kaya akan protein dan kalori karena dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Di antara beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat tubuh sakit adalah oatmeal, madu, jahe, sereal, fruit smoothies, kacang- kacangan, sup ayam serta baked and mashed potato.

3. Jangan Lupa Minum Obat


Jangan Lupa Minum Obat

Untuk mempercepat penyembuhan flu dan batuk, sebaiknya jangan pernah lewatkan untuk meminum obat. Selain untuk mempercepat penyembuhan, mengkonsumsi obat yang tepat juga akan mencegah kondisi kamu memburuk.

Jika konsumsi obat seharusnya tiga kali sehari, artinya setiap delapan jam sekali kamu harus meminumnya. Tapi saat berpuasa, obat yang berfungsi untuk menghilangkan gejala demam, nyeri dan sakit kepala bisa dikonsumsi dua kali sehari saja, yakni saat buka dan sahur. Jika obat yang kamu konsumsi bersifat kausatif seperti antibiotik, sebaiknya minta dokter untuk menggantinya dengan antibiotik yang bisa diminum dua kali sehari.

4. Hindari Makan Gorengan


Hindari Makan Gorengan

Salah satu camilan favorit banyak orang di bulan Ramadan adalah gorengan. Makanan satu ini memang cukup nagih, karena rasanya yang lezat dan gurih. Tapi jika kamu sedang flu dan batuk, sebaiknya hindari dulu memakan gorengan di waktu buka maupun sahur. Hal ini dikarenakan gorengan memicu produksi lendir berlebih di tenggorokan. Selain itu, makan gorengan juga bisa membuatmu terserang radang tenggorokan yang bisa memperparah gejala flu dan batuk.

Selain gorengan, hindari juga makanan yang bisa merangsang tenggorokan seperti makanan yang terlalu pedas, berlemak, terlalu panas, beralkohol maupun rokok. Makanan tersebut dapat memperparah flu karena menyebabkan radang tenggorokan serta membuat badan cepat lelah dan haus. Akibatnya, puasamu akan semakin terganggu.

5. Kendalikan Stres


Kendalikan Stres

Tips berikutnya untuk berpuasa saat flu dan batuk adalah dengan mengendalikan stres. Stres yang dibiarkan terlalu lama akan mempengaruhi kesehatan fisik seseorang sehingga sistem imun tubuhnya akan menurun. Dengan begitu, kamu akan lebih rentan terserang flu dan penyembuhannya akan terhambat.

Sebaliknya jika kita bisa mengendalikan stres dengan baik, tubuh akan jadi lebih santai sehingga kita bisa sembuh lebih cepat. Fokuslah untuk melakukan kegiatan yang tidak terlalu membebani pikiran, hibur diri kamu sebanyak mungkin misal dengan melakukan hobi hingga curhat dengan orang terdekat. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan mood ini saat sahur dan berbuka.

6. Rajin Mencuci Tangan


Rajin Mencuci Tangan

Agar virus flu tidak semakin menyebar saat berpuasa, usahakan untuk rajin mencuci tangan. Tangan sendiri adalah bagian tubuh yang sering menjadi sarang virus, kuman maupun bakteri untuk berkembang biak. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang secara tidak sadar telah memegang berbagai benda yang terpapar virus, kuman dan bakteri.

Terlebih di tengah Pandemi Corona seperti saat ini, mencuci tangan merupakan cara penting untuk menekan penyebaran virus ini. Pastikan kamu rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir setelah bersentuhan dengan benda-benda di tempat umum atau setelah berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus Corona sekaligus mengurangi risiko tertular flu saat berpuasa.

7. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang Cukup

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, tips yang tak kalah penting berikutnya adalah mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Umumnya, kita sulit memiliki waktu tidur yang ideal selama 7-8 jam di bulan Ramadan, karena waktu tidur akan terpotong oleh rutinitas ibadah sampai larut dan makan sahur pada waktu dini hari. Meski demikian, usahakan untuk tidur dengan cukup karena waktu istirahat adalah hal yang krusial.

Usahakan untuk mulai tidur pukul 9 malam setelah melaksanakan salat tarawih dan melakukan ibadah sunnah lainnya. Setelah itu, bangun pukul 3 pagi untuk makan sahur. Jika memungkinkan, usahakan untuk tidur siang selama 30 menit sampai 1 jam untuk mengganti waktu tidur yang kurang. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih baik karena sistem kekebalan tubuh meningkat dan penyakit flu yang kamu derita akan membaik.

Demikian tujuh tips berpuasa saat flu dan batuk yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips tetap bugar selama berpuasa agar tubuh tidak mudah lemas. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama berpuasa di tengah wabah Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru