Usai Hentikan Pendanaan, Trump Tegaskan AS Resmi Akhiri Hubungan dengan WHO
Dunia

Hal ini disampaikan langsung oleh Trump dalam pernyataannya di depan media. Presiden Amerika Serikat itu menganggap WHO gagal mengatasi penyebaran virus corona (COVID-19).

WowKeren - Presiden Donald Trump menegaskan bahwa Amerika Serikat memutuskan hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal itu karena ia menganggap WHO gagal mengatasi penyebaran virus corona (COVID-19).

Hal ini disampaikan langsung oleh Trump dalam pernyataannya di depan media pada Jumat (29/5) waktu setempat. Dilansir dari CNN pada Sabtu (30/5), Presiden berusia 73 tahun tersebut memulai pernyataan dengan menyinggung penghentian pendanaan terhadap WHO yang ia putuskan pada bulan lalu.

Trump menyebut keputusan itu diambil karena menilai ada kesalahan manajemen dalam mengendalikan pandemi global oleh WHO. Presiden kontroversial tersebut juga sempat menuding WHO yang kini menjadi "boneka" Tiongkok dan menyebut penghentian pendanaan bisa menjadi permanen kecuali lembaga itu bisa membuat "perbaikan yang substansif".

"Karena mereka telah gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kami hari ini akan mengakhiri hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia," kata Trump.


Trump juga menyebut Amerika Serikat akan mengalokasikan dana tersebut untuk kebutuhan kesehatan publik global lainnya yang layak dan mendesak. "Dunia butuh jawaban dari Tiongkok soal virus. Kita harus transparan," singgung Trump.

Beijing sebelumnya sudah membantah dengan keras tudingan Amerika Serikat tersebut dan menyebut Washington telah meremehkan ancaman pandemi itu sendiri kala pertama kali muncul di Wuhan, akhir 2019. Tiongkok juga menyebut Amerika Serikat sedang mencoba melalaikan tanggung jawabnya kepada WHO dan menyalahkan Beijing atas respons lambat dalam penanganan virus corona di negaranya sendiri.

Sementara itu, Amerika Serikat diketahui merupakan penyumbang dana terbesar kepada WHO, sekitar setidaknya USD 400 juta pada tahun lalu.

Pada pekan lalu, Badan PBB tersebut meluncurkan program pendanaan mandiri mereka untuk donasi secara privat. Organisasi itu berharap program itu akan memberikan kendali yang lebih besar untuk WHO mengarahkan donasi para filantropi ke masalah publik yang mendesak, seperti krisis COVID-19.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru