Trump Jadi Satu-Satunya Orang yang Langgar Protokol Kesehatan Saat Rayakan Pesta Kemerdekaan AS
Getty Images
Dunia

Saat semua staf hingga tamu menaati protokol kesehatan, Trump justru terlihat tidak mengenakan masker dan tak segan berjabat tangan dengan banyak orang tanpa mengenakan sarung tangan.

WowKeren - Presiden AS Donald Trump menjadi satu-satunya orang yang mengabaikan protokol kesehatan dalam acara perayaan kemerdekaan AS di Gedung Putih pada 4 Juli lalu. Seperti yang diketahui, Gedung Putih selalu menggelar acara tahunan untuk memperingati kemerdekaan Amerika Serikat.

Aktivitas para staf Gedung Putih, mulai dari koki, pelayan, perlahan terlihat berlangsung normal demi pesta meriah yang digelar di tengah pandemi. Namun, pesta dipersiapkan dengan tetap memperhatikan aturan jaga jarak. Jika biasanya satu meja akan ditempati 8-10 orang, kali ini staf hanya menyiapkan empat kursi untuk satu meja.

Jika biasanya pelayan hanya mengenakan sarung tangan putih untuk acara formal, kini mereka wajib mengenakan sarung tangan karet dan masker wajah yang direkomendasikan Pusat Kontrol Penyakit dan Infeksi AS (CDC).

Bahkan salah satu pejabat Gedung Putih mengatakan sarung tangan karet dan masker akan secara rutin diganti sepanjang pesta. Hal itu dilakukan demi mencegah Presiden Donald Trump terinfeksi virus corona.


Trump menjadi satu-satunya orang yang melalaikan aturan kesehatan tersebut. Presiden berusia 74 tahun itu terlihat tidak mengenakan masker dan tak segan berjabat tangan dengan tamu tanpa mengenakan sarung tangan.

Tamu yang akan meramaikan pesta 4 Juli di Gedung Putih bersama Trump ialah orang-orang yang amat terdampak pandemi COVID-19, mulai dari para pekerja di garis terdepan beserta keluarga mereka.

Wakil Sekretaris Media Judd Deere mengatakan para penegak hukum, dokter, perawat, serta anggota militer dan keluarga mereka juga akan menjadi tamu pesta 4 Juli. Para tamu juga akan diberikan masker, tisu, serta pembersih tangan masing-masing yang dimasukkan ke dalam sebuah kantong.

"Seperti yang dikatakan Presiden Trump, perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini akan berbeda dari 2019 demi memastikan kesehatan dan keselamatan semua tamu yang hadir," kata Deere seperti dilansir dari CNN.

Trump sendiri memang kerap nampak tak menggunakan masker ketika tampil di depan umum. Terkait sikap Trump ini, Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar hanya terus mengulangi penjelasan Gedung Putih bahwa sang Presiden diuji setiap hari. Selain itu, ia menyebut Trump punya posisi unik sebagai pemimpin dunia.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait