Biar Tetap Aman dan Seru, Lakukan 7 Tips Ini Saat Pergi Camping di Era New Normal
Pixabay
Travel

Bagi kalian yang ingin camping di era new normal sebaiknya perhatikan artikel ini. Sebab WowKeren akan menghadirkan beberapa tips aman camping agar terhindar dari virus Corona. Penasaran apa saja itu?

WowKeren - Era new normal atau kenormalan baru disambut antusias oleh masyarakat sejak diterapkan beberapa waktu yang lalu. Pasalnya masyarakat dapat kembali beraktivitas secara bebas di berbagai ruang publik setelah dibatasi selama beberapa bulan terakhir. Meski demikian, mereka tetap harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar terhindar dari virus Corona.

Momen ini juga bisa menjadi kesempatan baik untuk kalian yang ingin menyegarkan pikiran di luar rumah. Salah satu kegiatan yang bisa kalian lakukan adalah camping atau berkemah. Kegiatan ini dapat dijadikan ajang rekreasi untuk beristirahat dari penatnya rutinitas harian. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga maupun orang terdekat.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips aman camping di era new normal agar terhindar dari virus Corona. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Lokasi yang Aman dan Sepi


Pilih Lokasi yang Aman dan Sepi
Pixabay

Tips pertama yang harus kalian lakukan berkaitan dengan pemilihan lokasi camping. Selama kasus positif COVID-19 belum menunjukkan penurunan yang berarti, sebaiknya pilih destinasi yang tidak begitu terdampak atau zona hijau. Bila perlu, sebaiknya pilih destinasi yang masih cukup sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Jangan sampai kamu datang ke tempat perkemahan yang ramai pengunjung karena dapat meningkatkan risiko penularan virus Corona. Selain itu, pastikan untuk memahami peraturan new normal di lokasi tujuan karena aturan tersebut tidak diberlakukan secara serentak untuk seluruh daerah di Indonesia.

2. Pergi dengan Keluarga atau Orang Terdekat dan Disiplin Jaga Jarak


Pergi dengan Keluarga atau Orang Terdekat dan Disiplin Jaga Jarak
Pixabay

Biasanya camping akan terasa lebih asyik jika dilakukan dengan banyak orang. Namun di tengah pandemi virus Corona, kita tidak dianjurkan untuk membentuk kerumunan apalagi dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, jika ingin berkemah sebaiknya pergilah dengan keluarga atau orang terdekat saja.

Meski demikian, kamu harus tetap menerapkan social distancing ya. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan teman camping minimal sejauh satu meter karena saat ini ada banyak orang yang terinfeksi virus Corona namun tidak menunjukkan gejala apapun alias terlihat sehat.

3. Tetap Menggunakan Masker


Tetap Menggunakan Masker
Pixabay

Selama pandemi virus Corona, menggunakan masker merupakan hal yang wajib dilakukan setiap beraktivitas di luar rumah termasuk ketika pergi berkemah. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Selain masker, gunakan juga beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Agar perlindungan kalian semakin lengkap, sebaiknya gunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain saat sedang berkemah. Dengan begitu, kalian bisa meminimalisir penyebaran virus asal Wuhan tersebut dengan lebih baik.

4. Bawa Selalu Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Masker Cadangan


Bawa Selalu Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Masker Cadangan
dhakatribune.com

Ada beberapa barang yang harus selalu kamu bawa saat beraktivitas di luar rumah untuk melindungi diri dari virus Corona. Pertama adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda. Kedua adalah masker cadangan yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu saat camping.

Barang berikutnya yang tak kalah penting untuk dibawa saat camping adalah tisu basah, tisu kering, sabun cair dan cairan disinfektan travel size. Jika menemukan sumber air di tempat umum, kamu bisa langsung mencuci tanganmu selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun yang kamu bawa. Sedangkan cairan disinfektan juga dapat digunakan untuk membersihkan barang yang sering kamu sentuh saat sedang berkemah.

5. Bawa Makanan Sehat dan Selalu Jaga Kebersihannya


Bawa Makanan Sehat dan Selalu Jaga Kebersihannya
Pixabay

Camping identik dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah, namun ada juga yang memilih untuk memasak di lokasi agar terasa lebih seru. Kamu bebas mengambil opsi yang mana, tapi pastikan makanan yang kamu bawa selalu mencakup gizi seimbang. Usahakan juga untuk meletakkannya dalam wadah yang bersih dan jauhkan dari benda asing di lokasi camping agar tetap terjaga kebersihannya.

Jika kamu ingin memasak di lokasi camping, usahakan untuk membawa logistik yang mudah dan praktis diolah. Misalnya roti tawar, selada, daging ham dan keju yang dapat diolah menjadi sandwich. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buah-buahan dan air putih yang cukup untuk menjaga staminamu selama camping. Dengan begitu, sistem imun tubuh akan senantiasa terjaga dan kamu lebih kebal terhadap virus Corona.

6. Jangan Menyentuh Sembarang Benda


Jangan Menyentuh Sembarang Benda
Pixabay

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah tidak menyentuh sembarang benda selama pergi berkemah. Hal ini dikarenakan virus Corona dapat bertahan di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang ditempeli virus tersebut.

Meski terkadang kita memiliki kecenderungan untuk memegang berbagai benda yang ada di lokasi perkemahan, sebaiknya cegah dulu keinginan tersebut. Jika kamu benar-benar harus menyentuh benda tertentu, usahakan untuk menggunakan tisu kering sebagai media perantara dan segera bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer atau air mengalir dan sabun.

7. Jaga Kebersihan Area Camping


Jaga Kebersihan Area Camping
Pixabay

Selain menjaga kebersihan diri sendiri, kita juga harus menjaga kebersihan area camping. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan orang lain yang akan berkemah di area tersebut di kemudian hari. Pastikan untuk membuang semua sampah yang kalian hasilkan dan jangan tinggalkan benda apapun yang berisiko menyebarkan virus, kuman maupun bakteri.

Demikian tujuh tips aman camping di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menginap di hotel saat new normal. Selain itu, kalian juga bisa menerapkan beberapa tips ini saat menggunakan toilet umum agar terhindar dari virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru