Shinzo Abe Mundur, Partai Penguasa Jepang Gercep Cari Pengganti
Dunia

Partai Demokrat Liberal (LDP) Jepang, akan menggelar pemilihan pada 14 September mendatang untuk mencari pengganti PM sekaligus Ketua Umum, Shinzo Abe yang mengundurkan diri pekan lalu.

WowKeren - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan kesehatan pekan lalu. Partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP), akan menggelar pemilihan pada 14 September mendatang untuk mencari pengganti PM sekaligus Ketua Umum mereka yaitu Shinzo Abe.

Dilansir AFP, pengumuman resmi dari LDP diharapkan akan muncul pada Selasa atau Rabu malam. Namun, keputusan pemungutan suara secara terbatas telah disetujui.

Para kandidat akan diminta untuk mendaftarkan pencalonan mereka pada 8 September, dan setelahnya boleh melakukan kampanye. Menurut laporan, pemilihan di internal LDP adalah untuk menentukan pemimpin partai.

Sedangkan pemilihan untuk menentukan siapa yang akan mengisi posisi perdana menteri akan dilakukan oleh parlemen untuk memilih perdana pada 16 September mendatang. Kandidat dari kelompok oposisi juga diharapkan mencalonkan diri untuk posisi perdana menteri, tetapi sebagian besar pemungutan suara dipandang sebagai formalitas yang akan mendukung pemimpin baru dari partai yang berkuasa.

Pemilihan itu biasanya akan dilakukan oleh anggota parlemen partai yang berkuasa dan anggota LDP secara nasional. Namun, LDP telah memilih format terbatas, dengan hanya mengumpulkan suara anggota parlemen dan tiga perwakilan dari masing-masing 47 prefektur di negara itu.


Keputusan itu lantas menuai beberapa kritik namun pejabat partai mengatakan akan memakan waktu terlalu lama untuk mengatur pemungutan suara yang lebih luas. "Perdana menteri sakit, penyakitnya kambuh lagi. Dia bekerja keras dalam kondisi yang sangat sulit," ujar Ketua Dewan Umum LDP, Shunichi Suzuki, Selasa (1/9).

"Kalau kita menggelar pemilu berskala penuh, itu akan memakan waktu (selama) dua bulan," imbuhnya. "Dengan kesehatan perdana menteri, dua bulan itu sangat lama. Kita tidak bisa (menunggu) selama itu."

Sebelumnya, telah muncul beberapa kandidat yang disebut-sebut akan menggantikan posisi Abe. Seperti Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

Suga yang berusia 71 tahun menduduki jabatan itu selama bertahun-tahun. Dia bertugas mengkoordinasikan kebijakan di antara kementerian dan lembaga, dan juga menjadi juru bicara utama pemerintah.

Suga dianggap sebagai seorang politikus pragmatis tanpa posisi ideologis yang kuat. Dia adalah penasihat dekat Abe yang mendorong perdana menteri untuk kembali mencalonkan diri setelah masa jabatan pertama berakhir pada 2007.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts