Kaya Protein Namun Rendah Lemak, Ini 7 Rekomendasi Makanan Yang Bisa Bantu Bentuk Otot
Kuliner

Selain latihan rutin, diperlukan juga asupan makanan pembentuk otot yang sehat dan ampuh dalam mempercepat prosesnya. Makanan terbaik dalam membentuk masa otot adalah makanan yang mengandung protein tinggi.

WowKeren - Memiliki badan yang fit dan juga bugar tentu jadi impian banyak orang. Salah satu hal yang diyakini sebagai penanda memiliki tubuh antara lain terbentuknya otot. Tak heran jika banyak orang terobsesi melakukan olahraga ke gym untuk membentuk otot di badan mereka.

Namun, berolahraga saja ternyata enggak cukup membentuk otot tersebut. Selain latihan rutin, diperlukan juga asupan makanan pembentuk otot yang sehat dan ampuh dalam mempercepat prosesnya. Makanan terbaik dalam membentuk masa otot adalah makanan yang mengandung protein tinggi.

Namun hal itu tidak juga sepenuhnya benar. Cara terbaik dalam membuat tubuh tetap fit dan bugar adalah dengan mencukupi asupan gizi sehari-sehari, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Berikut tim WowKeren rangkum 8 makanan pembentuk otok yang bisa kalian coba. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Dada Ayam


Dada Ayam

Dada ayam sudah menjadi makanan yang sering kalian dengar untuk membentuk otot. Bukan tanpa alasan karena dada ayam ini tinggi protein namun rendah lemak. Pada setiap 3 ons atau sekitar 85 gram dada ayam mengandung sekitar 26 gram protein berkualitas tinggi yang baik untuk pertumbuhan otot.

Selain itu, dada ayam juga mengandung sejumlah besar vitamin B niacin dan B6, yang sangat penting bagi tubuh. Untuk hasil maksimal, sajikan dada ayam dengan cara direbus dan bukan digoreng. Karena minyak pada ayam yang digoreng akan meningkatkan asupan lemak yang tidak baik bagi tubuh.

2. Telur


Telur

Sama seperti dada ayam, telur merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Protein ini sangat berguna untuk pertumbuhan otot. Namun, telur juga mengandung kolesterol yang ada dalam kuning telurnya. Sebanyak 0,5 gram asam amino leusin dalam telur merupakan sumber energi yang baik bagi otot.

Leusin merupakan asam amino paling penting dalam membantu berbagai fungsi tubuh, termasuk membangun, menjaga, dan memperbaiki serat-serat otot. Konsumsi telur sebagai makanan pembentuk harian cukup dibatasi 1 butir per hari, sesuai dengan panduan diet oleh para ahli nutrisi dan kesehatan ya.

3. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan

Jika kalian ingen camilan namun yang sehat sekaligus membentuk otot, kalian bisa coba nyemil kacang-kacangan. Kacang-kacangan justru dapat bantu membentuk otot tubuh, karena kacang merupakan sumber protein yang juga mengundang antioksidan, vitamin, serat, dan lemak sehat.

Salah satu jenis kacang yang baik dikonsumsi sebagai makanan pembentuk otot adalah kacang almond. Almond mengandung protein, vitamin E, magnesium, dan fosfor. Fosfor dapat membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat serta lemak sebagai energi saat Anda beristirahat maupun berolahraga.

4. Ikan Salmon


Ikan Salmon

Salmon digolongkan sebagai makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot. Setiap porsi ikan salmon dengan ukuran 3 ons atau 85 gram mengandung sekitar 17 gram protein, hampir 2 gram asam lemak omega-3 dan beberapa vitamin B penting.

Lemak salmon yang mengandung asam lemak omega-3, yang jika dikombinasikan dengan olahraga teratur dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif. Tak cuma itu, omega-3 yang ada di dalam salmon juga dapat meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan jantung loh.

5. Greek Yogurt


Greek Yogurt

Otot yang kuat juga tentu memerlukan tulang yang sehat. Untuk itu, selain memenuhi asupan protein, kalian juga harus memenuhi asupan kalsium untuk tulang. Kalsium memainkan peran penting dalam kontraksi dan relaksasi otot agar tidak terjadi kram. Salah satu makanan mengandung kalsium yang bisa jadi pilihan adalah greek yoghurt.

Asupan ini mengandung protein hampir dua kali lipat yoghurt biasa, yang juga baik untuk membantu memperkuat tulang. Untuk hasil yang optimal, pilih jenis greek yoghurt yang plain alias tidak dicampur dengan gula. Jika terlalu asam atau ingin sedikit sensasi manis alami, kalian dapat menambahkan madu atau buah bluberi.

6. Susu Rendah Lemak


Susu Rendah Lemak

Satu lagi minuman yang mengandung protein dan juga kalsium, susu. Namun sebelum minum susu, pastikan kalian pilih susu rendah lemak sebagai salah satu makanan penunjang pembentuk otot. Susu mengandung protein yang berkualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin yang penting, antara lain vitamin D, potasium, dan kalsium.

Saat lelah dan haus setelah berolahraga mengangkat beban, cobalah meminum susu coklat rendah lemak untuk melepas dahaga sekaligus menyerap kebaikan yang terkandung di dalamnya. Alternatif dari susu rendah lemak bisa meliputi yogurt yang juga mengandung probiotik dan baik untuk kesehatan perut dan pencernaan.

7. Daging Sapi Tanpa Lemak


Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak juga termasuk sebagai makanan penambah massa otot. Hal ini karena Setiap 3 ons daging sapi tanpa lemak mengandung 23 gram protein di dalamnya. Di samping itu, daging sapi tanpa lemak juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh.

Zat besi berperan penting dalam transportasi oksigen. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, membuat performa olahraga menurun, dan menyebabkan kekebalan tubuh berkurang. Hampir setiap porsi daging sapi ukuran normal atau sekitar ukuran telapak tangan laki-laki dewasa mengandung setidaknya 2 gram leusin loh.

Intip juga artikel ini yuk untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang baik kalian konsumsi sebelum olahraga. Selain itu kalian bisa melihat beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel