Taylor Swift Pecahkan Rekor Whitney Houston Lewat Album 'Folklore'
Musik

Pencapaian ini diduga karena Taylor Swift menjual lebih banyak salinan CD 'Folklore' yang ditandatangani olehnya. Selain itu, ia juga menjual lebih banyak paket merchandise.

WowKeren - Album terbaru Taylor Swift, "Folklore", kembali menduduki posisi nomor satu di tangga musik Billboard 200 pekan ini, yang juga menjadi pekan ketujuh albumnya menempati posisi tersebut meski tak berturut-turut.

Dengan demikian, capaian pelantun "You Need To Calm Down" tersebut kali ini membuatnya melampaui rekor lama musisi legendaris Whitney Houston sebagai musisi wanita yang menduduki posisi nomor satu di Billboard 200 paling lama secara kumulatif.

Dilansir dari Billboard pada Senin (28/9), pelantun "We Are Never Ever Getting Back Together" tersebut hingga kini telah memiliki 47 pekan di posisi nomor 1, unggul satu dari Whitney Houston yang meraih posisi puncak selama 46 pekan.

Menurut Nielsen Music, "Folklore" memperoleh 87 ribu unit setara album pada pekan ini, naik 97 persen dari pekan sebelumnya. Billboard 200 mencatat penjualan album di Amerika Serikat berdasarkan penghitungan multi-metris yang diwakilkan melalui satuan unit setara-album.


Satuan tersebut berasal dari penjualan murni album, penjualan setara-album berdasarkan lagu secara streaming alias track equivalent albums (TEA), dan penjualan setara-album secara streaming (SEA).

Dari 87 ribu unit yang diperoleh "Folklore" dalam minggu ini, penjualan album fisik mencapai 56 ribu (naik 339 persen), unit SEA terdiri dari 30 ribu (turun 4 persen) atau setara dengan 39,8 juta streaming, dan unit TEA total seribu unit (naik 38 persen).

Peningkatan penjualan album "Folklore" ini diduga karena Taylor Swift menjual lebih banyak salinan CD yang ditandatangani olehnya, lewat situs web resmi dan toko rekaman independen. Selain itu, ia juga menjual lebih banyak paket merchandise.

Selain itu, musisi berusia 30 tahun tersebut juga mendapat keuntungan dari perilisan versi live dari single "Betty", seperti yang ia bawakan di Academy of Country Music Awards, 16 September lalu.

Album "Folklore" dirilis Taylor Swift pada 24 Juli lalu. Bertepatan dengan perilisan album ini, kekasih Joe Alwyn juga melepas lagu berjudul "Cardigan" beserta video musik yang disutradarai oleh dirinya sendiri.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru