Sajikan Isu Bullying Hingga Prostitusi, 10 Drama Korea Ini Angkat Sisi Gelap Dan Kelam Kaum Pelajar
Official JTBC
TV
#dirumahsaja

Drama bertemakan sekolah memang sangat digemari. Apalagi kalau bukan karena kisah cinta para pemainnya. Namun enggak semua drama Korea yang mengangkat tema sekolah menceritakan sisi indah mereka.

WowKeren - Jika kalian mendengar kata drama Korea, kalian pasti akan membayangkan kisah percintaan yang melankolis dan romantis banget. Akan tetapi, enggak selamanya drama Korea seperti itu. Ada juga drakor yang justru menggambarkan kehidupan nyata masyarakat Korea yang bahkan mungkin terkesan gelap.

Drama bertemakan sekolah memang sangat digemari. Apalagi kalau bukan karena kisah cinta para pemainnya yang digambarkan sebagai "kisah cinta murni dan polos". Namun enggak semua drama Korea yang mengangkat tema sekolah menceritakan sisi indah mereka.

Justru ada beberapa drama yang menampilkan sisi gelap yang bisa saja terjadi dalam lingkungan sekolah. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 10 rekomendasi drama Korea yang menggambarkan sisi gelap kehidupan pelajar di Korea. Drama ini akan memberikan kalian pandangan bahwa enggak semua kisah di drama selalu indah dan romantis. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Angry Mom


Angry Mom
Official MBC

Jika membicarakan soal sekolah dan pelajar, kalian enggak bisa memisahkannya dengan kasus bullying. "Angry Mom" menjadi salah satu drama tentang bullying yang bisa kalian tonton. Tak hanya berkisah tentang hiruk-pikuk perundungan di sekolah, drama ini juga menampilkan perjuangan seorang ibu yang rela "masuk" ke sekolah demi menuntut keadilan putrinya yang dirundung.

Berfokus pada kisah Jo Kang Ja (Kim Hee Sun) yang memutuskan untuk masuk ke dalam dunia putrinya di sekolah demi melindungi putrinya, Oh Ah Ran (Kim Yoo Jung). Satu demi satu, Kang Ja harus dihadapkan dengan kenyataan pahit bahwa sekolah yang ditempati putrinya bukanlah sekolah biasa dan memiliki rahasia gelap di baliknya.

2. Class of Lies


Class of Lies
Official OCN

Drama "Class of Lies" memiliki jalan cerita yang cukup rumit jika dibilang drama sekolah biasa. Dibintangi oleh Yoon Kyun Sang yang perperan sebagai Kim Moo Hyeok, drama ini mengisahkan soal pembunuhan yang terjadi di sebuah SMA. Kasus pembunuhan ini membuat karier Moo Hyeok sebagai pengacara papan atas menjadi terpuruk. Hingga dia kehilangan segalanya, mulai dari rumah hingga reputasi.

Ia akhirnya memutuskan untuk menjadi guru magang di SMA itu, untuk mengungkap rahasia yang dimiliki para siswa. Ia menemukan fakta, para siswa di sekolah itu berperilaku layaknya berandalan dan gemar merundung teman-temannya. Tak hanya itu, diskriminasi, bullying, korupsi hingga kecurangan pun satu demi satu mulai terungkap yang membuat Moo Hyeok mau tak mau harus membereskannya.

3. Who Are You: School 2015


Who Are You: School 2015
Official KBS

Jika berbircara soal k-drama yang mengangkat isu bullying, kalian enggak boleh melewatkan drama satu ini. "Who Are You: School 2015" adalah drama remaja tentang dua orang saudara kembar yang terpisah. Go Eun Byul (Kim So Hyun) tinggal bersama ibu kandungnya dan tumbuh menjadi anak yang disukai semua orang. Sedangkan saudaranya Lee Eun Bi, tinggal di panti asuhan dan kerap menjadi korban bullying di sekolah.

Suatu hari Go Eun Byul hilang saat karya wisata sekolah. Lee Eun Bi ternyata adalah korban perundungan sadis oleh temannya dan mencoba bunuh diri dengan terjun ke sungai. Namun ia justru ditemukan selamat dan dikira Go Eun Byul. Lee Eun Bi akhirnya menggantikan posisi saudara kembarnya tanpa diketahui orang-orang. Di sekolah barunya, dia bertemu dengan pembully-nya dulu dan mencoba membalaskan dendam.

4. Extracurricular


Extracurricular
Official Netflix

Berbeda dengan drama sekolah kebanyakan yang mengangkat isu bullying, drama Korea original Netflix ini hadir sebagai drama Korea dengan alur cerita berani, yang menyajikan bagaimana kerasnya pendidikan di Korea Selatan yang kelam. Drama yang digarap oleh Kim Jin Min ini berfokus pada kisah anak SMA yang terlibat dalam berbagai peristiwa yang bertolak belakang dengan moralitas dan nilai kemanusiaan.

Secara garis besar, "Extracurricular" mengisahkan masalah di dunia pendidikan, yaitu masalah uang. Oh Ji Soo (Kim Dong Hee), seorang siswa pandai dan teladan harus terjun ke dunia kriminal demi mencari uang untuk biaya kuliah. Ji Soo pun menggunakan cara cepat untuk mencari uang, yaitu dengan menjadi penyedia layanan untuk bisnis prostitusi ilegal. Drama ini menampilkan banyak sekali kenakalan remaja mulai dari anak baik-baik yang mengelola bisnis ilegal, prostitusi remaja, tawuran, hingga berurusan dengan gangster.

5. Beautiful World


Beautiful World
Official JTBC

Drama yang mengangkat isu bullying selalu menarik untuk diikuti. Selain karena mungkin terjadi di sekitar, perjuangan orangtua korban yang menuntun keadilan juga turut menguras emosi. "Beautiful World" menjadi salah satu drama mengharukan yang juga mengungkap sisi buruk kehidupan sekolah di Korea. Drama ini berfokus pada kehidupan Park Seon Ho (Nam Da Reum), siswa kelas 3 sebuah SMP swasta yang lumayan terkenal.

Dibesarkan di keluarga yang harmonis, selalu patuh dan terlihat bahagia, Seon Ho mengejutkan keluarganya ketika ia ditemukan bersimbah darah terjatuh dari atap sekolah. Saat orangtua Seon Ho melakukan verifikasi, pihak sekolah meyakinkan orangtua bahwa Seon Ho merasa tertekan dengan nilai-nilai sekolahnya. Namun, sedikit demi sedikit terungkap bahwa Seon Ho selama ini menerima perlakuan buruk dari teman-temannya di sekolah.

6. Jungle Fish 2


Jungle Fish 2
Official KBS

Drama ini menceritakan enam sekawan yang berteman sejak SMP. Namun ketika mereka beranjak SMA, Kehidupan mereka berubah drastis. Kehidupan pribadi masing-masing dari mereka mulai berjalan ke arah yang berlainan. Drama ini dimulai dengan kejadian yang sangat mengejutkan, karena salah satu teman tiba-tiba dikabarkan bunuh diri.

Kehidupan mereka di sekolah tiba-tiba berubah dengan drastis. Satu kejadian dan kejadian lain mulai muncul, lima sekawan ini banyak mengahadapi tantangan berat yang umumnya dialami siswa SMA, termasuk kasus bullying. Terus berusaha mencari jalan yang terbaik untuk menjalani hidup mereka seterusnya dan berubah ke arah yang lebih baik dengan cara mereka masing-masing yang unik.

7. SKY Castle


SKY Castle
Official JTBC

Kisah gelap pelajar tentu saja tak terjadi begitu saja. Banyak orang dibaliknya yang turut menjadi penyebabnya, salah satunya orangtua. "SKY Castle" menjadi salah satu drama yang mengungkap bagaimana cara kotor para orangtua untuk menempatkan putra-putri mereka di puncak tertinggi. Bercerita tentang 4 keluarga yang tinggal di kompleks elite bernama SKY Castle yang memikirkan segala cara supaya anaknya bisa masuk ke perguruan tinggi paling bagus di Korea, yakni Universitas Nasional Seoul.

Secara garis besar, drama ini mengangkat isu sistem edukasi di Korea Selatan yang mempertaruhkan segalanya dalam sekali ujian. Para orangtua di kompleks SKY Castle itu melakukan berbagai cara supaya anak-anak mereka dapat memenuhi standar nilai masuk perguruan tinggi yang dituju. Enggak cukup belajar di sekolah, anak-anak mereka juga harus ikut bimbel sepulang sekolah. Bahkan mereka enggak segan mempertaruhkan apapun demi anaknya berhasil berada di puncak.

8. Solomon's Prejury


Solomon's Prejury
Official JTBC

Serial drama tersebut berjudul "Solomon’s Perjury" atau dengan judul lain "The Trial of Solomon". Drama seri ini mengisahkan tentang kasus pembunuhan yang menimpa seorang murid laki-laki di sebuah sekolah saat malam Natal. Meskipun polisi menetapkan sebagai kasus bunuh diri, namun ternyata kasus tersebut murni pembunuhan.

Hal ini bermula ketika seorang siswa mengaku melihat pelajar lain bernama Choi Woo Hyuk (Baek Chu Min) membunuhnya yang para siswa merasa terganggu dan memutuskan untuk membuat pengadilan sendiri di sekolah. Dalam pengadilan tersebut, hakim, jaksa, pengacara, hingga para saksi yang seluruhnya adalah siswa. Satu persatu hal ganjil yang terjadi dalam drama ini mulai menemui titik terang, meskipun tak semuanya berakhir kebahagiaan.

9. How to Buy A Friend


How to Buy A Friend
Official KBS

Drama satu ini cukup unik karena mengusung tema "teman kontrak". "How to Buy a Friend" merupakan adaptasi dari webtoon Daum berjudul "Gyeyakwoojung" atau "Friend Contract". Berkisah tentang seorang murid SMA bernama Park Chan Hong dan teman sekelasnya yaitu Heo Don Hyeok yang kemudian membantunya dari perundungan. Park Chan Hong lalu meminjamkan uangnya pada Don Hyeok untuk membayar sewa. Namun uang tersebut sebenarnya diperlukan untuk biaya pendidikannya.

Semenjak kejadian itu keduanya mengikat satu sama lain dengan kontrak sebagai teman karena saling membutuhkan. Don Hyeok meminta bantuan Chang Hong untuk menguak misteri di balik alasan kekasihnya yang bunuh diri. Don Hyeok pun bersedia menjadi pelindungnya dengan satu syarat. Dalam drama ini puisi digunakan untuk menguak kisah misteri kematian kekasih Don Hyeok yang bunuh diri. Hal inilah yang membuat drama ini menampilkan unsur misteri, ketegangan dan emosi drama remaja.

10. Black Dog


Black Dog
Official tvN

Berbeda dari drama sekolah lain yang mengambil sudut pandang murid, drama "Black Dog" justru menampilkan sisi gelap sekolah dari sudut pandang guru. Go Ha Neul (Seo Hyun Jin) punya kenangan tidak menyenangkan pada masa kecilnya. Musibah terjadi saat kelasnya akan berlibur yang mengakibatkan salah seorang gurunya tewas. Merasa berutang budi, Ha Neul kemudian membulatkan tekadnya untuk menjadi guru. Impiannya terwujud dan ia berhasil mengalahkan 100 kandidat lain untuk menjadi guru SMA Daechi.

Di sekolah tersebut, Ha-neul berstatus guru tidak tetap. Ada risiko dipindah hingga diberhentikan sewaktu-waktu. Hari pertamanya berlangsung tidak mulus. Dia diremehkan siswanya. Cara mengajar Ha Neul juga dibandingkan dengan guru lain. Belum lagi, dia diisukan masuk SMA Daechi lewat "orang dalam". Bersama rekan-rekannya, Ha Neul perlahan menemukan kecurangan guru SMA Daechi. Mereka harus menghadapi kenyataan bahwa dunia pendidikan menyimpan banyak sisi gelap.

You can share this post!

Related Posts