Jangan Dibuang Dulu! Ini 7 Jenis Buah Yang Kulitnya Bisa Dimanfaatkan Untuk Kecantikan
Lifestyle

Ketika kalian memakan buah, sebaiknya jangan dibuang dulu kulitnya. Karena ternyata, kulit buah juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang berguna untuk kecantikan loh.

WowKeren - Bukan rahasia lagi jika buah mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Selain berguna untuk tubuh, buah-buahan yang kaya vitamin juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kalian. Buah-buahan mampu menunjang kecerahan wajah yang bekerja dari dalam tubuh, baik kulit lapisan atas atau bawah.

Selain mampu mencerahkan kulit, mengonsumsi buah juga mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang mengganggu proses pemecahan kolagen. Beberapa buah biasanya dikonsumsi dengan mengupas kulitnya. Namun ketika kalian memakan buah, sebaiknya jangan dibuang dulu kulitnya.

Karena ternyata, kulit buah juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang berguna untuk kecantikan loh. Berikut ini tim WowKeren rangkum 7 buah-buahan yang bisa dimanfaatkan kulitnya untuk kecantikan kulit kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kulit Jeruk


Kulit Jeruk

Jeruk diketahui mengandung vitamin c yang berguna untuk kecantikan kulit. Tak hanya dalam daging buahnya, kulit jeruk juga mengandung banyak manfaat loh. Parutan kulit jeruk yang dicampurkan dengan susu atau yogurt tawar bisa digunakan sebagai masker untuk menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya.

Selain itu, coba juga menambahkan kulit jeruk yang sudah diparut ke dalam air mandi. Air mandi yang sudah dicampur minyak jeruk alami ini bisa menstimulasi kulit. Minyak alami dalam kulit jeruk juga bisa digunakan untuk menjadikan kuku bersinar. Cukup gosok kuku dengan bagian luar kulit jeruk. Kulit jeruk mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk.

2. Kulit Pisang


Kulit Pisang

Kulit pisang bisa kalian manfaatkan untuk scrub alami di rumah. Taburi gula (opsional) di sisi dalam kulit pisang dan gunakan sebagai exfoliator lembut. Gosokkan perlahan ke seluruh wajah dan bilas bersih. Kulit pisang memiliki sifat melembapkan dan juga mengurangi gatal kemerahan dan timbulnya jerawat. Trik alami ini akan cepat menyembuhkan psoriasis dan kalian dapat melihat hasil yang nyata dalam waktu singkat.

Selain itu, kulit pisang juga bisa mengurangi penampilan bekas luka kalian. Gosok lembut lapisan kulit dalam pisang bolak-balik terhadap bekas luka kalian untuk memungkinkan kulit di sekitarnya mengambil dalam vitamin dan nutrisi dari kulitnya. Biarkan kelembapan dari kulit pisang mengering dengan sendirinya ke dalam kulit bekas luka kalian. Basahi kain katun di bawah wastafel dengan air hangat. Seka sisa-sisa kulit buah pisang yang mungkin masih menempel di kulit.

3. Kulit Kentang


Kulit Kentang

Kentang ternyata juga memiliki peran penting untuk bermain dalam perawatan kulit juga. Kentang dianggap sebagai efektif anti-penuaan agen kecantikan, terutama dalam menangkal keriput, bintik-bintik gelap, dan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini berkat kandungan vitamin C-nya.

Tempatkan sisi dalam kulit kentang langsung pada bagian bawah mata selama sekitar sepuluh menit. Alternatif lainnya, oleskan campuran gilingan mentimun dan kulit kentang di wajah, terutama di sekitar mata. Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic sedangkan kentang memiliki pati cair dan catecholase. Kedua bahan aktif ini bekerja dengan baik dalam mencerahkan warna kulit dan mengobati mata bengkak.

4. Kulit Alpukat


Kulit Alpukat

Kandungan asam lemak di dalam buah alpukat ternyata dapat digunakan sebagai pelembap wajah dan rambut. Kulit alpukat mengandung antioksidan serta asam amino yang dapat mengurangi garis halus, keriput, dan tanda penuaan kulit lainnya.

Sebelum tidur, bersihkan terlebih dahulu wajah kalian kemudian gosokkan bagian dalam kulit alpukat yang masih sedikit berdaging ke seluruh wajah. Diamkan kurang lebih dua puluh menit, lalu bilas. Kalian akan dijamin memiliki wajah yang lembap dan bebas kotoran.

5. Kulit Pepaya


Kulit Pepaya

Kulit pepaya ternyata memiliki kandungan vitamin A dan senyawa papain yang tidak kalah dengan daging buahnya loh. Kalian bisa membuat masker wajah dari kulit pepaya yang dihaluskan dan dicampur dengan madu sebagai masker rutin.

Masker dari bahan ini memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit wajah, membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengatasi masalah jerawat. Masker ini juga ampuh menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

6. Kulit Delima


Kulit Delima

Selain bisa mengecilkan pori-pori wajah dan membuat wajah jadi lebih bersinar, kulit delima juga bisa menyeimbangkan pH dan menghilangkan sel-sel kulit mati dengan mudah. Caranya, keringkan kulit delima dan haluskan.

Campurkan kulit delima kering tersebuk dengan dua sendok makan yoghurt dan satu sendok makan perasan lemon. Setelah dicampur sehingga berbentuk pasta, oleskan pada wajah kalian sambil memijatnya dengan lembut dan bilas dengan air dingin.

7. Kulit Buah Naga


Kulit Buah Naga

Manfaat kulit buah naga untuk wajah yang pertama adalah untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Buah naga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kombinasi keduanya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah. Caranya pun mudah, kalian cukup mengambil sedikit potongan kulit buah naga lalu haluskan.

Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Tunggu olesan kulit buah naga sampai kering, kemudian basuhlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat luar biasa teh hijau untuk kecantikan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah kegunaan kentang bagi kecantikan.

You can share this post!

Related Posts