Kontroversi
Dispatch
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier aktris cantik Jun Ji Hyun yang berulang tahun pada Jumat (30/10) kemarin. Tahun ini dia genap berusia 39 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Selama berkarier di industri hiburan Korea Selatan, Jun Ji Hyun tak luput dari berbagai kontroversi. Pada tahun 2014, Jun Ji Hyun bersama Kim Soo Hyun menuai kontroversi usai didapuk sebagai bintang iklan air minum asal Tiongkok. Kontroversi muncul karena penggunaan nama gunung dalam iklan tersebut.

Perusahaan pengiklan, Hongda Bingchuan Company, menyebutkan bahwa sumber mata air yang digunakannya berasal dari gunung Changbai. Nama itu merupakan sebutan orang Tiongkok untuk gunung yang disebut orang Korea dengan "Baekdu". Sedangkan gunung Changbai alias Baekdu itu berada di perbatasan Korea Utara dan Tiongkok.

Penggunaan nama Changbai ini dianggap warga Korea sebagai aksi Tiongkok untuk mengklaim bahwa gunung itu milik mereka. Netter pun menuding Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun lebih membela Tiongkok dibanding negaranya sendiri demi uang.

Berlanjut di tahun 2015, netizen tak terima setelah Jun Ji Hyun menerima penghargaan Korean Popular Culture and Arts Awards untuk kategori President Award dari pemerintah Korsel. Banyak netizen yang menilai jika Jun Ji Hyun tidak memiliki jiwa nasionalis dan membawa-bawa iklan air minum Tiongkok yang dibintanginya.

"Jun Ji Hyun adalah model untuk iklan Changbai Mountain (Jangbaek Mountain) yang bertentangan dengan gunung Baekdu di Korea. Jadi dia tidak pantas menerima President award," komplain netter. "Dia pernah bilang kok kalau dirinya tidak memiliki jiwa nasionalis," imbuh lainnya.

Ada juga netter yang menyindir pengakuan Jun Ji Hyun bahwa dia tak terlalu tertarik dengan sejarah Korea. Hal ini dikaitkan dengan perkataan Jun Ji Hyun saat mempromosikan film "Assassination". "Aku tidak tertarik dengan sejarah. Naskahnya sempurna dan karakterku bagus, jadi aku ingin memainkannya," ujar Jun Ji Hyun kala itu.

Kendati demikian, pihak Korean Popular Culture and Arts Awards 2015 menyatakan bahwa kontroversi tersebut tidak mempengaruhi penilaian. "Peraih President Award diputuskan setelah dua minggu penjurian. Kami tidak mengetahui mengenai kontroversi gunung Jangbaek," jelas jubir. "Tidak ada penolakan saat Jun Ji Hyun dinominasikan. Dia terpilih karena memang memberikan pengaruh besar pada penyebaran Hallyu."

Lima tahun berlalu, 2020 ini Jun Ji Hyun kembali menuai kontroversi baru usai menurunkan biaya sewa gedungnya karena pandemi virus Corona. Seperti halnya selebriti lain, Jun Ji Hyun menuai banyak pujian atas kebaikan hatinya tersebut. Namun sebuah laporan eksklusif dari Sports World telah mengubah opini publik.

Laporan itu mengungkap bahwa Jun Ji Hyun hanya menurunkan sewa sebesar 5 persen di salah satu dari tiga gedung miliknya, bersama dengan dua toko dari bisnis usaha di gedung lain. Diskon ini hanya berlaku untuk bisnis yang dianggap hampir merugi. Laporan anonim lain pada 13 April menyatakan bahwa dua toko tersebut mendapat pengurangan sewa 10 persen sementara dua bisnis lain di gedung itu tidak menerima pengurangan sewa, salah satunya ditutup pada awal Maret.

Ada banyak netizen yang menganggap Jun Ji Hyun telah melakukan media play agar dianggap sebagai pemilik gedung baik hati. Netizen lain menilai jika angka tersebut terlalu kecil jika dibandingkan dengan selebriti lain yang berani memberi diskon sewa gedung hingga 50 persen.

Menanggapi pemberitaan tersebut, agensi Jun Ji Hyun sempat buka suara. "Tidak seperti beberapa laporan yang mengatakan, gedung-gedung tersebut telah dikurangi sewa selama beberapa bulan setelah penyebaran virus Corona. Namun ada kesalahan oleh manajer, dan setelah dikonfirmasi, tempat-tempat diberi diskon sewa. Kami harap ini akan membantu selama masa yang sulit ini," tutur perwakilan agensi Jun Ji Hyun saat itu.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait