Birthday Spotlight: Happy Jun Ji Hyun Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier aktris cantik Jun Ji Hyun yang berulang tahun pada Jumat (30/10) kemarin. Tahun ini dia genap berusia 39 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas tentang riwayat hidup serta perjalanan karier aktris cantik Jun Ji Hyun di industri hiburan Korea Selatan.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Jun Ji Hyun. Wanita cantik ini dikenal sebagai salah satu aktris top negeri ginseng dan telah wara-wiri di sejumlah drama maupun film hits seperti "My Love From the Star", "The Legend of the Blue Sea", "My Sassy Girl, "Assassination" dan masih banyak lagi. Berbagai jenis penghargaan juga telah berhasil ia kantongi sejak memulai kariernya pada tahun 1998 lalu.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Jun Ji Hyun di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini dalam artikel berikut!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Jun Ji Hyun lahir di Seoul dengan nama Wang Ji Hyun pada 30 Oktober 1981. Saat kecil wanita yang memiliki nama Inggris Gianna Jun ini sebenarnya ingin menjadi pramugari, namun dia akhirnya menyerah karena pengalamannya saat menaiki pesawat terbang.

Karena Jun Ji Hyun memiliki tubuh yang tinggi dan ramping sejak belia, ibu dan teman-temannya kemudian mendorongnya untuk menjadi model. Saat berusia 16 tahun, teman Jun Ji Hyun yang juga seorang model memperkenalkannya pada fotografer. Dan pada tahun 1997, Jun Ji Hyun mulai terjun ke dunia hiburan dengan mengawali kariernya sebagai model majalah École.

2. Debut


Debut
SBS

Setahun setelah terjun ke dunia model, Jun Ji Hyun berhasil memulai debutnya sebagai seorang aktris. Dia mengambil peran kecil sebagai Ga Young dalam drama SBS yang berjudul "Fascinate My Heart". Dalam drama ini, Jun Ji Hyun masih terlihat sangat polos dan lugu. Kendati demikian, dia sudah mampu menampilkan akting mumpuni seperti aktris profesional pada umumnya.

Berkat perannya di serial "Fascinate My Heart", setahun kemudian Jun Ji Hyun dipercaya menjadi pemeran pendukung di drama "Happy Together". Dalam drama ini dia beradu akting dengan sejumlah nama populer seperti Lee Byung Hun, Song Seung Heon, Kim Ha Neul hingga Cha Tae Hyun.

Masih di tahun yang sama, Jun Ji Hyun akhirnya didapuk sebagai pemeran utama wanita dalam film "White Valentine". Film yang juga dibintangi oleh Park Shin Yang ini bercerita tentang romansa antara gadis 20 tahun dan pria 30 tahun yang bertemu secara kebetulan.

Meskipun perannya dalam film ini hanya menyedot sedikit perhatian, nama Jun Ji Hyun benar-benar melambung setelah ia membintangi iklan "My Jet Printer" untuk Brand Samsung. Dalam iklan tersebut, Jun Ji Hyun menunjukkan tarian dan sikap yang membuatnya dikenal sebagai ikon wanita Korea di akhir masa remaja dan awal usia dua puluhan.

Setahun kemudian tepatnya di tahun 2000, Jun Ji Hyun kembali dipercaya menjadi pemeran utama wanita di film "Il Mare". Film yang mengambil latar Ganghwa Island ini benar-benar sukses di Box Office dan membuat Jun Ji Hyun dikenal sebagai salah satu bintang kenamaan Korea Selatan.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
SBS

Gebrakan karier Jun Ji Hyun bisa dibilang terjadi saat ia membintangi film hits "My Sassy Girl" pada tahun 2001. Film yang ini mendulang kesuksesan luar biasa, baik di Korea Selatan maupun Asia. Berkat perannya dalam film ini, Jun Ji Hyun didapuk sebagai Best Actress dalam ajang bergengsi "2002 Grand Bell Awards".

Sejak saat itu, popularitas Jun Ji Hyun benar-benar meroket hingga dia menerima beberapa julukan sekaligus. Pertama ia dijuluki sebagai "Nation's First Love" karena memiliki kecantikan alami dan kepribadian yang menyenangkan. Dia juga menyandang gelar sebagai "Hallyu Star" karena sukses membawa gelombang Korea ke daratan Asia. Yang tak kalah menarik, Jun Ji Hyun juga dilabeli sebagai "CF Queen" karena mendapat banyak tawaran iklan.

Setelah kesuksesan "My Sassy Girl", tercatat ada beberapa film yang dibintangi oleh Jun Ji Hyun. Dia bahkan sempat debut akting di Hollywood lewat film "Blood: The Last Vampire" yang tayang di tahun 2009. Sayang, film-film tersebut kurang mampu menandingi kesuksesan "My Sassy Girl".

Hingga pada tahun 2012, Jun Ji Hyun kembali membintangi film layar lebar berjudul "The Thieves". Film yang juga dibintangi oleh Kim Yun Seok, Kim Hye Soo hingga Kim Soo Hyun ini luar biasa sukses hingga menjadi top-selling Korean film kedua sepanjang masa. Di tahun berikutnya, Jun Ji Hyun membintangi film "The Berlin File" yang tak hanya sukses secara komersil, namun juga menuai pujian selangit dari para kritikus.

Puncak kesuksesan Jun Ji Hyun tak hanya berhenti di situ. Pada tahun 2013-2014 dia comeback drama dengan membintangi "My Love From the Star" bersama Kim Soo Hyun. Drama ini mengalami kesuksesan luar biasa dan berhasil membuat Jun Ji Hyun mendapat beberapa penghargaan, termasuk Daesang di ajang SBS Drama Awards 2014.

Di tahun berikutnya, Jun Ji Hyun kembali mendulang kesuksesan lewat film "Assassination". Film yang berlatar tahun 1930 ini tak hanya menjadi box office, namun juga mengantar Jun Ji Hyun menyabet penghargaan Best Actress di ajang Daejong Film Awards 2015.

Kesuksesan Jun Ji Hyun berlanjut di tahun berikutnya, yakni 2016. Di tahun ini dia comeback ke dunia K-Drama dengan membintangi "The Legend of the Blue Sea" bersama aktor tampan Lee Min Ho. Meski tak sesukses "My Love From the Star", drama ini menarik banyak perhatian dan meraih popularitas yang luar biasa di berbagai negara.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Dispatch

Meskipun jarang mengekspos kehidupan pribadinya, tak sedikit orang yang tahu jika Jun Ji Hyun memiliki kisah cinta seindah drama Korea. Pada 13 April 2012, dia menikahi teman SD-nya yang tampan dan kaya bernama Choi Joon Hyuk.

Saat menikah dengan Jun Ji Hyun, Choi Joon Hyuk memiliki pekerjaan bergengsi sebagai bankir di Bank of Amerika. Dia juga dikenal sebagai putra konglomerat pemilik Kukje Steel, perusahaan yang memproduksi sekaligus menjual pipa dan besi bangunan. Neneknya yang bernama Lee Young Hee dikenal sebagai desainer hanbok kenamaan Korea.

Bahkan pada Maret tahun ini, suami Jun Ji Hyun dipromosikan menjadi CEO sebuah firma investasi setelah menjabat sebagai wakil presiden perusahaan. Pengangkatan ini dilakukan setelah CEO sebelumnya mengundurkan diri karena alasan pribadi.

Dari hasil pernikahannya dengan Choi Joon Hyuk, Jun Ji Hyun telah dikaruniai dua orang putra. Anak pertamanya lahir pada Februari 2016, empat tahun setelah pernikahan. Sedangkan anak keduanya lahir pada 2018 lalu di sebuah rumah sakit bersalin di Seoul.

Kehidupan Jun Ji Hyun yang mendekati sempurna ini kerap membuat netizen iri. Betapa tidak, dia tak hanya cantik, namun juga populer, memiliki dua putra menggemaskan serta suami yang kaya.

5. Kontroversi


Kontroversi
Dispatch

Selama berkarier di industri hiburan Korea Selatan, Jun Ji Hyun tak luput dari berbagai kontroversi. Pada tahun 2014, Jun Ji Hyun bersama Kim Soo Hyun menuai kontroversi usai didapuk sebagai bintang iklan air minum asal Tiongkok. Kontroversi muncul karena penggunaan nama gunung dalam iklan tersebut.

Perusahaan pengiklan, Hongda Bingchuan Company, menyebutkan bahwa sumber mata air yang digunakannya berasal dari gunung Changbai. Nama itu merupakan sebutan orang Tiongkok untuk gunung yang disebut orang Korea dengan "Baekdu". Sedangkan gunung Changbai alias Baekdu itu berada di perbatasan Korea Utara dan Tiongkok.

Penggunaan nama Changbai ini dianggap warga Korea sebagai aksi Tiongkok untuk mengklaim bahwa gunung itu milik mereka. Netter pun menuding Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun lebih membela Tiongkok dibanding negaranya sendiri demi uang.

Berlanjut di tahun 2015, netizen tak terima setelah Jun Ji Hyun menerima penghargaan Korean Popular Culture and Arts Awards untuk kategori President Award dari pemerintah Korsel. Banyak netizen yang menilai jika Jun Ji Hyun tidak memiliki jiwa nasionalis dan membawa-bawa iklan air minum Tiongkok yang dibintanginya.

"Jun Ji Hyun adalah model untuk iklan Changbai Mountain (Jangbaek Mountain) yang bertentangan dengan gunung Baekdu di Korea. Jadi dia tidak pantas menerima President award," komplain netter. "Dia pernah bilang kok kalau dirinya tidak memiliki jiwa nasionalis," imbuh lainnya.

Ada juga netter yang menyindir pengakuan Jun Ji Hyun bahwa dia tak terlalu tertarik dengan sejarah Korea. Hal ini dikaitkan dengan perkataan Jun Ji Hyun saat mempromosikan film "Assassination". "Aku tidak tertarik dengan sejarah. Naskahnya sempurna dan karakterku bagus, jadi aku ingin memainkannya," ujar Jun Ji Hyun kala itu.

Kendati demikian, pihak Korean Popular Culture and Arts Awards 2015 menyatakan bahwa kontroversi tersebut tidak mempengaruhi penilaian. "Peraih President Award diputuskan setelah dua minggu penjurian. Kami tidak mengetahui mengenai kontroversi gunung Jangbaek," jelas jubir. "Tidak ada penolakan saat Jun Ji Hyun dinominasikan. Dia terpilih karena memang memberikan pengaruh besar pada penyebaran Hallyu."

Lima tahun berlalu, 2020 ini Jun Ji Hyun kembali menuai kontroversi baru usai menurunkan biaya sewa gedungnya karena pandemi virus Corona. Seperti halnya selebriti lain, Jun Ji Hyun menuai banyak pujian atas kebaikan hatinya tersebut. Namun sebuah laporan eksklusif dari Sports World telah mengubah opini publik.

Laporan itu mengungkap bahwa Jun Ji Hyun hanya menurunkan sewa sebesar 5 persen di salah satu dari tiga gedung miliknya, bersama dengan dua toko dari bisnis usaha di gedung lain. Diskon ini hanya berlaku untuk bisnis yang dianggap hampir merugi. Laporan anonim lain pada 13 April menyatakan bahwa dua toko tersebut mendapat pengurangan sewa 10 persen sementara dua bisnis lain di gedung itu tidak menerima pengurangan sewa, salah satunya ditutup pada awal Maret.

Ada banyak netizen yang menganggap Jun Ji Hyun telah melakukan media play agar dianggap sebagai pemilik gedung baik hati. Netizen lain menilai jika angka tersebut terlalu kecil jika dibandingkan dengan selebriti lain yang berani memberi diskon sewa gedung hingga 50 persen.

Menanggapi pemberitaan tersebut, agensi Jun Ji Hyun sempat buka suara. "Tidak seperti beberapa laporan yang mengatakan, gedung-gedung tersebut telah dikurangi sewa selama beberapa bulan setelah penyebaran virus Corona. Namun ada kesalahan oleh manajer, dan setelah dikonfirmasi, tempat-tempat diberi diskon sewa. Kami harap ini akan membantu selama masa yang sulit ini," tutur perwakilan agensi Jun Ji Hyun saat itu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Setelah kemunculan singkatnya dalam serial "Kingdom" season 2, Jun Ji Hyun siap menyapa pemirsa lewat drama baru yang berjudul "Mount Jiri". Dalam drama ini dia akan beradu akting dengan sederet aktor papan atas Korea Selatan seperti Joo Ji Hoon, Sung Dong Il hingga Oh Jung Se.

Selain karena jajaran pemain, drama ini menuai banyak perhatian karena orang-orang yang ada di belakang layar. Naskahnya akan ditulis oleh Kim Eun Hee yang telah menelurkan sejumlah proyek hit seperti "Kingdom", "Signal" hingga "Phantom". Yang tak kalah menarik, drama ini juga akan disutradarai oleh PD Lee Eung Bok yang sebelumnya sukses dengan "Dream High", "Descendants of the Sun", "Goblin", "Mr. Sunshine" dan masih banyak lagi.

"Mount Jiri" sendiri merupakan drama misteri tentang penjaga hutan yang bekerja di Taman Nasional Gunung Jiri. Jun Ji Hyun akan berperan sebagai Seo Yi Kang yang digambarkan sebagai penjaga hutan terbaik di taman tersebut. Sedangkan Joo Ji Hoon berperan sebagai Kang Hyun Joo, penjaga hutan pemula yang pernah menjadi kapten tentara. Nantinya mereka akan bekerjasama untuk menyelamatkan masyarakat di sekitar taman nasional tersebut.

Rencananya, drama ini akan memiliki 16 episode dengan durasi masing-masing selama 70 menit serta akan tayang setiap Sabtu dan Minggu. Proses syutingnya telah dimulai pada bulan September tahun ini dan diperkirakan selesai pada Mei 2021 mendatang. Jika sesuai dengan rencana, drama ini akan tayang pada paruh kedua tahun depan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru