Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Ini 7 Tips Mudah Membersihkan Kabin Mobil dari Virus dan Kuman
Pxhere
SerbaSerbi

Kabin mobil harus senantiasa dijaga kebersihannya agar terhindar dari virus, kuman maupun bakteri penyakit. Untuk itu, tim WowKeren akan memberikan beberapa tipsnya berikut ini.

WowKeren - Di tengah pandemi Corona seperti saat ini, menerapkan pola hidup bersih merupakan salah satu cara yang harus dilakukan untuk mencegah penularan virus tersebut. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun hingga menggunakan masker setiap bepergian ke luar rumah.

Selain itu, menjaga kebersihan mobil juga harus dilakukan untuk mencegah virus, kuman maupun bakteri yang bersarang di dalamnya. Terlebih di tengah musim penghujan seperti saat ini yang dapat membuat eksterior maupun interior mobil lebih rentan kotor.


Membersihkan kabin mobil sebenarnya tidak rumit. Anda bahkan bisa melakukannya saat santai bersama anggota keluarga di rumah. Namun karena satu atau dua hal, beberapa orang justru gagal membersihkan kabin mobil dengan maksimal. Akibatnya, berbagai virus, kuman maupun bakteri penyakit akan tertinggal.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips membersihkan kabin mobil yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Keluarkan Barang-Barang dari Dalam Mobil


Keluarkan Barang-Barang dari Dalam Mobil
https://www.familyhandyman.com/

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan berbagai barang yang ada di dalam mobil. Misalnya seperti bantal, boneka, sepatu, sandal, dongkrak, ban cadangan dan sebagainya. Pastikan di dalam kabin tidak ada barang atau pernak pernik apapun yang dapat mengganggu proses pembersihan.

Setelah dikeluarkan, bersihkan barang-barang tersebut sebelum dimasukkan kembali dan buang semua sampah yang ada di dalam kabin mobil. Untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik, pastikan untuk membuka semua pintu dan jendela mobil.

2. Gunakan Pembersih yang Tepat


Gunakan Pembersih yang Tepat

Agar kabin mobil terbebas dari berbagai virus dan bakteri, sebaiknya gunakan pembersih yang tepat seperti cairan disinfektan dengan kandungan alkohol 70 persen. Namun cara ini sebaiknya konsultasikan dulu pada profesional, karena ada beberapa cairan disinfektan yang justru dapat merusak elemen mobil. Jika tak ingin mengambil risiko, Anda bisa menggunakan layanan jasa penyemprot desinfektan kabin mobil.

Namun jika menginginkan opsi yang lebih sederhana, sebaiknya gunakan sabun cair dengan kandungan Potential Hydrogen (PH) atau zat asam yang rendah seperti yang ada di sabun bayi. Ingat, saat membersihkan jangan memberikan tekanan terlalu keras, terutama pada bagian yang rentan rusak dan material yang mudah mengalami perubahan warna.

3. Mulai Bersihkan Bagian Bawah


Mulai Bersihkan Bagian Bawah
Pxhere

Setelah mengeluarkan semua barang dan menentukan cairan pembersih yang tepat, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mulai membersihkan bagian bawah mobil. Hal ini penting dilakukan karena bagian bawah mobil cenderung lebih kotor daripada bagian atas, karena bersinggungan langsung dengan alas kaki yang kotor maupun remah-remah makanan yang jatuh.

Keluarkan semua karpet yang melapisi dasar kabin kemudian cuci dengan air mengalir dan beri cairan pembersih. Sikat sampai tidak ada kotoran maupun bau yang tertinggal kemudian jemur sampai karpet benar-benar kering. Setelah itu bersihkan bagian dasar mobil dengan vacuum cleaner atau gosok dengan sikat hingga benar-benar bersih.

4. Bersihkan Dashboard Mobil


Bersihkan Dashboard Mobil
Piqsels

Dashboard merupakan salah satu bagian penting yang ada di interior mobil. Bagian ini memuat informasi mesin, head unit untuk hiburan hingga sebagai media penyimpanan. Karena itulah tips berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian dashboard mobil.

Untuk melakukannya, pertama-tama lap dashboard dengan kain microfiber yang bersih dan kering. Setelah itu basahi lap dengan air yang telah dicampur dengan cairan pembersih, kemudian peras sampai tidak ada air yang menetes. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kuas kecil berbulu halus untuk membersihkan bagian dashboard yang sulit dijangkau.

5. Bersihkan Permukaan Jok


Bersihkan Permukaan Jok
Pxhere

Bagian kabin berikutnya yang harus dibersihkan adalah jok mobil. Untuk membersihkan bagian ini diperlukan kehati-hatian yang tinggi, dan Anda harus menyesuaikannya dengan bahan pelapis jok yang umumnya terbuat dari kain dan kulit.

Bagi Anda yang memiliki jok dari bahan kain, pertama-tama pastikan untuk membersihkan semua debu, kotoran dan remah-remah yang ada di permukaannya. Setelah itu lap dengan kain bersih yang telah dibasahi dengan air hangat dan deterjen. Lap jok tersebut secara perlahan dan pastikan agar tidak terlalu basah. Bila sudah, lap lagi dengan kain kering hingga bersih.

Sedangkan bagi Anda memiliki jok berbahan kulit, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus untuk jok kulit. Lakukan cara pembersihan yang sama dengan sebelumnya, kemudian akhiri dengan melapisi cairan pelembab khusus jok kulit. Agar jok cepat kering, pastikan pintu mobil selalu terbuka untuk membiarkan udara masuk.

6. Bersihkan Plafon Mobil


Bersihkan Plafon Mobil

Bagian mobil berikutnya yang harus Anda bersihkan adalah plafon atau langit-langit, yang rentan kotor karena bakteri dan virus. Saat membersihkan bagian ini, Anda harus ekstra hati-hati karena materialnya rentan sobek. Untuk menghindari kerusakan, sebaiknya lap plafon dengan gerakan searah kemudian seka dengan kain microfiber kering.

Untuk mobil yang memiliki bahan plafon berbentuk kain, sebaiknya bersihkan dengan kain microfiber yang telah dibasahi dengan air dan cairan pembersih. Sedangkan untuk plafon berbahan bludru, jangan pernah dibersihkan dengan kain yang sangat basah.

7. Bersihkan Filter AC


Bersihkan Filter AC

Agar Anda bisa mendapatkan udara yang bersih di dalam mobil, jangan lupa untuk membersihkan filter AC. Bersihkan filter tersebut dengan sikat atau ganti dengan yang baru jika sudah tidak berfungsi. Selain itu, bersihkan juga komponen evaporator AC dari berbagai kotoran yang menimbulkan bau tidak sedap. Setelah proses pembersihan selesai, Anda bisa meletakkan pengharum mobil seperti biasanya.

Demikian tujuh tips membersihkan kabin mobil yang telah tim WowKeren rangkum untuk Anda. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara menangani mobil yang mogok saat menerjang banjir. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips merawat mobil di musim hujan agar selalu prima.

You can share this post!

Related Posts