Biar Cepat Punya Momongan, Ini 7 Tips yang Bisa Anda Lakukan Saat Merencanakan Kehamilan
pexels.com/Jonathan Borba
SerbaSerbi

Bagi Anda yang tengah berencana untuk memulai program kehamilan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendukung keberhasilannya. Mau tahu persiapan apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Dalam sebuah rumah tangga, anak merupakan pelengkap kebahagiaan suami istri. Karena itulah ada banyak pasangan yang ingin memiliki keturunan segera setelah menikah. Untuk beberapa pasangan, kehamilan bisa terjadi sangat cepat bahkan dalam kurun waktu satu atau dua bulan setelah pernikahan.

Namun tak semua pasangan bisa dikaruniai anak dengan cepat. Ada yang sudah menikah selama bertahun-tahun namun belum juga bisa menimang buah hati. Ada juga yang sengaja menunda kehamilan dan meminum pil kontrasepsi hingga jadi sulit hamil saat menginginkannya.

Nah bagi Anda yang tengah berencana untuk memulai program kehamilan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendukung keberhasilannya. Mau tahu persiapan apa saja yang bisa Anda lakukan agar cepat hamil? Simak informasi lengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Persiapkan Mental dan Finansial


Persiapkan Mental dan Finansial
pexels.com/Skitterphoto

Memiliki anak berarti siap untuk bertanggung jawab dan berkomitmen seumur hidup. Artinya, Anda harus siap secara mental dan finansial sebelum hamil. Apakah Anda dan pasangan sudah siap untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi, pekerjaan dan mengurus anak? Apa Anda juga siap menerima anak bagaimanapun kondisinya nanti? Coba pikirkan dengan matang, maka Anda akan menemukan jawabannya.

Selain itu, Anda juga harus siap secara mental. Sebab proses kehamilan, persalinan dan merawat Anda akan membutuhkan banyak biaya. Tak ada salahnya untuk mulai menabung sembari mempersiapkan kehamilan, agar Anda dan pasangan tidak kaget dengan lonjakan pengeluaran sejak proses persalinan hingga anak sudah lahir nantinya.

2. Konsultasi dengan Dokter Kandungan


Konsultasi dengan Dokter Kandungan
pexels.com/RODNAE Production

Setelah yakin, langkah selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Meski tampak sepele, cara ini penting dilakukan agar dokter bisa melihat kondisi Anda dan pasangan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika dokter menemukan masalah, mereka bisa mengantisipasi risiko kehamilan yang membahayakan bagi ibu dan bayi.

Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Ini bukan cara untuk menyerah, malahan dokter akan mendeteksi kendala yang Anda miliki dan memberitahu langkah apa saja yang harus diambil jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan nantinya.

3. Ketahui Masa Subur


Ketahui Masa Subur
pexels.com/Ekaterina Bolovotsova

Setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda. Agar program hamil Anda berjalan dengan lancar, sebaiknya ketahui masa subur dengan cara mencatat periode menstruasi. Umumnya masa subur terjadi 12-14 hari sebelum menstruasi pertama. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memperhatikan lendir serviks dengan tanda cairan bening lengket di vagina, yang biasanya berfungsi untuk mempercepat jalan sperma.

Setelah mengetahui masa subur, sebaiknya ajak pasangan berhubungan seksual karena dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Bagi wanita, setelah sebaiknya sempatkan berbaring di tempat tidur selama 10-15 menit setelah berhubungan intim. Upaya ini perlu dilakukan agar sperma bisa lebih cepat masuk ke leher rahim dan membuahi sel telur dengan baik.

4. Hindari Depresi


Hindari Depresi
pexels.com/Engin Akyurt

Jika ingin cepat hamil, Anda dan pasangan harus mengontrol stres dengan baik agar bisa menghindari depresi. Jika Anda stres dan depresi, kadar hormon akan rusak dan mengurangi lendir serviks pada wanita. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk hamil. Dan bagi Anda yang sedang hamil, depresi bisa menjadi penyebab terjadinya keguguran.

Oleh sebab itu, sebaiknya kontrol stres dengan baik misalnya dengan melakukan berbagai kegiatan favorit, selalu berpikiran positif, mengkonsumsi makanan kesukaan maupun pergi berlibur. Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan lebih banyak waktu dan berbagi percakapan mendalam dengan pasangan untuk mendapatkan ketenangan batin.

5. Konsumsi Makanan Bergizi dan Perbanyak Asupan Asam Folat


Konsumsi Makanan Bergizi dan Perbanyak Asupan Asam Folat
pexels.com/Ella Olsson

Tips satu ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan, sebab mengkonsumsi berbagai makanan bergizi dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Sebaiknya perbanyak konsumsi kacang- kacangan, biji-bijian, vitamin E dan makanan berprotein tinggi. Selain itu, konsumsi juga makanan yang tinggi kalsium seperti susu dan yoghurt setiap harinya.

Agar peluang Anda untuk hamil semakin tinggi, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Nutrisi satu ini dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, menambah volumenya serta membuatnya lebih sehat. Begitupun saat hamil, makanan tinggi asam folat sebaiknya tetap dikonsumsi untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat. Adapun jenis makanan yang kaya akan folat adalah sayuran hijau, asparagus, kacang merah, alpukat, jeruk dan tomat.

6. Batasi Kafein dan Berhenti Merokok


Batasi Kafein dan Berhenti Merokok
pexels.com/Kaboompics .com

Para ahli sepakat bahwa wanita yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya menghindari minuman berkafein karena dapat mempengaruhi kesuburan. Jika Anda adalah pecandu kafein, sebaiknya mulai kurangi secara perlahan. Sebagai permulaan, Anda bisa mengkonsumsi kafein sebesar 200 miligram saja atau setara dengan secangkir kecil setiap harinya. Setelah terbiasa, usahakan untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Selain kafein, Anda dan pasangan juga harus mulai berhenti merokok. Hal ini dikarenakan rokok dapat mempengaruhi kesuburan seseorang serta menurunkan jumlah sperma laki-laki. Dengan menerapkan pola hidup sehat tanpa rokok, alkohol dan obat-obatan, peluang Anda untuk hamil akan jauh lebih besar.

7. Stop Kontrasepsi


Stop Kontrasepsi
pexels.com/freestocks.org

Tips terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah dengan menghentikan penggunaan kontrasepsi, baik yang berupa alat maupun pil. Cara ini bisa membuat Anda hamil dalam waktu yang cepat atau harus menunggu selama beberapa waktu. Sebab untuk beberapa jenis alat kontrasepsi, Anda masih harus menunggu selama beberapa bulan meski sudah dilepas.

Agar peluangnya lebih besar, imbangi dengan mengkonsumsi vitamin prenatal yang dapat mengurangi kemungkinan bayi lahir cacat. Namun sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter agar Anda mendapatkan asupan vitamin terbaik.

Demikian tujuh tips dalam mempersiapkan kehamilan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan kesuburan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai tips untuk mengatasi morning sickness.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait