Penasihat Seniornya Dikonfirmasi Positif COVID-19, Bagaimana Hasil Tes Biden?
Twitter/CedricRichmond
Dunia

Cedric Richmond, salah seorang penasihat senior Presiden Terpilih AS Joe Biden dikonfirmasi positif COVID-19 pada Kamis (17/12) waktu setempat. Lantas bagaimana hasil tes Biden?

WowKeren - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan jajarannya selama ini dikenal sangat mematuhi protokol kesehatan, sebuah sikap yang jauh berbeda dengan sang rival politik yakni Donald Trump. Namun kembali COVID-19 menunjukkan bahwa penyakit ini tidak pandang bulu dalam menginfeksi, termasuk baru-baru ini dikonfirmasi pada tubuh calon penasihat senior Biden, Cedric Richmond.

Politikus kulit hitam itu dikonfirmasi positif COVID-19 pada Kamis (17/12) waktu setempat. Padahal pada Selasa (15/12) kemarin Richmond baru saja mengikuti agenda kampanye senat di Atlanta yang turut dihadiri pula oleh Biden.

Lantas bagaimana kondisi Biden saat ini? Diungkap oleh Juru Bicara Tim Transisi Biden, Kate Bedingfield, sang presiden terpilih sudah melakukan tes PCR dan dinyatakan negatif terinfeksi SARS-CoV-2.

"Interaksi Richmond dengan Presiden terpilih terjadi di lingkup terbuka," ujar Bedingfield, dikutip dari CNN, Jumat (18/12). "Mereka mengenakan masker dan hanya berinteraksi kurang dari 15 menit, di bawah ambang batas kategori 'kontak dekat' oleh CDC."


Menurut Bedingfield, Richmond berangkat ke Atlanta tidak bersama rombongan Biden. Saat ini Richmond pun sedang menjalani karantina selama 14 hari serta harus dipastikan negatif infeksi virus Corona sebelum kembali beraktivitas di Kongres maupun dalam transisi.

Dalam wawancaranya dengan CNN via telepon, Richmond mengaku mengalami gejala ringan dan tidak demam meski dinyatakan positif COVID-19. "Saya baik-baik saja, bergejala ringan dan tidak demam," ujar Richmond.

Richmond pun kini mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku, apalagi karena tim transisi Biden sangat menjunjung tinggi peraturan tersebut demi menghindari potensi infeksi virus Corona. Richmond mengaku sempat bertemu dengan Biden pada Selasa, namun mereka berada di luar, tidak dalam jarak yang terlalu dekat, serta mengenakan masker secara baik dan benar.

Richmond sendiri dikenal dengan loyalitasnya terhadap Biden di luar kinerja apiknya sebagai anggota kongres sejak 2011. Politikus Demokrat berusia 47 tahun itu adalah tokoh kunci yang membantu Biden dalam berkoordinasi dengan anggota Kongres Kaukus Hitam.

Richmond sendiri saat ini masih menjadi anggota kongres dan akan mengundurkan diri pada 20 Januari 2021, tepat sehari sebelum pelantikan Biden. Setelahnya ia akan menjabat sebagai penasihat senior di Gedung Putih sekaligus Kepala Kantor Kebijakan Publik.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait