Biden Kembali Bikin Gebrakan, Tunjuk Politikus LGBT Jadi Calon Menteri Perhubungan
Twitter/PeteButtigieg
Dunia
Pilpres AS 2020

Presiden terpilih AS Joe Biden menunjuk mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg sebagai calon Menhub. Kalau terpilih, Buttigieg juga akan menjadi menteri termuda di kabinet.

WowKeren - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden benar-benar memegang janjinya membentuk kabinet luar biasa. Kali ini terbukti dari sepak terjang Biden menunjuk seorang politikus LGBTQ sebagai calon Menteri Perhubungan.

Adalah mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg yang ditunjuk Biden untuk menempati posisi tersebut. Jika disetujui oleh Senat AS, bukan hanya menjadi menteri termuda di Kabinet Biden, Buttigieg praktis menjadi menteri pertama yang berstatus sebagai LGBTQ.

"Ini adalah momen dengan peluang luar biasa, untuk menciptakan lapangan kerja, menghadapi tantangan iklim, dan meningkatkan kesetaraan bagi semua," tulis Buttigieg lewat Twitter-nya, Rabu (16/12). "Saya merasa terhormat karena Presiden terpilih telah meminta saya untuk mengabdi pada negara kita sebagai Menteri Perhubungan."

Penunjukan Buttigieg diikuti dengan sejumlah rencana strategis yang telah disiapkan olehnya beserta tim transisi Biden. Seperti rencana besarnya adalah membangun infrastruktur transportasi yang modern dan berkelanjutan.


"Presiden terpilih Biden akan meluncurkan upaya nasional untuk menciptakan lapangan kerja yang kita butuhkan," tulis tim transisi Biden, Kamis (17/12) waktu setempat. "Untuk membangun infrastruktur (transportasi) modern dan berkelanjutan sekarang dan memberikan masa depan energi yang bersih."

Penunjukan atas Buttigieg ini juga menyita perhatian masyarakat luas, bukan cuma karena usia atau status LGBTQ yang disandangnya, tetapi juga karena pengalaman politiknya. Kendati masih muda, Buttigieg memiliki ambisi yang luar biasa. Terbukti dari niatnya untuk maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, meski akhirnya mengundurkan diri dan berbalik mendukung Biden.

Biden pun sudah buka suara soal penunjukan ini. Dalam pernyataannya Rabu kemarin, Biden menyoroti AS yang masih tertinggal dalam bidang kualitas infrastruktur transportasi, serta keinginannya untuk menciptakan banyak lapangan kerja serta membangun jalan dan jembatan yang rusak.

Permasalahan ini beririsan dengan rencana jangka panjangnya menjaga lingkungan hidup dan iklim, serta revitalisasi ekonomi AS dengan menggunakan kendaraan listrik. Sektor energi pun turut menjadi pertimbangan Biden dan semua aspek itu, imbuhnya, dirasa mampu diselesaikan oleh Buttigieg.

"Kita memilih Pete untuk perhubungan karena ia mampu menjangkau semua rencana ambisius kami untuk AS yang lebih baik," kata Biden. "Ia juga merupakan salah satu orang terpintar yang pernah Anda temui dan tentu saja dia juga sangat hangat."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts