Mensos Risma Aktif Blusukan, Pemulung di Jakarta Beri Sambutan Tak Acuh
Nasional

Seorang pemulung dan pengamen di Jakarta belum lama ini turut mengomentari aksi-aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Seperti apa pernyataan mereka?

WowKeren - Setelah dilantik sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini alias Risma jadi semakin rajin blusukan. Seperti saat menjadi Walikota Surabaya, Risma kerap terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi sebenarnya dari masyarakat Indonesia. Sayang, aksinya ini kerap menuai pro kontra. Sebagian pihak memberi dukungan penuh dan beberapa lainnya sibuk mengkritik.

Baru-baru ini pemulung di Jakarta yang bernama Sukino turut mengomentari aksi blusukan Risma. Dilansir dari CNNIndonesia pada Jumat (15/1), Sukino menyambut baik beberapa janji Risma seperti memberikan beasiswa, pekerjaan hingga hunian sementara untuk para gelandangan.

Kendati demikian, ia tidak terlalu berharap alias tampak tak acuh karena janji tersebut terlihat sebagai sesuatu yang sangat menarik. "Saya itu denger-denger berita angin gitu," kata Sukino.

Selain Sukino, seorang pengamen sekaligus mantan pemulung yang bernama Muhammad Naseh juga tidak begitu antusias menanggapi janji Risma. "Ya lihat bagaimana nanti, lihat-lihat dulu. Biasa hidup bebas begini," ujarnya.


Alih-alih pemulung, pria yang akrab disapa Ahmad ini lebih berharap agar Mensos Risma membantu mereka yang yang benar-benar membutuhkan. Contohnya seperti orang-orang lanjut usia untuk diizinkan tinggal di panti rehab atau Rusunawa.

"(Mensos) cari aja yang bener-bener butuh tuh. Bener-bener sengsara. Tapi orang-orang begitu jadi males ngapa-ngapain. (Yang ada) jadi mengharap pemberian orang aja. Lebih baik orang-orang yang bener-bener ini aja, yang tua-tua, yang aki-aki, nenek-nenek," imbuhnya.

Meski tidak punya rumah untuk beristirahat, Ahmad mengaku nyaman tinggal di jalanan. Karena itulah ia tak keberatan jika Risma memprioritaskan lansia untuk menempati hunian dari pemerintah. "Kalau dibantu pemerintah nanti saya enggak bebas. Saya kan biasa di jalan gitu," pungkasnya.

Sementara itu, belum lama ini terungkap alasan Risma melakukan blusukan ke sejumlah wilayah setelah diangkat menjadi menteri. Yang utama adalah untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan agar pihaknya dapat menganalisis kebijakan berdasarkan fakta.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts