Resmi Dilantik, Presiden Joe Biden dan Wapres Kamala Harris Sah Pimpin AS
Twitter/BidenInaugural
Dunia
Pelantikan Presiden AS 2021

Joe Biden dan Kamala Harris resmi diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wapres AS periode 2021-2024 pada Rabu (20/1) siang. Berikut ulasan selengkapnya.

WowKeren - Amerika Serikat menggelar pelantikan untuk Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris pada Rabu (20/1) siang waktu setempat. Agenda sakral yang malah dilewatkan oleh Donald Trump ini digelar di US Capitol.

Baik Biden dan Harris tiba bersama pasangan serta keluarga masing-masing di pelantikan yang digelar dengan protokol kesehatan ketat tersebut. Selepas menyanyikan lagu kebangsaan oleh Lady Gaga, pelantikan pun digelar.

Harris menjadi yang pertama dilantik dalam kesempatan ini. Hakim Agung Hispanik pertama di AS, Sonia Sotomayor, yang ditunjuk untuk mengambil sumpah atas Harris. Terungkap sang wapres wanita pertama di AS menggunakan 2 Kitab.

"Saya, Kamala Devi Harris, bersumpah. Saya akan mendukung dan mempertahankan konstitusi," ujar Harris di bawah tuntunan Sotomayor, Rabu (20/1). "Dan saya mengerjakan pekerjaan ini dengan tanpa terpaksa. Dan saya akan mengerjakan tugas dan wewenang saya dengan sebaik mungkin. Jadi Tuhan tolong tuntun saya."


Selanjutnya Biden yang mendapat giliran untuk diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts pasca penampilan Jennifer Lopez dengan "America The Beautiful". Kitab yang dikenakan Biden pun begitu bersejarah, lantaran pernah dipakai dalam pengambilan sumpahnya sebagai Wakil Presiden di 2009 dan 2013 silam.

"Saya, Joseph Robinette Biden Jr., bahwa saya akan mengerjakan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat dengan sebaik mungkin. Dan akan berjuang dengan seluruh kemampuan saya untuk melayani dan melindungi konstitusi Amerika Serikat. Jadi Tuhan tuntun saya," tutur Biden yang langsung disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Dengan demikian, Biden telah resmi menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat, menggantikan peran Trump. Biden akan bekerja bersama Harris yang kini menjadi Wapres perempuan pertama di AS untuk empat tahun ke depan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts