Peduli Lingkungan, Fandy Christian Angkat Bicara Soal Sampah Plastik
Instagram/fandych
Selebriti

Bukan rahasia umum lagi bila penggunaan plastik selain merusak kualitas tanah juga ikut memperburuk ekosistem laut. Istilah 'Zero Waste' pun terus digaungkan dengan harapan manusia sadar akan bahaya sampah plastik.

WowKeren - Sampah plastik yang menumpuk hingga merambah ke tengah lautan kini menjadi permasalahan serius. Pasalnya, sampah tersebut dapat merusak kelestarian laut hingga mengancam sumber pangan. Perlu peran berbagai pihak untuk menangani permasalahan tersebut, termasuk masyarakat umum dan para selebriti.

Tercatat ada beberapa deretan nama artis yang diketahui sangat aware dengan masalah lingkungan. Ada Hamish Daud yang ikut mendirikan Indonesia Ocean Pride bersama rekannya, lalu Putri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata, hingga penyanyi Tanah Air Tulus. Kini Fandy Christian pun menyuarakan soal isu plastik.

Melalui Instagram pribadinya, Fandy Christian mengunggah sebuah video tentang tumpukan sampah plastik. Suami dari Dahlia Poland ini juga mengajak masyarakat untuk peduli menyelamatkan laut Indonesia dari plastik.

"Peduli untuk menyelamatkan ekosistem dan laut Indonesia dari sampah plastik," tulis Fandy sebagai caption unggahannya pada Rabu (27/1) malam. "Demi bumi yang baik bagi generasi selanjutnya. Kita hidup di bumi yang sama."


Lewat video tersebut, Fandy juga merenungkan soal penggunaan plastik. Barang yang umumnya hanya bisa digunakan untuk sekali pakai ini diketahui memang dibuat untuk tujuan baik, namun kini justru menjadi senjata ampuh penghancur bumi.

"Awalnya plastik dibuat manusia untuk menyelamatkan bumi dari penebangan hutan tapi sekarang plastik sudah berubah menjadi racun penghancur bumi." ujar Fandy dalam video singkat tersebut. "Apa yang udah gue lakuin untuk hidup ini? Apa yang akan gue lakukan untuk masa depan mereka."

Dalam unggahannya itu, Fandy juga menyertakan hastag #sampahplastik #saveourearth #simplelife. Ia pun berencana mengunggah versi lengkap video tersebut di channel YouTube miliknya, FundKiddy.

Sampah plastik memang menjadi momok paling mengerikan bagi sejumlah kalangan aktivis lingkungan. Tak hanya memenuhi daratan, kini plastik sudah mulai menyebar hingga ke lautan. Banyak dari mereka yang peduli lingkungan lantas menggaungkan istilah "Zero Waste", yakni semacam aksi untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebab, plastik tidak bisa diuraikan begitu saja oleh alam. Sampah jenis ini membutuhkan waktu yang sangat lama hingga akhirnya benar-benar lenyap terurai.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru