Hindari Jalanan Macet Saat Siang Bolong? Ini 7 Tips Mengemudi Aman di Malam Hari
Travel

Saat menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi di malam hari, kamu harus meningkatkan kewaspadaan mengingat pencahayaan yang lebih sedikit dibanding saat siang.

WowKeren - Saat akan menempuh perjalanan jauh, tak sedikit orang yang memilih untuk melakukannya di malam hari. Pasalnya, saat siang hari pada umumnya kondisi jalan raya sangat macet. Apalagi saat sore bersamaan dengan jam pulang kerja, bukan tidak mungkin akan menemui kemacetan di setiap ruas jalan yang dilalui.

Sebaliknya, berkendara di malam hari terasa lebih plong bagi sebagian orang. Jumlah kendaraan yang lebih sedikit membuat mobil bisa melaju dengan lebih lancar. Namun, berkendara di malam hari tentu bukan tanpa risiko.

Saat menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi di malam hari, kamu harus meningkatkan kewaspadaan. Jarak pandang yang terbatas bisa jadi akan meningkatkan potensi kecelakaan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti berikut ini.

(wk/zodi)

1. Jaga Jarak Aman


 Jaga Jarak Aman

Berbeda dengan siang hari, berkendara di malam hari artinya kamu harus siap dengan konsekuensi pencahayaan yang lebih minim. Sehingga hal ini bisa jadi akan membuatmu lebih sulit untuk melihat keberadaan kendaraan lain di depan.

Oleh sebab itu, kamu perlu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain sebagai langkah antisipasi jika kendaraan di depanmu mengerem secara tiba-tiba. Dengan adanya jarak aman, kamu bisa memiliki waktu untuk mengerem dan menghindari tabrakan.

2. Kurangi Kecepatan


Kurangi Kecepatan

Meskipun sedang terburu-buru untuk bisa sampai ke tempat tujuan secepat mungkin, tetap perhatikan keselamatan mengemudi. Jaga kecepatanmu dalam batas normal. Alasannya masih berhubungan dengan poin sebelumnya, di mana saat malam hari pencahayaan lebih sedikit.

Jika kamu terbiasa mengemudi dalam kecepatan 120km/jam di siang hari maka melajulah dengan kecepatan di bawah itu saat mengendara di malam hari. Dengan kecepatan normal kamu bisa lebih mudah mengendalikan mobil jika kendaraan di depanmu mengerem secara tiba-tiba.

3. Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat


Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat

Selain memastikan bekal perjalanan, kamu juga harus mengecek kondisi mobil kamu sebelum berangkat. Pastikan kondisi ban, rem, dan persediaan bensin mencukupi. Selain itu, kamu juga perlu membawa alat-alat khusus sebagai antisipasi jika kendaraan mogok di tengah jalan.

Jika kendaraanmu mogok di jalan raya yang dekat dengan bengkel tentu bukan masalah. Namun jika mogok terjadi saat kamu berada di ruas jalan sepi jauh dari perkampungan penduduk, kamu harus bisa mandiri untuk menyelesaikannya sendiri dengan perbekalan yang kamu bawa. Apalagi jika mogok terjadi di tengah malam.

4. Jaga Kebersihan Lampu


Jaga Kebersihan Lampu

Mungkin poin yang satu ini tidak begitu sering diperhatikan, namun jangan anggap sepele. Bersihkan bagian mobil mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu sein, hingga jendela secara berkala misalnya seminggu sekali.

Bisa jadi tanpa sepengetahuanmu, kaca depan mobil tergores hingga memunculkan goresan panjang yang mana kondisi ini bisa menyebabkan silau pada malam hari. Untuk membuat kaca tetap bersih, hindari menyentuhnya langsung karena minyak dari kulit serta bekas sidik jari akan mengotorinya.

5. Waspadai Kemunculan Hewan di Tengah Jalan


Waspadai Kemunculan Hewan di Tengah Jalan

Karena pada umumnya hampir tidak ada orang yang melintas di jalan, ada kalanya hewan lebih berani menampakkan diri di malam hari. Bagi kamu yang sudah sering mengemudi di malam hari, mungkin sudah acap kali menemui hewan seperti kucing atau anjing yang tiba-tiba menyeberang.

Oleh sebab itu perlu mewaspadai keberadaan hewan tersebut di malam hari. Jangan sampai sorot lampu mobil gagal menerangi jalan hingga justru membahayakan nyawamu saat melakukan pengereman demi menghindari menabrak hewan itu.

6. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit


Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit
Getty Images

Jangan memaksakan diri untuk mengemudi, apalagi dalam perjalanan jauh saat malam hari jika kondisi tubuhmu tidak fit. Rasa lelah usai pulang kerja bisa mengurangi fokusmu dalam berkendara. Begitu juga jika kamu mengonsumsi obat-obatan dari dokter yang menyebabkan kantuk.

Jika di tengah perjalanan kamu merasa lelah atau lapar maka sebaiknya segera mencari rest area untuk memulihkan energi. Baru setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan dalam kondisi tubuh yang fit. Sebaiknya hindari merokok saat mengemudi karena bisa mengganggu fokus penglihatan.

7. Perhatikan Lampu Depan Kendaraan


Perhatikan Lampu Depan Kendaraan

Ada baiknya kamu memeriksa kembali kondisi lampu depan kendaraanmu. Minta teknisi yang sudah terkualifikasi untuk memastikan lampu depan kendaraanmu bisa menerangi jalan dengan tepat. Jangan sampai lampu depan mobilmu membuat silau pengemudi lain dari arah yang berlawanan.

Selain hal-hal di atas, kamu juga harus mewaspadai potensi tindak kejahatan yang muncul di malam hari. Sebab di malam hari saat tidak banyak orang yang lalu lalang dan semakin sedikit kendaraan yang melaju maka risiko kriminalitas juga akan meningkat.

Ada baiknya kamu mengajak teman atau keluarga untuk menemani perjalananmu untuk meningkatkan keamanan. Kamu bisa membaca artikel ini untuk tips menghindari tindak kejahatan di jalanan. Jangan lupa persiapkan benda-benda ini juga di dalam mobil sebelum memulai perjalananmu, ya.

You can share this post!

Related Posts