Siap Memulai Perjalanan? Pastikan 8 Benda Ini Ada di Mobil untuk Kondisi Darurat
pexels.com/SvH
Travel

Bepergian jarak jauh dengan menggunakan mobil sendiri memang menyenangkan. Dibanding menggunakan angkutan umum, bepergian naik mobil sendiri bisa lebih fleksibel.

WowKeren - Melakukan perjalanan jarak jauh membutuhkan persiapan yang matang. Apalagi jika dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil. Bagi Anda yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil harus melakukan antisipasi terhadap risiko yang mungkin terjadi.

Misalnya ketika terjadi mogok di jalanan yang sepi, atau mengalami ban kempes maupun bocor di lokasi yang jauh dari bengkel. Untuk itu, perlu memastikan dari rumah agar perjalanan yang dilakukan aman dan nyaman.

Selain mengecek kesiapan mobil seperti persediaan bahan bakar minyak, kondisi ban, hingga kualitas rem ada baiknya Anda menyiapkan barang-barang tertentu sebagai pertolongan pertama di kondisi darurat. Berikut tim WowKeren rangkum barang-barang apa saja yang wajib ada di mobil saat bepergian.

(wk/zodi)

1. Ban Cadangan


Ban Cadangan
pexels.com/Andrea Piacquadio

Meskipun saat di rumah Anda sudah memastikan jika ban dalam kondisi prima sebelum berangkat, namun apa yang akan terjadi di jalan tidak ada yang tahu. Termasuk ban bocor atau kempes yang bisa terjadi di mana pun dan kapan pun.

Jika lokasinya dekat dengan bengkel hal itu bukan masalah karena Anda hanya perlu mendorongnya. Namun apa jadinya jika ban kempes Anda alami di jalanan seperti dekat area hutan sehingga sulit untuk menemukan bengkel? Untuk itu pastikan Anda membawa ban cadangan saat bepergian.

2. Tire Repair Kit


Tire Repair Kit
snafu.org

Ban cadangan saja tak cukup, Anda juga perlu membawa tire repair kit. Biasanya, tire repair kit berisi alat pelubang, pengait, lem tambal serta tambal itu sendiri. Pastikan Anda tahu cara menggunakannya sehingga ketika terjadi ban bocor dan perlu menggantinya, Anda tak perlu panik berlebihan meskipun tidak menemukan bengkel di sekitar.

Alat ini bisa diandalkan untuk memasang ban meskipun tidak untuk jangka panjang. Oleh sebab itu Anda tetap harus membawanya ke bengkel ketika sudah menemukan yang terdekat.

3. Power Bank


Power Bank
pixabay.com

Di zaman seperti sekarang ini, ponsel memainkan peranan yang sangat penting untuk komunikasi. Jika digunakan terus-menerus, baterai ponsel juga bisa habis. Tentu saja Anda tidak ingin kehabisan baterai ponsel saat akan menggunakannya, bukan?

Untuk itu perlu membawa power bank yang sudah terisi penuh dalam perjalanan. Sehingga jika sewaktu-waktu baterai ponsel habis Anda tetap bisa mengisi dayanya agar bisa digunakan kembali.

4. Seat Belt Cutter-Window Breaker


Seat Belt Cutter-Window Breaker
wikimedia.org

Meskipun tidak ada orang yang menginginkannya, namun musibah bisa terjadi kapan saja. Pastikan Anda membawa alat ini sepanjang perjalanan sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dua fungsi ini biasanya bisa ditemukan dalam satu alat.

Seat belt cutter and window breaker akan membantu Anda memotong sabuk mobil yang macet. Alat ini juga bisa diandalkan untuk memecahkan kaca mobil apabila pintu tidak bisa dibuka.

5. Senter dan Baterai


Senter dan Baterai
pxhere.com

Tidak ada yang tahu jika Anda tiba-tiba terjebak di tempat yang gelap gulita saat malam hari. Untuk membantu penglihatan, maka keberadaan senter akan sangat membantu.

Pastikan Anda sudah mengisi dayanya hingga penuh sebelum berangkat. Bagi Anda yang menggunakan senter bertenaga baterai, tak ada salahnya membawa baterai cadangan agar senter bisa digunakan lebih lama.

6. Camilan Ringan dan Air Mineral


Camilan Ringan dan Air Mineral
pxhere.com

Terlalu lama berkendara bisa membuat Anda lelah. Rasa lapar juga bisa datang kapan saja terutama jika tubuh kelelahan. Membawa air mineral dan makanan sebagai camilan bisa menjadi opsi cerdas untuk memastikan Anda mengemudi dalam keadaan nyaman.

Saat merasa lapar dan tak kunjung menemukan restoran atau depot makanan, maka bekal atau camilan ini bisa digunakan sebagai penolong di kondisi darurat. Tentu saja untuk keselamatan, tetap utamakan fokus berkendara, ya.

7. Kabel Derek


Kabel Derek
pxhere.com

Benda otomotif yang satu ini berguna untuk menarik mobil Anda ketika mogok. Mungkin ada kalanya Anda tidak bisa memanfaatkan layanan asuransi atau jasa bengkel resmi untuk menderek mobil Anda.

Sehingga Anda perlu meminta bantuan kerabat atau saudara untuk menjemput. Di saat-saat seperti inilah Anda memerlukan yang namanya kabel derek sebagai persiapan darurat.

8. Alat Pemadam Api


 Alat Pemadam Api
pixabay.com

Kebakaran mobil bisa terjadi kapan saja oleh sebab itu sebagai langkah antisipasi Anda perlu membawa alat pemadam kebakaran. Jika tidak memungkinkan membawa pemadam berukuran besar, bisa menggunakan yang lebih ringan yakni yang berukuran sekitar 1 kilogram saja.

Itulah tadi benda-benda yang sebaiknya disiapkan sebelum berangkat melakukan perjalanan. Bepergian jarak jauh dengan menggunakan mobil sendiri memang menyenangkan. Dibanding menggunakan angkutan umum, bepergian naik mobil sendiri bisa lebih fleksibel.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bepergian menggunakan kendaraan pribadi juga perlu melakukan antisipasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang tertarik membaca tips menghindari tabrakan beruntun bisa membacanya di artikel ini. Intip juga cara merawat mobil agar tetap awet di sini.

You can share this post!

Related Posts