Pendaftaran SNMPTN 2021 Resmi Dibuka, Pelajari Trik Jitu Ini Agar Bisa Lolos
SerbaSerbi

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 resmi dibuka pada Senin (15/2) hari ini. Sebelum mendaftar, pelajari trik jitu ini agar meningkatkan peluang lolos SNMPTN.

WowKeren - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 resmi dibuka pada hari ini, 15 Februari hingga 24 Februari 2021. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebelumnya juga sudah menjelaskan cara dan tahapan bagi pendaftar yang berniat mengikuti SNMPTN 2021.

LTMPT menjelaskan jika pendaftaran SNMPTN 2021 ini akan menyediakan kuota minimum 20 persen dari daya tampung. Proses dan hasil seleksi jalur SNMPTN 2021 akan ditentukan berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Peserta jalur seleksi ini adalah siswa eligible yang telah dipilih berdasarkan pemeringkatan sekolah.

"Yang dipilih sekolah tersebut itulah siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021,” ujar Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto dalam sosialisasi seperti dikutip dari akun YouTube LTMPT OFFICIAL, Kamis (4/2). “Yang menentukan siapa siswa eligible adalah wewenang sekolah.”

Daftar SNMPTN

Berbagai Sumber

Nantinya, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN. Namun jika memilih dua prodi, maka salah satu prodi harus berada di PTN yang sama dengan provinsi sekolah siswa tersebut. Berbeda jika hanya memilih satu prodi, siswa bebas memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemedikbud juga telah membagikan trik agar peserta SNMPTN 2021 bisa lolos. Berdasarkan akun instagram @ditjen.dikti, berikut tips dan trik agar meningkatkan peluang lolos SNMPTN 2021:

1. Pilih Jurusan secara Tepat

Sebelum mendaftar SNMPTN, pertimbangkan jurusan yang ingin diambil sebaik mungkin dan pastikan sesuai minat. Jika telah menentukan program studi yang diinginkan, mulailah mencari PTN yang menyediakan jurusan tersebut.

Kemendikbud menilai sangat penting untuk menentukan program studi sesuai minat. Pasalnya, faktor ini mampu membuat siswa nantinya menjalani masa-masa kuliah sebagai mahasiswa dengan bersemangat.

2. Realistis dan Sesuai Nilai Rapor

Nilai Rapor

Berbagai Sumber


Salah satu syarat terpenting dalam mendaftar SNMPTN adalah harus memiliki prestasi atau nilai akademik yang tinggi di sekolah. Karena itu, kenali batas kemampuan diri sendiri sesuai dengan nilai rapor yang sudah didapatkan semasa sekolah agar dapat menentukan PTN yang sesuai.

3. Cari Tahu Sainganmu

Sesuaikan prodi yang menjadi minat dengan saingan yang mungkin akan dilawan. Kemendikbud menyarankan agar sebisa mungkin menghindari jurusan yang menumpuk peminatnya. Pasalnya, prodi dengan peminat banyak membuat peluang untuk lolos SNMPTN 2021 menjadi semakin kecil.

4. Pahami Relasi Sekolah

Pahami juga terkait sekolah tempat menimba ilmu apakah memiliki hubungan yang baik dengan kampus yang diminati. Hal ini dilakukan demi mengetahui nilai sekolah di PTN. Terlebih, nilai sekolah di setiap PTN kemungkinan berbeda, dan setiap PTN juga memiliki kriteria penilaian sekolah tersendiri.

5. Pelajari Track Record Alumni

PTN

Bberbagai Sumber

Mulai telusuri dan pelajari alumni dari sekolah tempat menimba ilmu paling banyak masuk ke PTN mana saja. Selain itu, mulai cari prestasi apa saja alumni dari sekolah peserta SNMPTN di PTN yang mereka masuki.

Kemendikbud menyebut prestasi alumni sekolah di PTN yang akan dituju dapat mempengaruhi kelolosan peserta SNMPTN. Sebagai contoh jika alumni memiliki sikap dan nilai yang baik, maka peluang lolos di tahap SNMPTN 2021 bagi peserta baru akan semakin meningkat.

6. Cari Info Mengenai Kuota

Terakhir, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kuota jurusan yang kamu pilih di suatu PTN. Langkah ini dilakukan sebagai bahan untuk menganalisis kemungkinan lolos. Jangan lupa selalu perhatikan ketentuan dan syarat pendaftaran SNMPTN 2021 lainya dalam situs web LTMPT.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts