Indah dari Luar, 7 Destinasi di Indonesia Ini Ternyata Punya Sejarah Kelam
commons.wikimedia.org/Thomas Fuhrmann
Travel

Banyak tempat di Indonesia yang menyimpan sejarah kelam masa lalu, yang tak jarang dari luar, tempat-tempat ini justru menawarkan keindahan alam yang eksotis.

WowKeren - Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan banyak sejarah. Banyak tempat yang menyimpan nilai sejarah masa lalu. Tak jarang pula tempat-tempat ini justru dijadikan sebagai lokasi wisata karena daya tarik tersebut.

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, bisa berkunjung ke tempat-tempat seperti itu. Selain itu, menggali informasi sejarah yang pernah terjadi di tempat tersebut bisa menjadi sangat menarik. Tak jarang pula, tempat-tempat tersebut menyimpan sejarah yang kelam. Berikut beberapa lokasi wisata yang indah namun memiliki cerita kelam yang tak terduga.

(wk/zodi)

1. Gua Jomblang, Yogyakarta


Gua Jomblang, Yogyakarta
visitingjogja.com

Gunung Kidul Yogyakarta boleh dibilang merupakan surganya para traveler. Hal ini mengingat Gunung Kidul memiliki banyak lokasi alami yang menawarkan lanskap yang eksotis, salah satunya Gua Jomblang yang terletak di Jetis Wetan. Goa ini merupakan salah satu gua vertikal yang menyuguhkan keindahan sinar matahari yang disebut 'cahaya surga'.

Namun siapa sangka jika gua eksotis ini pernah menjadi saksi bisu pembantaian massal orang-orang yang dituduh terlibat Partai Komunis Indonesia? Berdasarkan informasi yang dihimpun, orang-orang tersebut dijejerkan di bibir gua dengan tangan saling terikat satu dengan yang lain. Ketika salah seorang ditembak jatuh ke dalam gua maka anggota lainnya akan ikut terjatuh.

2. Lawang Sewu, Semarang


Lawang Sewu, Semarang
commons.wikimedia.org/22Kartika

Lokasi wisata yang satu ini cukup santer jika berbicara mengenai destinasi sejarah di Indonesia. Lawang Sewu adalah destinasi yang wajib dikunjungi ketika datang ke Semarang. Disebut Lawang Sewu karena bangunan yang dibangun pada 1904-1907 ini memiliki pintu yang sangat banyak.

Memiliki arsitektur bergaya Eropa, gedung ini rupanya juga menyimpan sejarah kelam. Gedung yang merupakan ikon Kota Semarang ini dulunya dijadikan sebagai penjara bawah tanah yang digunakan untuk menyiksa para penduduk pribumi. Tempat yang paling angker adalah lorong bawah tanah mengingat banyaknya korban penyiksaan.

3. Pulau Nusa Barung, Jawa Timur


Pulau Nusa Barung, Jawa Timur
Instagram/rofiant0

Sekilas, Pulau Nusa Barung memang menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis. Pulau yang terletak di Jember ini menjadi cagar alam sehingga tidak berpenghuni, yang membuatnya tampak kian asri. Namun siapa sangka jika pulau ini menyimpan cerita kelam?

Sebelumnya, pulau ini berpenghuni. Pada tahun 1777, terjadi peperangan antara Kerajaan Blambangan dan pemerintah Belanda yang menyebabkan korban berjatuhan. Belanda kemudian melarang orang untuk berkunjung ke pulau yang pernah menjadi penghasil sarang burung walet ini dan mengubahnya menjadi cagar alam.

4. Gua Jepang, Bandung


Gua Jepang, Bandung
Tempatliburandibandung.blogspot.co.id

Gua Jepang terletak di kawasan utara Kota Bandung. Gua yang berusia ratusan ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat akhir pekan. Berdasarkan cerita yang beredar, begitu kamu berkunjung ke gua ini akan bisa merasakan suasana mistis yang kental.

Memiliki kondisi yang gelap dan lembap, gua ini pernah menjadi saksi bisu tewasnya ratusan pekerja paksa di era penjajahan Jepang atau romusha. Ratusan pekerja paksa tersebut tewas saat membangun gua ini selama tiga tahun. Gua ini juga menjadi tempat terbunuhnya ratusan prajurit Jepang yang dibantai sekutu pada tahun 1945.

5. Pulau Kumala, Tenggarong


Pulau Kumala, Tenggarong
sukanyasar.com

Pulau Kumala yang terletak di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur, merupakan daerah delta di Sungai Mahakam. Taman wisata yang berjarak 27 km dari Kota Samarinda ini dapat ditempuh melalui jembatan Kutai Kartanegara. Pulau seluas 76 hektar ini dulunya merupakan semak belukar.

Siapa sangka jika pulau yang Instagramable dan ramai dikunjungi wisatawan ini ternyata menyimpan sejarah yang kelam. Sebelum tahun 2000, pulau ini tak berpenghuni sehingga dipercaya telah menjadi sarang halus. Banyak yang mengaku melihat penampakan makhluk halus.

6. Museum Fatahillah, Jakarta Barat


Museum Fatahillah, Jakarta Barat
commons.wikimedia.org/edi wibowo

Museum Fatahillah terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Museum ini kerap menjadi tempat nongkrong para pemuda hingga lokasi piknik untuk keluarga. Menilik ke sejarah masa lampau, tempat ini dulunya merupakan penjara dan tempat eksekusi.

Tragedi itu terjadi sekitar tahun 1740, ketika Gubernur Hindia Belanda Adriaan Valckenier pernah memerintahkan ribuan orang Tionghoa berbaris di depan Museum Fatahillah. Ribuan orang ini kemudian dieksekusi oleh para algojo. Pembantaian yang dikenal sebagai 'Geger Pacinan' ini disebabkan karena isu ekonomi dan politik.

7. Hutan Jati Petak 45F, Kendal, Jawa Tengah


Hutan Jati Petak 45F, Kendal, Jawa Tengah
Pixabay

Hutan Jati Petak 45F terletak di Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kepercayaan masyarakat sekitar yang menganggap tempat ini angker bukan tanpa alasan. Pada tahun 1965, kawasan hutan ini menjadi saksi biksu pembantaian terduga simpatisan PKI. Orang-orang malang ini dipaksa menggali lubang kuburnya sendiri sebelum akhirnya diberondong senjata.

Itulah tadi beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi jika kamu memang penasaran dan ingin merasakan suasananya secara langsung. Selain tempat-tempat di atas, ada destinasi bersejarah lainnya yang bisa kamu kunjungi, seperti yang bisa kamu simak pada artikel ini. Intip juga istana peninggalan sejarah berikut ini yang akan sangat sayang sekali jika dilewatkan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru