8 Destinasi Wisata Istana Peninggalan Sejarah di Indonesia yang Instagramable
kintamani.id
Travel

Ingin buat feed Instagram keren sekaligus belajar sejarah? Segera kunjungi tempat-tempat ini deh.

WowKeren - Selain tren kuliner, tren traveling atau jalan-jalan menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Ya, sejak hadirnya media sosial seperti Instagram, keinginan untuk memamerkan kegiatan-kegiatan menyenangkan semakin menjangkit anak muda.

Mereka berlomba-lomba untuk membuat feed Instagram mereka menjadi semenarik mungkin. Selain dengan memasang foto-foto makanan yang indah dipandang mata, berbagai foto kegiatan traveling juga menjadi satu topik yang sangat disukai pecinta media sosial.


Maka, tak heran bila akhirnya destinasi wisata seolah menjamur dan tersebar di mana-mana. Mulai dari destinasi wisata alami hingga buatan yang diciptakan khusus untuk para pelancong yang ingin membuat Instagram mereka jadi semenarik mungkin. Sayangnya, tak semua wisata buatan tersebut memberikan manfaat bagimu selain hanya untuk tempat berfoto.

Eh, tapi tunggu dulu. Kamu ternyata bisa banget lho berwisata ke tempat bersejarah sekaligus mendapatkan foto-foto yang instagramable. Ya, seperti ke istana-istana peninggalan sejarah di Indonesia ini misalnya. Jika kamu bertandang ke sana, bukan cuma foto kece yang kamu dapatkan, namun juga pengetahuan akan peninggalan sejarah Indonesia. Liburanmu jadi lebih keren kan? Sudah dapat foto kece, bisa tahu tempat bersejarah pula, benar-benar generasi milenial yang top banget.

Lantas, wisata peninggalan sejarah di mana saja yang bisa kamu jadikan spot instagramable ini? Yuk, langsung aja ketahui di artikel berikut ini. Jangan lupa untuk segera ajak teman-temanmu berkunjung ke sini, ya!

1. Taman Sari Water Castle di Yogyakarta yang Hits Banget


Taman Sari Water Castle di Yogyakarta yang Hits Banget

Ingin berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang bisa membuat feed Instagram milikmu jadi keren banget? Yogyakarta jawabannya. Ya, salah satu kota di Indonesia ini memang menyimpan segudang tempat bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Sari Water Castle.

Taman Sari yang ada di Yogyakarta ini merupakan sebuah situs bekas taman Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman istana ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765. Kamu akan mendapati bagian-bagian bangunan seperti gedung, kolam pemandian, jembatan, kanal air, hingga lorong bawah air.

Banyak sekali spot yang instagramable di Taman Sari Yogyakarta. Kamu hanya perlu memainkan jepretan kameramu untuk mendapatkan foto-foto di bekas bagian istana ini. Salah satu spot yang menjadi andalan di Taman Sari adalah di bagian puing Masjid Sumur Gumuling. Selain itu, berfoto di bagian Pemandian Umbul Binangun juga tak kalah membuat fotomu tampil instagramable.

2. Wisata Sejarah yang Instagramable di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat


Wisata Sejarah yang Instagramable di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Masih di daerah Yogyakarta, tentu saja kamu tak boleh melewatkan wisata peninggalan sejarah di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Terletak tak jauh dari Taman Sari, kamu bisa mempelajari sejarah kembali sekaligus mendapatkan banyak foto instagramable di Keraton Ngayogyakarta ini.

Hingga saat ini, selain sebagai destinasi wisata, Keraton Ngayogyakarta juga masih difungsikan sebagai istana dan tempat tinggal keluarga kerajaan Yogyakarta. Kendati demikian, ada beberapa tempat yang memang difungsikan sebagai destinasi wisata dan sangat menarik untuk dikunjungi. Tentu saja juga sebagai tempat-tempat berfoto.

Untuk mendapatkan spot yang menarik di tempat ini, kamu bisa berkunjung ke bagian museum atau bangunan di koridor Kedhaton. Dengan berpose di sana, kamu akan mendapatkan foto dengan latar belakang istana dengan arsitektur kuno yang sangat indah.

3. Mempelajari Peninggalan Sejarah di Istana Puri Saren Ubud, Bali


Mempelajari Peninggalan Sejarah di Istana Puri Saren Ubud, Bali

Beralih dari Yogyakarta, kamu bisa berkunjung ke kota wisata lain yang tak kalah menarik dari Yogyakarta. Mana lagi kalau bukan Bali. Yap, Bali memang terkenal dengan berbagai destinasi wisata pantai dan keindahannya. Tak heran jika Bali banyak sekali didatangai turis lokal maupun internasional.

Jika kamu traveling ke Bali, bukan hanya pantai saja lho yang bisa kamu jadikan spot instagramable. Kamu juga bisa berkunjung ke destinasi bekas istana peninggalan sejarah yang ada di Bali.

Salah satu wisata peninggalan sejarah yang punya spot instagramable di Bali adalah Istana Puri Saren di Ubud, Bali. Istana ini merupakan peninggalan budaya leluhur Bali yang masih sangat terawat hingga sekarang. Istana ini menajdi peninggalan pemerintahan Kerajaan Ubud yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Di lokasi ini, kamu bisa menemui banyak bangunan ciri khas Bali. Lokasinya yang mudah dijangkau dan berada dekat dengan Pasar Seni Ubud akan membuat kegiatan traveling kamu di Bali menjadi lebih menyenangkan. Baru saja masuk di bangunan ini, kamu akan disuguhkan pemandangan Gapura Paduraksa Istana Puri Saren. Dengan berdiri di depannya saja, kamu sudah bisa mendapatkan foto yang instagramable banget.

Beranjak ke bagian dalam, kamu akan disuguhi pemandangan menarik dan asri dari taman yang ada di Puri Saren. Berlatarkan bangunan-bangunan khas Bali dan langit yang biru, feed Instagram milikmu pasti akan semakin kece. Kamu juga tak ketinggalan mendapatkan pengetahuan sejarah Bali jika berkunjung ke sini.

4. Istana Air Taman Ujung Karangasem, Spot Instagramable dan Bersejarah di Bali


Istana Air Taman Ujung Karangasem, Spot Instagramable dan Bersejarah di Bali

Masih di Bali, jangan lupa juga untuk mampir ke wisata peninggalan sejarah lainnya. Setelah mengunjungi Istana Puri Saren, kamu juga bisa bertandang ke Istana Air Taman Ujung Karangasem di Bali. Nama lain dari tempat wisata ini adalah Taman Sukasada. Mirip dengan Taman Sari di Yogyakarta, Taman Ujung juga merupakan destinasi wisata istana air.

Menariknya, di sini kamu tidak hanya menemukan arsitektur khas Bali saja. Istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem I ini juga mengusung gaya Belanda dan Cina. Sudah pasti kamu akan banyak menemukan spot instagramable jika berkunjung ke salah satu wisata peninggalan sejarah di Indonesia ini.

Lokasinya yang sangat indah akan membuat kamu berdecak kagum jika bertandang ke sini. Kamu akan mendapati latar belakang pemandangan pemukiman penduduk, persawahan, hingga laut biru yang terbentang luas. Saking indahnya, banyak wisatawan yang melakukan pemotretan di sini, lho. Jadi, jika kamu berniat membawa kamera profesional, akan dikenakan biaya tambahan sebanyak Rp 50 ribu.

5. Tirta Gangga, Taman Air yang Cantik Peninggalan Kerajaan di Bali


Tirta Gangga, Taman Air yang Cantik Peninggalan Kerajaan di Bali

Bali benar-benar tidak ada habisnya menyuguhkan tempat wisata peninggalan sejarah, namun tetap instagramable. Beralih dari Taman Ujung, kamu bisa berkunjung ke Tirta Gangga yang juga merupakan Taman Air peninggalan Kerajaan Bali. Lokasinya juga berada di Karangasem.

Lokasi wisata ini banyak didatangi oleh para wisatawan asing. Namun, pesonanya kini juga sudah turut menyihir wisatawan lokal. Lokasi ini dibangun pada tahun 1948. Tirta Gangga dibangun sebagai sebuah penghormatan kepada masyarakat Hindu di Bali.

Nama Gangga berasal dari nama sungai yang terkenal di India. Air di Tirta Gangga ini juga biasa digunakan untuk berbagai upacara adat karena dianggap suci.

Di tengah-tengah taman ini, kamu akan mendapati salah satu spot cantik. Beberapa patung dewa dan dewi menghiasi kolam dengan hiasan air mancur bertingkat 11. Air mancur indah tersebut juga menjadi daya tarik tempat ini, lho. Nama air mancur tersebut adalah Nawa Sanga.

6. Menjadi yang Terindah, Asyiknya Berwisata ke Istana Maimun di Medan


Menjadi yang Terindah, Asyiknya Berwisata ke Istana Maimun di Medan

Tinggalkan Bali, di Medan, kamu juga bisa menemui wisata peninggalan sejarah yang instagramable banget. Lokasi tersebut adalah Istana Maimun Medan.

Bangunan salah satu istana peninggalan sejarah ini sangatlah megah dan indah. Seperti halnya Keraton Yogyakarta, bangunan Istana Maimun di Medan ini juga punya banyak spot menarik

Beralamatkan di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja, Medan, istana ini menjadi salah satu wisata istana yang terindah di Indonesia. Maka, sayang banget jika kamu tidak berkunjung dan berfoto-foto sekaligus mempelajari sejarah di sini.

Istana Maimun memiliki model arsitektur bergaya Melayu, Spanyol, India, dan juga Italia. Tak heran jika kamu akan menemukan banyak bangunan menarik di sana untuk dijadikan spot instagramable.

Jika sudah puas berfoto-foto di istana yang dominan berwarna kuning ini, jangan lupa untuk mempelajari sejarahnya, ya. Di sana, kamu bisa melihat berbagai peninggalan Kerajaan Deli hingga ke singgasana rajanya. Salah satu yang menarik adalah bangunan kecil beratapkan ijuk yang ada di sisi kanan istana. Konon katanya, di sana terdapat Meriam Puntung yang dipercaya sebagai penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali.

7. Istana Siak Sri Inderapura di Riau dengan Arsitektur Khas Melayu dan Eropa


Istana Siak Sri Inderapura di Riau dengan Arsitektur Khas Melayu dan Eropa

Berada di Provinsi Riau, kamu bisa mempelajari sejarah sekaligus mendapatkan spot instagramable saat berkunjung ke Istana Siak Sri Inderapura. Istana yang juga dinamai Istana Matahari Timur ini merupakan kediaman resmi dari Sultan Siak yang dibangun pada tahun 1983.

Istana Siak memiliki arsitektur yang khas Melayu dan juga Eropa. Bangunannya yang indah akan membuat kamu puas berfoto-foto di sana. Tentu saja kamu juga bisa mempelajari sejarah salah satu bangunan peninggalan sejarah ini.

Menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Riau, akan sangat sayang jika kamu melewatkan kunjungan ke Istana Siak ini. Jangan lupa untuk berfoto di depan bangunan istananya yang akan membuat fotomu instagramable.

8. Keraton Kasepuhan Cirebon yang Punya Banyak Spot Instagramable


Keraton Kasepuhan Cirebon yang Punya Banyak Spot Instagramable

Salah satu wisata istana yang juga bisa banget kamu datangi adalah Keraton Kasepuhan di Cirebon. Keraton Kasepuhan di Cirebon ini merupakan bangunan termegah di Cirebon. Di sini, kamu akan menemukan spot instagramable di setiap sudut bangunannya.

Halaman depan keraton yang dikelilingi tembok bata merah akan sangat pas dijadikan latar belakang fotomu. Belum lagi bangunan musemu di dalamnya yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan latar belakang fotomu.

Namun, ada satu spot yang banyak menarik perhatian wisatawan jika berkunjung ke wisata Istana Keraton Kasepuhan Cirebon ini. Spot tersebut adalah di museum di mana terdapat kereta Singa Barong yang menjadi kereta kencana Sunan Gunung Jati.

Nah, untuk semakin mendukung fotomu agar menjadi instagramable, kamu bisa memakai beberapa saran aplikasi foto di sini . Jika ingin feed Instagram milikmu semakin kece, ikuti juga tips mengedit foto di sini.

You can share this post!

Related Posts