Buat Senyaman Mungkin, Ini 7 Rahasia Agar Rumah Bisa Jadi Penangkal Stres
pixabay.com
SerbaSerbi

Barang-barang yang tergeletak di sana-sini menjadikan rumah terlihat tidak teratur dan kacau. Tanpa disadari, hal-hal sepele semacam ini bisa meningkatkan level stres dalam diri.

WowKeren - Bagi sebagian orang, rumah adalah tempat yang dinanti-nanti usai seharian bekerja hingga lelah. Dengan berada di rumah, diharapkan mampu beristirahat untuk melepas penat. Namun terkadang kenyataan tak seindah harapan. Hal ini terjadi ketika rumah justru menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Alasan inilah yang membuat beberapa orang enggan pulang ke rumah. Bahkan bisa jadi ketika mendekati jam pulang kerja, akan timbul beban baru karena harus menghadapi rumah yang bisa membuat lebih tertekan. Apakah kamu salah satunya?

Jika demikian, maka kamu tak boleh tinggal diam. Kamu harus mencari cara agar rumahmu bisa menjadi tempat untuk melepas stres. Triknya cukup mudah, kok. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumahmu terasa lebih nyaman.

(wk/zodi)

1. Selalu Pastikan Barang-Barang Tertata Rapi


Selalu Pastikan Barang-Barang Tertata Rapi
pixabay.com

Coba perhatikan lagi, apakah sumber masalah yang membuatmu ogah berada di rumah terlalu lama adalah karena penataan barang yang kurang rapi? Jika demikian, maka mau tidak mau kamu harus "memaksa" dirimu untuk melakukan bersih-bersih untuk menyingkirkan barang yang memang sudah tidak diperlukan.

Barang-barang yang tergeletak di sana-sini menjadikan rumah terlihat tidak teratur dan kacau. Jadi, mulai tata segala sesuatunya di tempat yang sesuai. Barang-barang yang tersusun rapi akan menghadirkan kesan bersih dan menenangkan. Karena aktivitas ini pada umumnya membutuhkan waktu berjam-jam maka jika kamu sibuk bekerja, manfaatkan waktu di akhir pekan.

2. Perbanyak Intensitas Cahaya yang Masuk


Perbanyak Intensitas Cahaya yang Masuk
pixabay.com

Rumah yang serba gelap juga bisa membuat suasana hati kian kelabu. Kurangnya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan di pagi hingga sore hari bisa membuat udara pengap dan rasa yang tidak nyaman. Di sinilah pentingnya sirkulasi udara melalui ventilasi dalam rumah.

Manfaatkan jendela rumah untuk mendapatkan penerangan alami dari sinar matahari saat pagi hari. Sinar matahari selain menyehatkan juga bisa memperbaiki mood dan menghadirkan suasana yang berbeda di dalam ruangan. Sedangkan bagi ruangan yang tidak memiliki jendela, kamu bisa mengakalinya dengan cara ini.

3. Atur Rumah dengan Dekorasi yang Sesuai


Atur Rumah dengan Dekorasi yang Sesuai
pixabay.com

Penataan barang-barang maupun furniture juga penting. Kamu harus memperhatikan keselarasan. Jangan sampai kamu memakai furniture atau barang-barang yang berukuran besar di kamar yang sempit. Alih-alih nyaman, kamu justru bisa merasa sumpek dengan itu semua.

Begitu juga dengan pemilihan warna. Pilih warna yang terang atau warna pastel yang kalem untuk menghadirkan kesan sejuk dan tenang di dalam ruangan. Untuk tips penataan kamar sempit, kamu bisa menyimaknya di artikel ini, ya.

4. Hilangkan Bau Tidak Sedap


Hilangkan Bau Tidak Sedap
pixabay.com

Rumah yang tidak terawat kebersihannya bisa menimbulkan bau yang tak sedap. Apalagi jika barang-barang tidak tertata rapi dan bercampur antara pakaian kotor dan bersih. Ditambah dengan minimnya pencahayaan alami, sudah barang tentu udara di dalam rumah akan pengap dan bikin tak nyaman.

Selain memastikan adanya ventilasi udara di siang hari, tak ada salahnya kamu meletakkan pengharum ruangan di dalam rumahmu. Pilih pengharum ruangan yang memberikan aroma menenangkan sehingga akan mempengaruhi mood-mu. Kondisi rumah yang bersih dan harum dengan udara segar tentu akan membuatmu betah berlama-lama.

5. Tanam Pepohonan di Pekarangan Maupun Indoor


Tanam Pepohonan di Pekarangan Maupun Indoor
pixabay.com

Percaya atau tidak, tanaman hijau bisa membantumu meredakan stres, lho. Jika kamu memiliki pekarangan di sekitar rumah, manfaatkanlah dengan baik untuk menanam pepohonan rindang. Udara yang sejuk dari tanaman akan menghadirkan sensasi menenangkan di dalam rumah.

Jika tidak memungkinkan, maka gunakanlah tanaman indoor. Beberapa tanaman indoor selain digunakan untuk dekorasi ruangan juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara. Seperti yang bisa kamu simak pada artikel ini. Karena menjadikan udara lebih sejuk, menanam pepohonan di rumah juga bisa membuatmu tak perlu banyak menyalakan pendingin ruangan, bukan?

6. Fungsikan Ruangan Sebagaimana Mestinya


Fungsikan Ruangan Sebagaimana Mestinya
pixabay.com

Menerapkan kebiasaan yang baik juga bisa membantumu mengurangi stres. Berbicara mengenai kebiasaan baik di rumah, mulailah dari hal yang sederhana. Misalkan dengan tidur di kamar tidur alih-alih di sofa, makan di dapur alih-alih di atas ranjang sambil menonton TV, dan menonton TV di ruang keluarga.

Dengan memfungsikan tempat-tempat di rumah sebagaimana mestinya maka hal itu akan menambah keteraturan dan menghindari kondisi kacau di dalam rumah. Kamu tak perlu risau dengan semut yang memakan sisa makananmu di kasur, atau selimut yang membentang di sofa ruang tamu.

7. Pasang Hiasan pada Kulkas atau Dinding


Pasang Hiasan pada Kulkas atau Dinding
pexels.com/Charlotte May

Bagi kamu yang suka dengan hal-hal yang "manis" atau lucu, bisa melakukan poin terakhir ini. Pasang dekorasi pada kulkasmu misalnya dengan menempelkan magnet buah-buahan atau karakter lain yang kamu suka. Tapi ingat, jangan memasang memo deadline di kulkas. Meskipun kamu bermaksud agar tidak melupakan deadline tersebut namun hal ini justru membuatmu kepikiran.

Di kamar tidur pribadi, kamu juga bisa memasang hiasan glow in the dark berupa bintang dan bulan. Hiasan ini membuat kamar tidak terlalu gelap ketika kamu mematikan lampu untuk mendapatkan tidur maksimal. Bisa jadi, dinding yang berhiaskan "bintang-bintang" akan menghadirkan rasa nyaman sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

Nah, tips-tips di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Selain membuat rumah menjadi nyaman ditempati, kamu juga perlu merawatnya dengan baik. Bagi kamu yang ingin mengetahui tips merawat lantai kayu agar tidak mudah berjamur, bisa menyimaknya di artikel ini.

You can share this post!

Related Posts