Birthday Spotlight: Happy Lee Jong Suk Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk merayakan ulang tahun Lee Jong Suk yang jatuh pada Selasa (14/9) lalu, WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier bintang 'While You Were Sleeping' tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Lee Jong Suk yang jatuh pada Selasa (14/9) lalu, tim redaksi akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier pemain "Pinocchio" tersebut.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Lee Jong Suk. Aktor tampan kelahiran 1989 ini telah wara-wiri di sejumlah drama dan film populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Secret Garden", "School 2013", "I Can Hear Your Voice", "Doctor Stranger", "W" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Lee Jong Suk di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Lee Jong Suk merupakan sulung dari tiga bersaudara yang lahir pada 14 September 1989 di Yongin, Korea Selatan. Namun dia pindah ke Seoul saat SMA untuk memasuki sekolah seni. Setelah lulus SMA, Lee Jong Suk melanjutkan pendidikan di jurusan perfilman Universitas Konkuk.

Sebelum menjadi aktor terkenal seperti sekarang, Lee Jong Suk mengawali kariernya sebagai model. Pada tahun 2005, dia menjadi model catwalk termuda di acara Seoul Fashion Week di umurnya yang ke-16 tahun.

Lee Jong Suk juga sempat menjadi trainee di SM Entertainment saat masih muda. Karena itulah dia berteman baik dengan Yoona dan Hyoyeon Girls' Generation.

2. Debut


Debut

Lee Jong Suk memulai debutnya pada tahun 2005 dengan membintangi film pendek berjudul "Sympathy". Kendati demikian, karier aktingnya resmi dimulai pada tahun 2010 saat ia debut dalam drama dan film layar lebar.

Drama pertama Lee Jong Suk adalah "Princess Prosecutor" yang turut dibintangi oleh Kim So Yeon. Dalam drama SBS ini, dia berperan sebagai karakter pendukung bernama Lee Woo Hyun.

Di tahun yang sama, Lee Jong Suk ikut ambil bagian dalam drama hits "Secret Garden" sebagai Han Tae Sun. Meski hanya tampil beberapa episode, kemunculannya cukup menarik perhatian.

Sedangkan film layar lebar pertama Lee Jong Suk adalah "Be With Me" atau yang juga dikenal dengan "Ghost". Dalam film bergenre horor ini, Lee Jong Suk mengambil peran pendukung sebagai Baek Hyun Wook.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Tahun 2012-2013 tampaknya menandai awal kesuksesan Lee Jong Suk. Sebab namanya benar-benar melambung saat membintangi drama "School 2013" dan "I Can Hear Your Voice".

Dia menampilkan akting brilian melalui dua drama tersebut hingga diganjar beberapa penghargaan akting. Namanya pun semakin dikenal luas dan saat itu Lee Jong Suk dikenal sebagai salah satu aktor idola remaja baru.

Berkat aktingnya di "School 2013", Lee Jong Suk dinobatkan sebagai Best New Actor dalam ajang penghargaan KBS Drama Awards 2012. Sedangkan penghargaan yang dia dapatkan berkat "I Can Hear Your Voice" adalah Ten Star Award dan Excellent Actor dari SBS Drama Awards 2013.

Sejak saat itu, Lee Jong Suk semakin banjir tawaran akting dan beberapa dramanya sukses besar. Mulai dari "Doctor Stranger", "Pinocchio", "W" hingga "While You Were Sleeping".

Khususnya untuk "Pinocchio", Lee Jong Suk menerima lebih dari lima penghargaan akting. Salah satunya adalah Best Actor di ajang Korea Drama Awards 2015.

Setahun setelahnya, dia menyabet Daesang (penghargaan utama) dalam ajang MBC Drama Awards 2016 untuk perannya di drama "W". Pada tahun 2017, dia lagi-lagi dinobatkan sebagai Best Actor dalam ajang SBS Drama Awards berkat aktingnya yang mumpuni di "While You Were Sleeping".

Selain beberapa penghargaan di atas, tentunya masih banyak penghargaan yang diterima Lee Jong Suk. Sebab dia kerap menerima piala untuk kategori Popularity Awards dan Best Couple Awards bersama lawan mainnya.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Sejak berkarier di industri hiburan, Lee Jong Suk pernah beberapa kali diterpa rumor kencan. Sebagian besar wanita yang digosipkan berpacaran dengan Lee Jong Suk adalah lawan mainnya dalam drama. Mulai dari Park Shin Hye, Han Hyo Joo, Suzy, Jin Se Yeon hingga Kwon Nara.

Rumor kencan Lee Jong Suk dan Park Shin Hye merebak setelah keduanya menampilkan chemistry apik di drama "Pinocchio". Apalagi, Dispatch pernah melaporkan bahwa keduanya berkencan selama 4 bulan dan mengunggah foto mereka saat mereka liburan bersama di tahun 2015.

Kendati demikian, rumor itu langsung dibantah tegas oleh agensi kedua belah pihak. Agensi menegaskan bahwa Lee Jong Suk dan Park Shin Hye hanya teman dan mereka bertemu di luar negeri untuk urusan pekerjaan. Agensi juga mengatakan bahwa keduanya sudah berteman baik sebelum membintangi drama yang sama.

Dari sekian rumor kencan yang menerpa Lee Jong Suk, hubungannya dengan Kwon Nara menjadi yang paling diperhatikan. Menurut laporan media pada tahun 2019, keduanya memutuskan berpacaran setelah menjalani persahabatan dalam waktu yang lama.

Lee Jong Suk pertama kali bertemu Kwon Nara saat masih aktif di Hello Venus. Dia dikabarkan menyukai Kwon Nara terlebih dahulu dan sering memberinya hadiah.

Lee Jong Suk juga disebut sering menghubungi Kwon Nara dan memintanya untuk bergabung dengan agensi A-Man Project miliknya. Bahkan, dilaporkan bahwa Lee Jong Suk yang mengurus semua jadwal Kwon Nara dan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus kariernya.

Mereka juga sering terlihat berkencan dan menghabiskan waktu di kafe milik Lee Jong Suk, 89 Mansion, yang terletak di kawasan Shinsadong, Seoul. Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa Kwon Nara rajin mengunjungi Lee Jong Suk saat wamil.

Saat itu agensi langsung membantah rumor kencan mereka dan menegaskan bahwa hubungan mereka tak lebih dari senior dan junior. Kendati demikian, keduanya kembali diterpa rumor kencan pada April 2021.

Rumor itu mengatakan bahwa Lee Jong Suk memberi Kwon Nara mobil Ferrari sebagai hadiah ulang tahunnya. Namun agensi lagi-lagi membantah rumor kencan mereka.

Sedangkan rumor kencan Lee Jong Suk dengan Han Hyo Joo, Jin Se Yeon dan Suzy berasal dari bagusnya chemistry yang mereka miliki dalam drama. Ada banyak penggemar yang menganggap mereka berkencan karena selalu menampilkan interaksi manis ala pasangan baik di depan maupun di balik layar.

Dalam kasus Suzy sedikit berbeda. Sebab mereka juga pernah diterpa rumor kencan bahkan sebelum membintangi drama yang sama. Saat itu, Lee Jong Suk mengatakan bahwa dia tidak mengenal Suzy dan belum pernah bertemu dengannya.

5. Kontroversi


Kontroversi

Lee Jong Suk pernah terlibat dalam beberapa kontroversi selama berkarier di industri hiburan. Pada tahun 2014, dia pernah dikritik usai terciduk menepis tangan penggemar yang ingin memberinya hadiah di bandara.

Karena sikapnya tersebut, Lee Jong Suk sempat dituding terkena star syndrome. Namun, sang aktor akhirnya memberi klarifikasi dan menjelaskan bahwa dia tidak sengaja melakukan itu dan sama sekali tak bermaksud kasar kepada penggemarnya.

Di tahun 2017, Lee Jong Suk kembali jadi sasaran kritik setelah dianggap menjelek-jelekkan agensinya saat itu, YG Enterteinment. Hal itu bermula ketika Lee Jong Suk mengungkapkan kekecewaannya pada agensi usai acara fan meeting-nya ditunda.

"Masing-masing tim YG mempunyai kebanggaan dan harga diri yang tinggi, namun komunikasi tidak berjalan dengan baik," tulis Lee Jong Suk di Instagram saat itu.

Setelah menuai kontroversi, Lee Jong Suk mengklarifikasi bahwa dia sama sekali tidak mengkritik YG. Dia juga menyesal karena tidak menulis maksudnya dengan jelas hingga disalahpahami orang-orang.

Pada tahun 2018, Lee Jong Suk sempat menghebohkan penggemar Tanah Air karena dideportasi oleh pihak imigrasi Indonesia. Sebab dia menggunakan visa turis meski datang ke Indonesia dengan tujuan menggelar fanmeeting, sebuah kegiatan yang bisa dikategorikan sebagai bekerja.

Atas kejadian ini, Lee Jong Suk sempat tertahan di Bandara Soekarno Hatta dan terpaksa menunda jadwalnya di Korea. Kala itu agensi Lee Jong Suk menyatakan bahwa Yes24 selaku promotor melaporkan keuntungan lebih rendah dari yang mereka dapatkan.

Di sisi lain, Yes24 mengaku telah ditipu oleh pihak ketiga yang mengurus izin visa kerja Lee Jong Suk. Mereka juga membantah rumor yang mengatakan bahwa penahanan Lee Jong Suk berkaitan dengan pajak Yes24.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Esquire

Lee Jong Suk memiliki beberapa proyek menarik yang pastinya patut dinantikan. Pertama adalah film "Decibel" yang dibintanginya dengan Kim Rae Won dan Cha Eunwoo ASTRO. "Decibel" telah memulai proses syuting pada April lalu dan dijadwalkan tayang tahun ini.

Selanjutnya adalah drama tvN "Big Mouth" yang dibintanginya dengan Yoona SNSD. Meski dijadwalkan tayang tahun 2022, Lee Jong Suk dan Yoona diketahui sudah memulai proses syuting adegan pernikahan.

"Big Mouth" sendiri bercerita tentang pasangan suami istri bernama Park Chang Ho (Lee Jong Suk) dan Go Mi Ho (Yoona). Park Chang Ho bekerja sebagai pengacara dengan tingkat kemenangan 10 persen. Dia adalah orang yang banyak bicara hingga dijuluki dengan "Mulut Besar" atau "Big Mouth".

Suatu hari, Park Chang Ho terlibat dalam kasus pembunuhan dan entah bagaimana dia dianggap sebagai penipu jenius "Big Mouse". Situasi ini bahkan membuat nyawanya berada dalam bahaya.

Park Chang Ho memiliki istri bernama Go Mi Ho yang bekerja sebagai perawat. Dia tak hanya cantik dan berkepribadian baik, tapi juga membantu suaminya menjadi pengacara dan mendukungnya secara finansial maupun psikologis. Go Mi Ho juga membantu membersihkan nama suaminya saat dicurigai sebagai penipu jenius.

You can share this post!

Related Posts