Bukan Sesama Pelawak, Komeng Ungkap Pesaing Berat Untuk Bertahan di Panggung Hiburan
Instagram/komeng.original
Selebriti

Komeng berbagi cerita mengenai sepak terjang perjalanan kariernya di industri hiburan sebagai komedian. Menurut Komeng, di zaman ini pesaing paling berat bukanlah para komedian.

WowKeren - Komeng merupakan salah satu komedian senior yang dihormati oleh para rekan artis di Tanah Air. Karier Komeng terbilang cemerlang lewat beragam lawakan cerdas dan lucunya. Bisa bertahan di tengah munculnya pesaing dari generasi baru tentu bukan perkara mudah.

Tapi rupanya bukan itu yang menjadi halangan terberat bagi Komeng untuk mempertahankan kariernya. Komeng menyebut perkembangan zaman dan teknologi lah yang menjadi pesaing terberatnya dalam bertahan di industri hiburan.

"Kalau persaingan sih sama aja, sebenarnya yang jadi pesaing itu bukan kompetitor atau para pelawak lawan main saya, tapi justru kita itu harus bersaing dengan waktu, dengan zaman. Dari zaman dulu umpamanya orang udah cukup main slapstick, kan ke sini makin berubah tuh, ya kalau kita mau bertahan, ya kita harus ikuti (perkembangan zaman), sekarang zamannya ini, ya kita harus tahu," ungkap Komeng di kawasan Jakarta Selatan pada Rabu (3/11).

"Jadi buat saya teman-teman pelawak bukan saingan, tapi saingan saya ya zamannya itu," sambungnya.


Komeng mengungkapkan bagaimana dirinya harus bisa menyiapkan materi baru saat tampil off air di suatu tempat. Ia merasa tak bisa menggunakan lelucon yang sama dengan di tempat sebelumnya karena sudah bocor di media sosial.

"Makanya kalau zaman dulu off air itu, saya itu bisa pakai bahan yang sama, umpamanya saya di Jakarta terus main ke Surabaya, itu masih bisa pakai bahan yang sama, karena kan berjauhan," jelas Komeng.

"Tapi kalau zaman sekarang off air, udah ada yang merekam itu, kadang-kadang udah nongol di media sosial, jadi ya harus berubah-ubah terus, dan itu tantangan sih," lanjutnya.

Komeng juga mencoba memilih materi lelucon yang memberikan informasi dan edukasi. Ia beranggapan bahwa informasi dan edukasi akan lebih menarik saat disajikan lewat materi komedi.

"Ya sebenarnya komedi juga bisa memberikan edukasi ya, kadang banyak informasi yang diberikan kurang didengar masyarakat, tapi pas lewat komedi jadi banyak yang mau tahu, ya karena itu komedi," pungkas Komeng.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait