Diklaim Terbesar di Dunia, Sri Lanka Temukan Batu Safir Biru Alami Langka Seberat 310 Kilogram
AFP/Ishara S. Kodikara
SerbaSerbi

Pada Minggu (12/12), pihak berwenang Sri Lanka mengumumkan penemuan batu langka apa yang mereka klaim sebagai safir biru korundum alami terbesar di dunia.

WowKeren - Batu safir merupakan salah satu jenis batu permata atau batu mulia yang paling banyak digandrungi di seluruh dunia. Batu yang banyak diminati oleh para kolektor itu pada umumnya dijual dengan harga tinggi mengingat tak semua tempat di dunia bisa menghasilkannya.

Tak ayal jika pada umumnya, perhiasan yang dibuat dengan menyertakan batu safir akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Namun di Sri Lanka, batu yang langka ini justru ditemukan dalam ukuran yang sangat besar.

Pada Minggu (12/12), pihak berwenang Sri Lanka mengumumkan sebuah batu langka yang mereka klaim sebagai safir biru korundum alami terbesar di dunia. Korundum adalah mineral pembentuk batuan yang memiliki dua varietas permata utama yakni ruby dan safir.

Tak tanggung-tanggung batu itu memiliki berat yang fantastis yakni sebesar 310 kilogram dan 1,55 juta karat. Lanka Express melaporkan batu langka itu diberi nama Queen of Asia atau Ratu Asia.


Permata langka itu ditemukan sekitar tiga bulan lalu di sebuah lubang permata di kota Ratnapura. Sedangkan Ratnapura sendiri selama ini telah dikenal sebagai kota permata di negara itu.

Berat Queen of Asia yang sangat besar menjadikannya sebagai salah satu yang paling langka di dunia, kata ahli permata lokal. Kendati demikian hal ini belum disertifikasi secara resmi oleh lembaga internasional.

Safir itu kemudian dipajang di rumah seseorang yang memiliki lubang permata tempat batu itu ditemukan. Samaj Weekly juga melaporkan bahwa seorang ahli permata lokal mengatakan ada rencana untuk menjual safir itu dengan harga tertinggi di pasar internasional.

Penemuan batu safir yang mencengangkan bukan pertama kalinya terjadi di Ratnapura. Pada Juli 2021 lalu, BBC melaporkan klaster safir terbesar di dunia dengan berat 510 kg, atau 2,5 juta karat, juga ditemukan oleh seorang pekerja yang menggali sumur di kota itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru