Mengurangi Konsumsi Karbohidrat
pexels/Anthony Shkraba
Health

Gemuk tidak hanya disebabkan karena timbunan lemak. Jumlah air yang tersimpan di dalam tubuh juga bisa menyebabkan gemuk. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkap Magdalena Susanto berikut ini.

WowKeren - Tidak hanya natrium, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat juga meningkatkan risiko terjadinya gemuk air. Sebab, kelebihan karbohidrat akan memicu tubuh untuk menyimpan lebih banyak air.

"Kalau berlebihan (karbohidrat), maka kelebihannya akan disimpan menjadi glikogen. Setiap gram glikogen disertai dengan 3 gram air. Kalau gram glikogennya bertambah, maka air yang ditumpuk makin bertambah," papar Magda. "Jadi, cara yang paling cepat untuk mengurangi gemuk air adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat."

Meski demikian, Magda menyebut bahwa karbohidrat masih dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, ia tetap mengonsumsi karbohidrat dalam batas wajar.

"Saya itu paling suka sama roti. Ketika saya konsumsi terlalu banyak roti, saya langsung bloating (kembung)," lanjut Magda. “Jadi, saya kurangi konsumsi karbohidrat pelan-pelan tapi enggak menghindari. Karena natrium dan karbohidrat dua-duanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, memang dibatasi sesuai yang dibutuhkan saja."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru