Gemuk Air Menjelang Periode Menstruasi
pexels/Olya Kobruseva
Health

Gemuk tidak hanya disebabkan karena timbunan lemak. Jumlah air yang tersimpan di dalam tubuh juga bisa menyebabkan gemuk. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkap Magdalena Susanto berikut ini.

WowKeren - Gemuk air pada wanita juga bisa terjadi karena periode menstruasi. Menjelang menstruasi, bagian perut seseorang bisa mendadak buncit dan mengalami kenaikan berat badan.

"Ketika mendekati menstruasi (PMS), teman-teman bisa mengalami retensi cairan. Karena saat itu, hormon membuat tubuh kita menahan air lebih banyak. Jadi, wajar sebenarnya cewek kalau PMS perutnya agak buncit padahal enggak makan apa-apa. Itu cairan yang ditahan. Jadi, bukan gemuk mendadak," jelas Magda.

Magda menyadari jika gemuk air menjelang menstruasi adalah sebuah proses yang alami. Saat periode menstruasi sudah berakhir, maka berat badan pun akan kembali seperti semula.

"Tidak ada yang bisa saya perbuat karena bloating saat PMS adalah proses yang alami. Jadi, saya diamkan saja dan jangan stres. Karena stres itu memperparah," ujar Magda. "Sebenarnya, retensi cairan ini bukan satu hal yang serius, bukan penyakit juga, namun kenapa edukasi seperti ini itu penting, karena sering kali kita merasa enggak nyaman saja."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel