'The King of Tears, Lee Bang Won' Bakal Tayang Kembali Pasca Kontroversi Penyiksaan Hewan
TV

'The King of Tears, Lee Bang Won' sempat menghentikan siaran dan proses syuting pasca tersandung kontroversi penyalahgunaan hewan. Setelah KBS menangani masalah ini, drama tersebut bakal kembali tayang.

WowKeren - Setelah tersandung kontroversi serius, "The King of Tears, Lee Bang Won" akhirnya bakal kembali melanjutkan siaran. Seperti diketahui, proses syuting dan penayangan drama ini sempat dihentikan sebagai buntut dari kontroversi penyalahgunaan hewan.

Pada Rabu (9/2), Star News mengabarkan "The King of Tears, Lee Bang Won" akan melanjutkan siaran mulai tanggal 26 mendatang. Drama ini telah dihentikan selama empat pekan berturut-turut menyusul terungkapnya kematian seekor kuda dalam proses syuting.

KBS juga sudah mengumumkan pedoman produksi guna lebih memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan hewan yang digunakan untuk syuting. "Semua program harus melindungi hewan dan mencegah penyiksaan hewan berdasarkan Pasal 8 (2) Undang-Undang Perlindungan Hewan ketika dimunculkan," kata KBS.

Selain itu, KBS juga mengumumkan akan melakukan manipulasi menggunakan CGI jika ada adegan yang dinilai terlalu bahaya untuk kelangsungan hidup hewan. Dengan kata lain, stasiun televisi bakal menggunakan binatang untuk keperluan syuting adegan berbahaya seminimimal mungkin.


"Jika hewan secara fisik berbahaya atau berpotensi stres, mereka harus menerapkan CGI dan meminimalkan adegan akting memakai binatangan yang sebenarnya," imbuh KBS.

Sebelumnya, Asosiasi Kesejahterana Hewan Korea (KAWA) telah menuding "The King of Tears, Lee Bang Won" melakukan penyalahgunaan hewan pada 19 Januari lalu. Mereka mengunggah video di mana seekor kuda yang ditunggangi Lee Seong Gye (Kim Young Chul) jatuh dengan kepala lebih dulu. Sehari setelahnya, KBS meminta maaf dan melaporkan bahwa kuda tersebut telah mati sepekan usai syuting.

Selain dikecam organisasi pecinta hewan, "The King of Tears, Lee Bang Won" juga mendapat protes dari sejumlah publik figur. Sosok seperti Tae Yeon, Yoo Yeon Seok, Gong Hyo Jin, dan masih banyak lagi menyoroti kekejaman yang dilakukan tim produksi. Terlebih lagi, aktor pengganti yang jatuh saat syuting adegan terkait juga dikabarkan sampai tidak sadarkan diri.

KBS telah menangani kontroversi seputar "The King of Tears, Lee Bang Won" dan menemukan mufakat dengan pihak organisasi pecinta hewan. Sehingga, drama ini akan menayangkan episode 13 dan lanjut mengudara selama enam pekan mendatang pasca ditangguhkan.

Sementara itu, "The King of Tears, Lee Bang Won" menceritakan tentang, Lee Bang Won (Joo Sang Wook) yang memerintah pada masa awal Joseon setelah Goryeo jatuh. Drama ini selalu mendapatkan rating tinggi sebelum kontroversi pecah.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait