Dasar-Dasar Senam Aerobik
Instagram/anita_yustitie
Health

Senam aerobik merupakan olahraga ideal yang cocok dilakukan oleh semua usia. Lantas, apa saja manfaat senam aerobik? Simak ulasan lengkap Ni Luh Anita Yustitie Sari berikut ini!

WowKeren - Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat senam aerobik, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu dasar-dasarnya. Anita mengungkapkan bahwa bagian dalam senam aerobik terdiri dari pemanasan, inti, dan pendinginan dengan total durasi sekitar 45-60 menit. Idealnya, pemanasan dilakukan selama 10-15 menit, gerakan inti 25-30 menit, sedangkan pendinginan 10-15 menit.

"Senam aerobik itu terdiri dari pemanasan atau stretching (peregangan), latihan inti, baru pendinginan. Pemanasan itu temponya lambat. Dari pemanasan, kita mempersiapkan tubuh yang tadinya otot-otot lagi istirahat jadi sedikit memanas. Barulah mulai gerakan inti yang cepat," jelas Anita. "Kalau pendinginan, gerakannya pelan untuk menstabilkan detak jantung dan mengembalikan suhu tubuh. Jadinya, biar olahraganya juga tetap aman dan tidak menimbulkan cedera."

Anita juga mengungkapkan bahwa pemilihan jenis musik pada aerobik dapat dinikmati oleh semua kalangan sehingga senamnya lebih semangat lagi. Pasalnya, penggunaan musik akan memengaruhi intensitas gerakan yang dilakukan. Bagi pemula, musik aerobik yang digunakan biasanya low impact dengan tempo dan ketukan yang pelan. Sedangkan bagi tingkat lanjut atau mahir, yang digunakan adalah musik dengan tempo yang cepat atau high impact.

"Musik aerobik itu ada yang low impact dan high impact. Untuk senam aerobik pemula itu biasanya menggunakan beat yang instansi, jadi low banget," lanjut Anita. "Baru kalau sudah mahir, bisa high impact. Jadi ketukannya cepat banget."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel