Tiongkok Take-Down 19 Film Keanu Reeves Mulai 'Matrix' Hingga 'John Wick'
Film

Pencarian untuk 'Keanu Reeves' tidak menampilkan hasil apa pun di mesin pencari Tiongkok. yang mana itu menyiratkan bahwa skala penghapusan yang lebih besar telah diterapkan.

WowKeren - Dua platform streaming Tiongkok telah menarik atau men-take down 19 film Keanu Reeves. Itu terjadi setelah aktor waralaba "The Matrix" tersebut muncul dalam konser terkait Tibet yang diselenggarakan oleh organisasi nirlaba yang berafiliasi dengan Dalai Lama.

Tencent Video dan iQiyi telah menghapus film-film besar termasuk franchise "Matrix" dan "John Wick", sebagaimana dilaporkan Los Angeles Times. Tidak diketahui secara pasti kapan penarikan itu terjadi.

Namun, Reeves pertama kali menarik perhatian tentang hal ini pada bulan Januari, ketika partisipasinya dalam konser amal untuk Tibet dilaporkan. Pengguna media sosial di Tiongkok telah menyerukan untuk memboikot film-filmnya sebagai pembalasan atas dukungannya terhadap perjuangan Tibet.

Sementara itu, Tiongkok tidak mengakui Tibet sebagai negara merdeka. Pemimpin spiritual wilayah itu, Dalai Lama, telah menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk memperjuangkan bentuk-bentuk otonomi. Dia telah tinggal di pengasingan di India selama beberapa dekade.


Pencarian untuk "Keanu Reeves" tidak menampilkan hasil apa pun di mesin pencari Tiongkok. yang mana itu menyiratkan bahwa penghapusan yang lebih besar telah diterapkan.

"Maaf, tidak ada hasil terkait 'Keanu Reeves' yang ditemukan," lapor LA Times mengutip iQiyi yang menambahkan, "Karena undang-undang, peraturan, dan kebijakan yang relevan, beberapa hasil tidak ditampilkan."

Adapun film yang dihapus yakni trilogi "Matrix", "Speed", film "John Wick", "Bill & Ted's Excellent Adventure", serta "Something's Gotta Give" dan "The Lake House". Sedangkan "Toy Story 4" besutan Pixar, di mana Reeves menyuarakan karakter pendukung, tampaknya masih bertahan di beberapa platform.

Namun, beberapa perubahan telah dilakukan pada film tersebut. Menurut Times, kredit film tersebut terungkap sepenuhnya dalam bahasa Inggris, kecuali bagian pengisi suara, yang terdaftar dalam bahasa Tiongkok, dan menghindari penyebutan nama Reeves.

Reeves bukan satu-satunya aktor Hollywood yang bersinggungan dengan otoritas Tiongkok karena dukungan untuk Tibet. Sebelumnya sudah ada Richard Gere, Selena Gomez, Lady Gaga, Brad Pitt, dan Martin Scorsese.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait