Mulai Berlari dengan Kecepatan Sedang
Instagram/gressindacp
Health

Meski mudah, nyatanya masih banyak orang yang alami ngos-ngosan saat berlari. Kali ini, Gressinda Clarita Prima akan membongkar tips agar kuat saat berlari. Ini dia selengkapnya!

WowKeren - Agar tak mudah lelah, hindari berlari dengan kecepatan penuh saat di awal-awal. Cara ini bertujuan agar napas bisa lebih teratur. Karena itulah, Gres menyarankan pemula untuk mulai berlari dengan kecepatan sedang terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, mulai tingkatkan kecepatan secara perlahan.

"Biasanya, pemula itu lari langsung kencang. Tahunya nanti baru satu putaran lapangan sudah ngos-ngosan. Padahal, lari buat pemula itu pelan saja, jangan terlalu diforsir. Harus bertahap pelan-pelan dan kecepatannya stabil," jelas Gres. "Nanti, kalau sudah rutin, kecepatan bisa dinaikkan. Jadi, enggak bisa kalau pemula langsung lari kencang karena pasti ngos-ngosan banget."

Menurut Gres, durasi ideal berlari hanya sekitar 12 menit saja. Ia pun sukses menaklukkan lima setengah putaran stadion dalam waktu tersebut. Meski demikian, para pemula bisa saja memangkas waktu lari menjadi 6 menit saja.

"Kalau saya 12 menit karena itu yang disampaikan pelatih. Kalau di lapangan 400 meter, wanita harus mencapai minimal lima setengah putaran dalam waktu 12 menit," ujar Gres. "Kalau buat pemula, mungkin minimal separuhnya, 6 menit saja sudah cukup. Kalau pemula banget, 3 menit saja sudah cukup."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel