Bella Hadid Kesal Instagram Blokir Unggahannya Soal Konflik Palestina
AFP/Christophe Archambault
Selebriti

Dalam sebuah pernyataan, adik Gigi Hadid tersebut mengklaim bahwa Instagram menyensor atau memblokir Story-nya ketika dia memposting tentang konflik di Palestina.

WowKeren - Seorang figur publik kerap menyuarakan suaranya terkait isu-isu yang tengah terjadi di masyarakat. Seorang selebriti papan atas juga bertindak sebagai infleuncer, terutama dengan jumlah pengikut jutaan orang di Instagram, bukan hal yang sulit untuk menyampaikan pesan pada dunia.

Namun, apa jadinya jika suara selebriti justru dibungkam hanya karena menyuarakan dukungan terhadap pihak tertentu? Seperti itulah yang dialami oleh supermodel Bella Hadid.

Dalam sebuah pernyataan, adik Gigi Hadid tersebut mengklaim bahwa Instagram menyensor atau memblokir Story-nya ketika dia memposting tentang konflik di Palestina. Dia mengungkapkan kekesalannya dengan mengatakan bahwa unggahannya yang berkaitan dengan dukungan ke Palestina diblokir oleh Instagram.


"Instagram telah menonaktifkan saya dari memposting di cerita saya - ini keterlaluan hanya ketika itu berkaitan dengan Palestina, saya pikir," tulis supermodel itu. "Ketika saya memposting tentang Palestina, saya langsung mendapatkan shadow banned dan hampir 1 juta dari Anda yang melihat cerita dan postingan saya."

Mengalami shadow banning itu artinya eksposur pengguna pada platform media sosial tertentu telah dibatasi, dan hanya pengguna dan pengikut langsung yang dapat melihat postingan itu. Bella dan rekan modelnya Gigi merupakan keturunan Palestina-Belanda (ayah mereka lahir dari keluarga Muslim Palestina).

Mereka secara teratur berbagi informasi tentang perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina. Selama bulan mode, mereka menerima pujian dan kritik setelah mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan semua pendapatan mereka dari peragaan busana kepada orang-orang Ukraina yang membutuhkan (di tengah serangan Rusia) dan kepada orang-orang Palestina. Beberapa dengan cepat menuduh dua bersaudara itu anti-Semit karena membela Palestina, tetapi Gigi segera membantah asumsi itu dalam sebuah pernyataan, mencatat bahwa anti-Palestina juga ada.

"Ini bukan anti-apa pun kecuali penderitaan anti-manusia dan anti-perang," tegasnya cerdas. "Jika Anda percaya setiap orang atau anak, di mana pun, lahir atau tumbuh di banyak tempat di mana ada krisis pengungsi, tidak pantas mendapatkan bantuan ini, Anda terfokus pada bagian yang salah."

(wk/zodi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait