Dikira Meja Biasa, Turis Ini Duduk Santai di Altar Persembahan Jadi Sorotan Warga
pixabay.com/Ilustrasi
SerbaSerbi

Tindakan tersebut dapat dianggap sangat tidak menghormati budaya Thailand. Kendati demikian, netizen Thailand tidak langsung main hakim sendiri dan tampaknya justru terhibur.

WowKeren - Salah satu hal yang menarik ketika berkunjung ke tempat baru adalah untuk memahami budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat. Namun, ada kalanya juga turis melakukan kesalahan yang tak disengaja karena belum paham mengenai kearifan lokal warga.

Seperti yang baru-baru ini viral di Thailand, ketika seorang turis wanita duduk bersantai di tempat yang tak semestinya. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, seorang wanita asing yang dikelilingi oleh Fanta stroberi terlihat duduk di bangku sambil asyik memainkan ponselnya.

Padahal, meja yang digunakannya itu merupakan meja altar untuk acara persembahan kepada para leluhur. Karena matanya tertuju pada ponsel, wanita itu tidak menyadari ada warga setempat di sekitarnya yang memberi hormat kepada roh-roh tersebut.

Tindakan tersebut dapat dianggap sangat tidak menghormati budaya Thailand. Kendati demikian, netizen Thailand tidak langsung main hakim sendiri dan tampaknya justru terhibur, bukannya tersinggung, dengan kecerobohan budaya wanita tersebut.


Altar persembahan semacam itu, atau yang biasa disebut rumah roh ditemukan di setiap sudut Thailand. Sesembahan ini dimaksudkan untuk menenangkan hantu dengan memberi mereka tempat tinggal sehingga mereka tidak mengganggu orang yang masih ada di dunia ini.

Turis yang datang ke Thailand akan melihatnya di depan sebagian besar kantor, gedung yang lebih besar, dan banyak rumah pribadi serta gedung publik. Orang-orang Thailand mengisi kembali rumah arwah mereka dengan persembahan setiap hari untuk mencegah arwah mengganggu mereka.

Marigold, buah-buahan, dan jus adalah salah satu persembahan favorit yang ditinggalkan di rumah roh. Tetapi yang paling umum dari semuanya adalah Fanta rasa stroberi. Fanta rasa stroberi dianggap bisa menggantikan darah dari pengorbanan hewan sebagai persembahan kepada dunia roh.

"Untung orang asing itu tidak mengira Fanta merah itu untuknya," kata seorang netizen. "Apakah tidak ada yang ingin memberitahunya? Haha," sahut yang lain. "Jika dia tidak tahu, dia tidak salah," pungkas yang lain.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru